PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN ROLE PLAY DALAM PEMBELAJARAN MATERI LOKAKARYA MINI PUSKESMAS PADA PELATIHAN MANAJEMEN PUSKESMAS DI BALAI PELATIHAN KESEHATAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN
Abstract
Abstrak: Pelaksanaan lokakarya mini puskesmas merupakan salah satu kegiatan wajib dan rutin dilaksanakan oleh puskesmas dalam rangka mengumpulkan data permasalah kesehatan diwilayah kerjanya, membantu mencarikan solusi kegiatan dalam rangka pemecahan masalah terebut dan menyepakati kegiatan-kegiatan tersebut. Untuk itulah perlu adanya materi pelatihan tentang lokakarya mini puskesmas sehingga seluruh staf puskesmas memiliki wawasan pengetahuan dan keterampilan yang sama dalam melaksanakan lokakarya mini puskesmas di lapangan. Agar wawasan pengetahuan dan keterampilan tersebut tercapai sesuai tujuan pembelejaran maka diperlukan metode pembelajaran yang tepat salah satunya adalah penggunaan metode pembelajaran Role Play. Metode pembelajaran role play adalah suatu metode pembelajaran, di mana subjek diminta untuk berpura-pura menjadi seseorang dengan profesi tertentu yang digeluti orang tersebut. Selain itu, subjek juga diminta untuk berpikir seperti orang tersebut agar dia dapat mempelajari tentang bagaimana menjadi seseorang dengan profesi tersebut. Penelitian ini menggunakan studi deskriptif. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner dan lembar observasi. Populasi dalam penelitian yaitu peserta pelatihan Manajemen Puskesmas di Bapelkes Provinsi Kalimantan Selatan yang diambil secara sampling jenuh. Hasil Penelitian didapatkan Penerapan metode pembelajaran role play pada materi lokakarya mini puskesmas diterapkan dengan baik oleh para widyaiswara. Terjadi peningkatan pengetahuan dan keterampilan para peserta pelatihan tentang materi lokakarya mini puskesmas.
Abstract: The implementation of a puskesmas mini workshop is one of the mandatory and routine activities carried out by a puskesmas in order to collect data on health problems in its working area, help find solutions for activities in order to solve these problems and agree on these activities. For this reason, it is necessary to have training materials on puskesmas mini workshops so that all puskesmas staff have the same knowledge and skills in carrying out puskesmas mini workshops in the field. In order for this knowledge and skill insight to be achieved according to the learning objectives, appropriate learning methods are needed, one of which is the use of the Role Play learning method. The role play learning method is a learning method, in which the subject is asked to pretend to be someone with a certain profession that that person is involved in. In addition, the subject is also asked to think like that person so that he can learn about how to become someone with that profession. This study uses a descriptive study. The instruments used are questionnaires and observation sheets. The population in the study were participants in the Health Center Management training at Bapelkes, South Kalimantan Province, which were taken by saturated sampling. The results of the study obtained that the application of the role play learning method in the mini health center workshop material was well implemented by the widyaiswara. There was an increase in the knowledge and skills of the training participants regarding the material for the mini puskesmas workshop.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aprinawati, I. (2017). Peningkatan Keterampilan Membaca dengan Menggunakan Metode Role Playing Pada Kelas I SDN 001 Bangkinang. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(1), 16–22.
Destriana, R., Permana, A. A., & Husain, M. (2019). Membangun Membangun Tingkat Kepedulian Masyarakat Desa Akan Pentingnya Kesehatan Melalui Kesehatan Program Minilokakarya. Keuangan Umum Dan Akuntansi Terapan, 1(2), 176–180.
Djamarah, S. B. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif (Edisi Revisi) (rivisi). Remaja Rosdakarya.
Hamalik, O. (2014). Perencanaan pengajaran berdasarkan pendekatan sistem. Bumi Aksara.
Hanun, A. (2015). Pembelajaran Tematik. Raja Grafindo Persada.
Hariani, N. M. M. (2019). Penerapan Metode Role Playing untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Perkembangbiakan Makhluk Hidup. Widya Genitri : Jurnal Ilmiah Pendidikan, Agama Dan Kebudayaan Hindu, 10(2), 63–74. https://doi.org/10.36417/widyagenitri.v10i2.270
Mangkunegara, A. A. A. P. (2017). Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan. Remaja Rosdakarya.
Nurgiansah, T. H., Hendri, H., & Khoerudin, C. M. (2021). Role Playing dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Jurnal Kewarganegaraan, 18(1), 56–64. https://doi.org/10.24114/jk.v18i1.22597
Nurhasanah, I. A., Sujana, A., & Sudin, A. (2016). Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 611–620. https://doi.org/10.23819/pi.v1i1.2992
Oktavia, L. R. D., & Kusumawati, W. (2019). Metode Pembelajaran Dengan Bermain Peran Dalam Pendidikan Triase Untuk Mahasiswa Keperawatan: Kajian Literatur. 3(1).
Pratiwi, H. N., & Sudianto, M. (2013). Peningkatan Hasil Belajar Melalui Metode Role Playing Dalam Pembelajaran IPS Sekolah Dasar. Jurnal Pgsd, 1(2), 1–10.
Puslat SDMK BPPSDM, K. K. (2017). Modul Pelatihan Manajemen Puskesmas. BPPSDM Kesehatan.
Sholihah, F. U., & Gregorius, J. (2014). Penerapan Metode Bermain Peran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Pkn Pada Sekolah Dasar. Jpgsd, 2(3), 1–9.
Siska, Y. (2011). Penerapan metode bermain peran dalam meningkatkan keterampilan sosial dan keterampilan komunikasi anak usia dini. Jpgsd, 1(2), 31–37.
Slameto. (2013). Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhinya (2nd ed.). Rineka Cipta.
Uno, H. B. (2011). Model Pembelajaran : Menciptakan Proses Belajar Mengajar Yang Kreatif dan Efektif. Bumi Aksara.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.4783
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: