TINGKAT KEBERHASILAN BELAJAR SISWA DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION: SEBUAH META-ANALISIS

Kikin Saradela, Lutfiyatul Hannan, Suraya Suraya, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat pengaruh model pembelajaran student team achievement division (STAD) terhadap hasil belajar siswa termasuk pada tingkat jenjang SD, SMP, SMA serta pada masing-masing mata pelajaran Matematika, IPA, dan IPS. Pengumpulan data pada penelitian meta-analisis ini dari database pengindeks seperti Google Scholar, SINTA dan Portal Garuda. Dari hasil penelusuran dengan kata kunci STAD dan hasil belajar dengan interval 2010-2021 ditemukan 45 artikel yang memenuhi syarat penelitian yakni harus ada nilai jumlah siswa (N), nilai F-hitung, t-hitung dan r-hitung. Hasil analisis data menunjukkan random effect model sebesar 71% (kategori kuat), STAD berpengaruh dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Sedangkan data variabel moderator menunjukkan bahwa STAD paling kuat pengaruhnya pada jenjang SD yakni sebesar 78%, sedangkan pada jenjang SMP dan SMA yakni 64% dan 71%. Kemudian pada klasifikasi mata pelajaran STAD kuat pengaruhnya pada mata pelajaran matematika yakni sebesar 77%, sedangkan pada mata pelajaran IPA dan IPS yakni sebesar 74% dan 67%. Nilai RE model ini menyimpulkan bahwa tidak ada kesenjangan yang signifikan hasil penerapan STAD dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

Abstract:  This study aims to determine the level of influence of student team achievement division (STAD) learning model on student learning outcomes including at elementary, junior high, high school level as well as in each subject of Mathematics, Science, and Social Sciences. Data collection on this meta-analysis research from indexer databases such as Google Scholar, SINTA and Garuda Portal. From the search results with the keyword STAD and learning results at intervals 2010-2021 found 45 articles that are eligible for research that there must be a value of the number of students (N), grades F-count, t-count and r-count. The results of the data analysis showed a random effect model of 71% (strong category), STAD influential in improving student learning outcomes. Meanwhile, the moderator's variable data showed that STAD has the strongest influence on elementary school level which is 78%, while at junior high and high school level, namely 64% and 71%. Then in the classification of subjects STAD strong influence on mathematics subjects that is 77%, while in science and social science subjects that is 74% and 67%. The RE value of this model concludes that there is no significant gap in the results of the implementation of STAD in improving student learning outcomes

Keywords


STAD; Hasil Belajar; Meta-Analisis.

Full Text:

PDF

References


Abduhan, R., Mulyani, S., & Utami, B. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Solving Dan Student Teams Achievement Divisions (Stad) Berkombinasi Drill and Practice Dengan Memperhatikan Kemampuan Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Universitas Sebelas Maret, 4(4), 71–79.

Adkhiyah, A., Yuhana, Y., & Mutaqin, A. (2019). Pengaruh Pembelajaran Student Teams Achievement Division Dan Motivasi Belajar Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. TIRTAMATH: Jurnal Penelitian Dan Pengajaran Matematika, 1(2), 106. https://doi.org/10.48181/tirtamath.v1i2.7144

Aini, N. (n.d.). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Stad Terhadap Hasil Belajar Servis Bawah Bolavoli Hutami Nur Aini *, Taufiq Hidayat. 519–522.

Asykuri, M. (2019). Diajar Dengan Metode Pembelajaran Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Dan Mind MappinG. 2, 72–73.

Bhoke, W., Guru, P., Dasar, S., Ngada-flores, K., Belajar, M., & Belajar, H. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Sd Gugus 2 Kecamatan Bajawa Kabupaten Ngada- Flores. 3(1), 102–112.

Chris, H., Naibaho, M., Sinaga, R., & Simarmata, E. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions ( Stad ) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Tema Lingkungan Sahabat Kita Kelas V Sd Swasta Harvad Medan Tahun Pembelajaran 2019 / 2020. XII(1), 104–112.

Elyan, A. (2007). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division Terhadap Hasil Belajar Pada Materi Komunikasi dalam Jaringan Bagi Siswa Kelas X Teknik Komputer dan Jaringan di SMK Al-Azhar Gresik. 2, 1–5.

Erly. (2020). Cooperative Learning Model Student Team Achievement Divisions ( Stad ) Type : The Impact Of Student ’ S Learning Motivation Model Cooperative Learning Tipe Student Teams Achievement Divisions ( Stad ): Dampaknya Terhadap. 03(March), 1–8. https://doi.org/10.24042/ijsme.v3i1.5960

Faizin, M. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division ( Stad ) Terhadap Hasil Belajar Sepak Sila Pada Sepak Takraw. Jurnal Pendidikan Jasmani, 02, 715–721.

Florentina, A. (2019). yaitu 1,782819 > 1,67469. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara kelas eksperimen I yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe SFE dan kelas eksperimen II yang menggunakan tipe STAD . Kata Kunci : Student Fasi. 3(1), 25–33.

Giantara, M., Manuaba, I. B. S., & Negara, G. A. O. (2014). Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas V SD Gugus V Kecamatan Marga. Jurnal Mimbar PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 2(1).

Gumay, O. P. U., Kodarsih, E., & Mulyanto, B. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 2 Muara Beliti Tahun Pelajaran 2015/2016. V, SNF2016 – EER – 77–SNF2016 – EER – 82. https://doi.org/10.21009/0305010313

Halim, W. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Divisions Terhadap Hasil Belajar Lari Cepat Siswa Sekolah Dasar Halim Wadudu*. 3(1).

Hanari, Z. (2015). No Title.

Handayani. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams-Achievement Division (Stad) Berbantuan Media Gambar Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Iv Pada Materi Panas. Jurnal Pendidikan, 15(2), 125–133. https://doi.org/10.33830/jp.v15i2.422.2014

Ihsan, I. A., . M., & Saputra, H. J. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Berbantu Media Puzzle terhadap Keterampilan Berbicara Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(4), 489. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i4.21799

Juraini, J., Taufik, M., & Gunada, I. W. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD (Student Team Achievement Division) dengan Metode Eksperimen Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Fisika pada Siswa SMA Negeri 1 Labuapi Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Fisika Dan Teknologi, 2(2), 80. https://doi.org/10.29303/jpft.v2i2.293

Kilkado, J. (2017). mendengar , melihat , dan mencatat saja sehingga siswa minim aktivitas . Bukan hanya itu saja model konvensional ini juga menyebabkan dalam proses pembelajarannya siswa cepat merasa jenuh , bosan , dan kurang. 15(2), 166–174.

Laa, N., Winata, H., & Meilani, R. I. (2017). Pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe student teams achievement division terhadap minat belajar siswa. 2(2), 139–148.

Lase. (2015). Prosiding SEMIRATA 2015 bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura, Pontianak Hal. 376 - 383. 376–383.

Lovisia, E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Studentteams Achievement Division (Stad) Pada Pembelajaran Fisika Siswa Kelas X Sma Negeri 7 Lubuklinggau. Silampari Jurnal Pendidikan Ilmu Fisika, 1(1), 1–12. https://doi.org/10.31540/sjpif.v1i1.295

Muhlisin, A., Penelitian, P., Pascasarjana, P., & Semarang, U. N. (2012). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Ipa Terpadu Berbasis Contextual Teaching And Learning ( Ctl ) Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( STAD ) Tema Polusi Udara. 1(2).

Mukminah, M., Fitriani, E., Mahsup, M., & Syaharuddin, S. (2020). Efektifitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar. Justek : Jurnal Sains Dan Teknologi, 2(2), 1. https://doi.org/10.31764/justek.v2i2.3533

Setyo, P. (n.d.). Model Small Side Games Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Passing Dengan Kaki Bagian Dalam Sepak Bola Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division (Stad) Terhadap Hasil Belajar Menggiring Sepak Bola (Studi Pada Siswa Kel. Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id, 215–223.

Soma. (2019). Prosiding Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran Bagi Guru dan Dosen Pengaruh Aksesibilitas Pada Wilayah Rawan Longsor Terhadap Kondisi Sosial. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dan Pembelajaran Bagi Guru Dan Dosen, 3, 649–658.

Supryanto. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Student Teams-Achievement Division Terhadap Teknik Dasar Passing Sepakbola Supriyanto*. 3(1).

Uskom, M. (2019). Perbedaan Hasil Belajar Matematika Siswa antara Pembelajaran Kooperatif Student Team Achievement Division dan Team Assisted Individualization. 1–5.

Vera Mandailina, Syaharuddin, Dewi Pramita, Ibrahim, & Haifaturrahmah. (2021). Pembelajaran Daring Dalam Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Selama Pandemi Covid-19: Sebuah Meta-Analisis. Indonesian Journal of Educational Science (IJES), 3(2), 120–129.

Wijayanti. (2019). Soedirman Economics Education Journal Published 25 October 2019 Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Student Teams Achievement Division Fakultas Ekonomi dan Bisnis , Universitas Jenderal Soedirman , Indonesia * Email corresponding author : retnodwiwijaya. 01(October), 60–78.

Yuliani, N., Amin, A., & Arini, W. (2019). Perbandingan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division ( Stad ) Dengan Metode Diskusi Kelas X Sma Negeri 1 Model Muara Beliti Tahun Pelajaran 2018 / 2019 Pendidikan adalah fisika SMA Negeri 1 Model Muara Beliti , siswa dapat tu. 1(1), 38–51.

Yuniarti, D., Bagus, I., Surya, G., & Wiyasa, I. K. N. (2018). Pengaruh Model Student Teams Achievement Divisions ( STAD ) Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SD Gugus III Kuta Utara Badung Tahun Ajaran 2017 / 2018. 1–7.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i1.4304

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: