UPAYA PENINGKATAN HASIL BELAJAR MUATAN IPA MELALUI MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION BERBANTUAN MEDIA VIDEO PADA SISWA KELAS 4 SD NEGERI KALIWUNGU 02 SEMESTER II

Erlin Damayanti, Wasitohadi Wasitohadi, Theresia Sri Rahayu

Abstract


Abstrak: Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar muatan IPA dengan menggunakan model pembelajaran group investigation siswa kelas 4 SD Negeri Kaliwungu 02 Semester II. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, dengan tiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian adalah bahwa penerapan model group investigation dapat meningkatkan hasil belajar muatan ipa. Peningkatan hasil belajar muatan IPA dilihat dari asspek kognitif persentase ketuntasan untuk siklus I mencapai 82,5% dan meningkat pada siklus II menjadi 100%.

 

Abstract:  This research is a classroom action research (PTK). This study aims to improve the learning outcomes of IPA content by using the model of group investigation study of 4th grade students of SD Negeri Kaliwungu 02 Semester II. This study was conducted in two cycles, with each cycle consisting of planning, execution of action, observation and reflection. The result of this research is that the implementation of group investigation model can improve the learning result of ipa payload. The increase of learning outcomes of IPA payloads seen from the cognitive asset percentage of completeness for the first cycle reached 82.5% and increased in cycle II to 100%

Keywords


Model pembelajaran group investigation Hasil Belajar IPA

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v1i1.384

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2018 PENDEKAR | FKIP UMMat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
Universitas Muhammadiyah Mataram

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: