META-ANALISIS: MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAMS GAMES TOURNAMENT DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

Misratun Maiti, Himni Ruhmayanti, Husnawati Agustina, Syaharuddin Syaharuddin

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat keefektifan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode meta-analisis dengan mengumpulkan sejumlah data dari hasil-hasil penelitian yang memenuhi syarat dari database Google Scholar, SINTA, dan Portal Garuda. Dalam penelusuran ini ditemukan sebanyak 39 data yang memenuhi syarat pada kisaran tahun 2012-2020. Data yang memenuhi syarat memuat nilai ketuntasan klasikal (K), jumlah siswa yang tuntas (l), dan jumlah siswa yang menjadi subjek penelitian (N). Hasil analisis data menggunakan software JASP menunjukkan bahwa metode TGT signifikan meningkatkan hasil belajar siswa yakni sebesar 82% dengan kategori sangat kuat. Selanjutnya, hasil analisis variabel moderator menunjukkan bahwa model pembelajaran TGT sangat kuat pengaruhnya dalam peningkatan hasil belajar pada jenjang SMA yakni mencapai 91% dengan estimasi dampak sebesar 0,905 yang termasuk kategori sangat kuat. Kemudian pada klasifikasi mata pelajaran metode TGT sangat kuat peningkatannya pada mata pelajaran IPS yakni mencapai 88% dengan estimasi dampak sebesar 0,877 yang termasuk kategori sangat kuat.

Abstract:  This study aims to determine the effectiveness of Teams Games Tournament (TGT) learning methods in improving student learning outcomes. This study uses a meta-analysis method by collecting a number of data from eligible research results from the Google Scholar, SINTA, and Garuda Portal databases. In this search found as many as 39 eligible data in the range of 2012-2020. The eligible data contains classical completion grades (K), number of completed students (l), and number of students who are subject to research (N). The results of data analysis using JASP software showed that TGT method significantly improved students' learning outcomes by 82% with a very strong category. Furthermore, the results of moderator variable analysis showed that TGT learning model is very strong influence in improving learning outcomes at the high school level, reaching 91% with an estimated impact of 0.905 which belongs to a very strong category. Then in the classification of subjects TGT method is very strong increase in ips subjects that reaches 88% with an estimated impact of 0.877 which belongs to a very strong category.

Keywords


Times Games Tournament; Hasil Belajar; Meta-Analisis.

Full Text:

PDF

References


Adnan Khohar, M., Ruminiati, & Munzil. (2016). Penerapan Teams Games Tournament Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Kelas IV SDN Blabak 1 Kandat Kediri. Jurnal Pendidikan.

Alam, I. P., Mahardika, I. K., & Handayan, R. D. (2016). Model Kooperatif Teams Games Tournament Disertai Media Kartu Soal Berbentuk Puzzle Dalam Pembelajaran IPA Fisika Di SMP Negeri 2 Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika Universitas Jember.

Anggraeni, V., & Wasitohadi, W. (2014). Upaya Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas 5 Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt)Di Sekolah Dasar Virgo Maria 1 Ambarawa Semester Ii Tahun Pelajaran 2013 2014. Satya Widya, 30(2), 121. https://doi.org/10.24246/j.sw.2014.v30.i2.p121-136

Aryani, W. D. (2015). Implementasi Teams Games Tournaments (Tgt) Berbantuan Media Kartu 4-1 Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Dan Hasil Belajar Ips Peserta Didik Kelas Ix F Di Smpn 1 Kandeman Batang 2014/2015. FORUM ILMU SOSIAL, 42.

Endah, N. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Berbantuan Media Gambar. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar. https://doi.org/10.30870/jpsd.v3i2.2131

FAUZIE, R. S., GUNADI, F., & HADI, I. P. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Matematika Siswa Materi Persamaan Trigonometri. Wacana Didaktika, X, 55–64.

Harahap, S. E. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Ppkn Melalui Model Pembelajaran Tgt (Team Games Tournament) Siswa Kelas 5 Sd Negeri 164525 Tebing Tinggi. ELEMENTARY SCHOOL JOURNAL PGSD FIP UNIMED. https://doi.org/10.24114/esjpgsd.v8i2.10378

Hariyani, S., & Kamunggul, O. L. (2019). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Aritmetika Sosial Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Prisma Sains : Jurnal Pengkajian Ilmu Dan Pembelajaran Matematika Dan IPA IKIP Mataram, 7(1), 1–9. https://doi.org/10.33394/j-ps.v0i0.1112

Hidayati, N. (2014). Peningkatan Hasil Belajar Pada Materi Lompat Kangkang Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) (Studi pada Siswa Kelas X-BB di SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto). Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 02.

Kasmini, L., & Fauziah, R. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sumber Daya Alam Di Kelas III SD N 70 Kuta Raja Banda Aceh. Jurnal Tunas Bangsa.

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018a). Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Pi: Mathematics Education Journal, 1(3), 116–126. https://doi.org/10.21067/pmej.v1i3.2785

Lestari, S. E. C. A., Hariyani, S., & Rahayu, N. (2018b). Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Mathematic Education Journal, 1.

Lestari, S. W., Siswandari, & Ivada, E. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Dengan Media Puzzle Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Prestasi Belajar Ekonomi di SMA. Jurnal “Tata Arta” UNS, 2.

Maliasih, Hartono, & P, N. (2017). Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Kognitif Melalui Metode Teams Games Tournament dengan Strategi Peta Konsep Pada siswa SMA. Jurnal Profesi Keguruan, 3, 222–226.

Merti, N. M. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) dengan Media Audio Visual Guna Meningkatkan Hasil Belajar Bahasa Inggris. Journal of Education Action Research, 4.

Muslim, M., Zainuddin, Z., & An’nur, S. (2013). Meningkatkan Aktivitas Siswa Melalui Penerapan Model Kooperatif Tipe TGT (Teams Games Tournament). Berkala Ilmiah Pendidikan Fisika. https://doi.org/10.20527/bipf.v1i3.884

Novion, Z. (2018). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Menganalisis Teknik Dasar Passing Dalam Permainan Sepak Bola. Journal Sport Area. https://doi.org/10.25299/sportarea.2018.vol3(1).1412

Nurahmawati, D., Sesrita, A., & Maryani, N. (2020). Membandingkan Antara Model Number Head Together (Nht) Dan Teams Games Tournament (Tgt) Pada Hasil Belajar Matematika. SITTAH: Journal of Primary Education. https://doi.org/10.30762/sittah.v1i1.1968

Nurhayati, N. W. E. (2012). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VII D SMP Negeri 2 Kediri Tahun Ajaran 2011/2012. Karmapati.

Nursifa, A. (2018). Efektivitas Model Pembelajaran Cooperative Tipe Teams Games Tournament(Tgt)Terhadap Hasil Belajar Ipakelasvdi Min 2 Bandar Lampung.

Nuzula, W. F. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Materi Menulis Paragraf Menggunakan Metode Teams Games Tournaments (Tgt) Pada Siswa Kelas Iii Mi Nurul Huda Gejugan Tanjung Klego Boyolali Tahun Pelajaran 2019/202.

Respati, A. D., Adi, W., & Muhtar. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Akuntansi. Jupe UNS.

Rofiq, M. A., Mahmud, M. E., & Musfiroh, I. A. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Kelas V MI At Tarbiyah Loa Janan. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran. https://doi.org/10.21093/twt.v6i2.2063

Safarina, E. I. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tgt Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Kemampuan Kerjasama. Natural: Jurnal Ilmiah Pendidikan IPA. https://doi.org/10.30738/natural.v5i1.2558

Safitri, A. Z., Budiman, M. A., & Widyaningrum, A. (2019). Keefektifan Model Pembelajaran Teams Games Tournament Berbantu Media Question Card untuk Meningkatkan Pemahaman Tema Kayanya Negeriku. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar. https://doi.org/10.23887/jisd.v3i3.19452

Sanusi, N. M., & Widyaningsih, F. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Pada Pokok Bahasan Pecahan. JKPM, 1, 17–23.

Setyawan, R. A., Kristin, F., & Anugraheni, I. (2019). Peningkatan Keaktifan Dan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas 5 Sd Melalui Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament. Jurnal Basicedu. https://doi.org/10.31004/basicedu.v3i1.119

Suaeb, S., Nyoman Sudana Degeng, I., & amirudin, ach. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V melalui Penerapan Pembelajaran Kooperatif Model Teams Games Tournament ( TGT ) Berbantuan Media Tebak Gambar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan.

Sulfemi, W. B., & Setianingsih. (2018). Penggunaan Tames Games Tournament (Tgt) Dengan Media Kartu Dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Journal of Komodo Science Education.

Sutopo, A. W. (2019). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Materi Trigonometri Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Di Xi-Ipa 2 Sma Negeri 9 Jakarta. JIP STKIP Kusuma Negara, 10.

Tiya, K. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) dalam Upaya Meningkatkan. Jurnal Pendidikan Matematika.

Triowathi, N., & Wijayanti, A. (2018). Implementasi Team Games Tournament (Tgt) Dalam Meningkatkan Kerjasama Dan Hasil Belajar Ipa. Jurnal Pijar Mipa. https://doi.org/10.29303/jpm.v13i2.752

Triyudho, R., Syafrial, S., & Sugiyanto, S. (2017). Meningkatkan Pembelajaran Teknik Shooting Dalam Permainan Sepakbola Menggunakan Model Pembelajaran Team Games Tournament Siswa Kelas X Ips 2 Sma Negeri 1 Kabawetan. KINESTETIK. https://doi.org/10.33369/jk.v1i1.3375

Tyasning, D. M. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Tgt (Teams Games Tournament) Dilengkapi Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Materi Minyak Bumi Pada Siswa Kelas X-4 Sma Batik 1 Surakarta Tahun Pelajaran 2011/2012.

Walfiani, W., Dadang, K., & Irawati, R. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Tgt (Teamsgames-Tournaments) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pemanfaatan Sumber Daya Alam. Jurnal Pena Ilmiah, 1, 191–200.

Widayanti, E. R., & Slameto, S. (2016). Pengaruh Penerapan Metode Teams Games Tournament Berbantuan Permainan Dadu Terhadap Hasil Belajar IPA. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p182-195

Wijayanto, G. (2016). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Pada Siswa Kelas 3 SDN Jajartunggal III Surabaya. Jurnal Prima Edukasia.

Wiranti, A. A. (2019). Peningkatan Proses Dan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) SISWA KELAS 5. MAJU, 6.

Zulfira, V., Anggereini, E., & Sadikin, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Biologi Pada Materi Keanekaragaman Hayati Di SMA Negeri 1 Batang Hari. BIODIK. https://doi.org/10.22437/bio.v5i3.8418

Zumaroh, E. F., Widana, I. D. K. S., & Muliani, N. L. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (Tgt) Pada Pembelajaran Kimia Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i1.4378

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: