TINGKAT KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA MELALUI PENGGUNAAN VIDEO PEMBELAJARAN

Afriati Affiati, Haifaturrahmah Haifaturrahmah, Yuni Mariyati, Saddam Saddam

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan video pembelajaran terhadap keaktifan dan keterampilan kognitif siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan subjek siswa kelas V SD, yaitu 19 siswa di kelas kontrol dan 21 siswa di kelas eksperimen. Desain yang digunakan adalah quasi exsperiment dengan adanya kelompok pre-test dan post-test. Dalam penelitian ini, teknik pengumpulan data adalah non-test beupa observasi untuk mengukur keaktifan dan tes pilihan ganda untuk mengukur keterampilan kognitif siswa. Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara penggunaan video pembelajaran terhadap keaktifan dan keterampilan kognitif siswa sekolah dasar. Hal ini terlihat dari perhitungan menggunakan uji independen MANOVA diperoleh tingkat signifikansi .000 <α = 0,05. Sehingga H0 ditolak dan Ha diterima.

Abstract: This study aimed to determine the effect of using instructional videos on the students’ activeness and cognitive skill in class V theme 5 in elementary schools. The research is quantitative research with the 19 students in the control class and 21 students in the experimental class as subjects. The design used was the Pre-Test and Post-Test groups. In this study, the data collection technique was a non-twst in observation to measure students’ activeness and cognitive skill using a multiple-choice test. Based on the results of hypothesis testing, it can be concluded that there is a significant effect between the use of instructional videos on the students’ activeness and cognitive skills in class V theme 5 in Elementary Schools. This can be seen from the calculation using the independent MANOVA test obtained a significant level of .000 < α = 0.05. So that H0 is rejected, and Ha is accepted.


Keywords


Vidio; Pembelajaran; Keaktifan; Kemampuan Kognitif.

Full Text:

PDF

References


Pemanfaatan Perpustakaan Guna Meningkatkan Minat Baca Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Prof. Dr. Hamka. Prosiding Seminar Nasional Berseri, 686–693.

Dari, D., & Siswa, K. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau Dari Keaktifan SISWA Dwi Yunita. 3(2), 153–160.

Gani, A. A., & Saddam, S. (2020). Pembelajaran Interaktif Pendidikan Kewarganegaraan Melalui Mobile Learning di Era Industri 4.0. CIVICUS: Pendidikan-Penelitian-Pengabdian Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan, 8(1), 36–42.

Haifaturrahmah, H., Maryati, Y., & Fujiaturrahman, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ulul Albab, 22(2).

Hidayatullah, R., Muhardini, S., & Haifaturrahmah, H. (2018). Pembelajaran Inovatif Untuk Menanamkan Nilai-Nilai Karakter Pada Siswa Sekolah Dasar (Studi Meta-Sintesis). Prosiding Seminar Nasional Pendidik Dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 486–494.

Julaifah, N., & Haifaturrahmah, H. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Carousel Feedback Terhadap Higher Order Thinking Skills (HOTS) Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Elementary: Kajian Teori Dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 2(2), 44–48.

Khadijah, K. (2016). Pengembangan kognitif anak usia dini.

Kirom, A. (2017). Peran Guru Dan Peserta Didik Dalam Proses Pembelajaran Berbasis Multikultural. Al Murabbi, 3(1), 69–80.

Mulyasa, E. (2002). Manajemen berbasis sekolah konsep strategi dan implikasi. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nizaar, M., Haifaturrahmah, H., & Maryati, Y. (2020). Science Learning through YouTube Channell. PROCEEDING UMSURABAYA.

Pudjiati, S. R. R., & Masykouri, A. (2011). Mengasah Kecerdasan di Usia 0-2 Tahun. Jakarta: Dirjen PAUDNI.

Rahman, N., Maemunah, M., Haifaturrahmah, H., Fujiaturahmah, S., & Sari, N. (2020). Pelatihan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web Bagi Guru Smp. JCES (Journal of Character Education Society), 3(3), 621–630.

Sujiono, Y. N., & Zainal, O. R. (2007). Metode pengembangan kognitif. Jakarta: Universitas Terbuka.

Sutrisno, S., & Wulandari, D. (2018). Multivariate Analysis of Variance (MANOVA) untuk Memperkaya Hasil Penelitian Pendidikan. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 9(1), 37. https://doi.org/10.26877/aks.v9i1.2472

Wati, E. R. (2019). Ragam media pembelajaran.

Wibowo, N. (2016). Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar Di Smk Negeri 1 Saptosari. 1.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i1.4423

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: