PERAN BAHASA INDONESIA DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER BANGSA

Erwin Erwin

Abstract


Abstrak: Pendidikan adalah suatu bentuk upaya sistematis yang dijadikan sebagai instrument untuk merealisasikan cita-cita luhur negara “Mencerdaskan  kehidupan bangsa”. Dengan demikian, tulisan ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang: kompetensi bahasa dan realitas berbahasa; potret bahasa sebagai identitas dan simbol kedaulatan bangsa; eksistensi bahasa Indonesia sebagai aktualisasi sikap nasionalisme, bela negara, dan cinta tanah air; dan nilai karakter bangsa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Tulisan ini merupakan hasil penelitian yang menggunakan metode kualitatif  dengan pendekatan studi etnografi komunikasi. Berdasarkan hasil penelitian maka dapat dijelaskan, bahwa sesungguhnya kompetensi bahasa tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan kognitif tentang bahasa, melainkan juga kompetensi komunikatif yang berkenaan dengan bagaimana bahasa digunakakan dalam realitas kehidupan sosial. Namun demikian, penggunaan bahasa harus bersifat proporsional dan kontekstual, sehingga eksistensi penggunaan bahasa Indonesia tetap terjaga, sebagai aktualisasi dari nilai utama karakter bangsa, Dengan demikian, tercermin peran bahasa Indonesia dalam mewujudkan nilai karakter bangsa yang terintegrasi dalam implementasi empat keterampilan berbahasa, baik dalam pembelajaran, maupun dalam interaksi sosial pada umumnya.

Abstract:  Education is a form of systematic effort that is used as an instrument to realize the noble ideals of the state "To educate the life of the nation". This paper aims to describe: language competence and language reality; portrait of language as identity and symbol of national sovereignty; the existence of the Indonesian language as the actualization of attitudes of nationalism, state defense, and love for the homeland; and the value of the nation's character in learning Indonesian. This paper is the result of research using qualitative methods with an ethnographic communication study approach. Based on the results of the study, it can be explained that in fact language competence is not only related to cognitive knowledge about language, but also communicative competence with regard to how language is used in the reality of social life. However, the use of language must be proportional and contextual, so that the existence of the use of the Indonesian language is maintained, as the actualization of the main values of the nation's character. , as well as in social interactions in general.


Keywords


Peran Bahasa; Bahasa Indonesia; Sastra Indonesia; Katakter Bangsa.

Full Text:

PDF

References


Abidin, Y. (2012). Pembelajaran bahasa berbasis pendidikan karakter. Refika Aditama.

Alpert, B., Balata, M., Bennett, D., Biasotti, M., Boragno, C., Brofferio, C., … De Gerone, M. (2015). Holmes. The European Physical Journal C, 75(3), 1–11.

Darmawan, I. P. A. (1952). Pandangan dan Konsep Pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Mental, 12, 13.

Erwin, E. (2018). LEARNING BASED ON ENVIRONMENT AS STIMULUS TO THINK CRITICAL IN LEARNING THE INDONESIAN LANGUAGE IN THE 3T AREA. ISLLAC: Journal of Intensive Studies on Language, Literature, Art, and Culture, 2(1), 7–13.

Fahrurrozi, A. (2014). Pembelajaran bahasa arab: Problematika dan solusinya. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(2), 161–180.

Furqon, F. (2013). CORRELATION BETWEEN STUDENTS’VOCABULARY MASTERY AND THEIR READING COMPREHENSION. Journal of English and Education, 1(1), 68–80.

Hrp, A. R., & Thalib, A. A. (2019). undang-undang dasar 1945.

Hymes, D. Η. (2012). The ethnography of speaking. De Gruyter Mouton.

Indonesia, P. R. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Iswantiningtyas, V., & Wulansari, W. (2018). Pentingnya penilaian pendidikan karakter anak usia dini. Proceedings of the ICECRS, 1(3).

Julaeha, S. (2019). Problematika Kurikulum Dan Pembelajaran Pendidikan Karakter. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam,[SL], 7(2), 157–182.

Komariah, K. (2018). Pemikiran Soedjatmoko tentang sejarah Indonesia. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Majid, N. (2019). Penguatan Karakter melalui Local Wisdom sebagai Budaya Kewarganegaraan. Yayasan Ahmar Cendekia Indonesia.

Maryani, S., & Erwin, E. (2018). Berbahasa: Potret Nasionalisme Generasi Bangsa. Paedagoria: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Kependidikan, 6(2), 51–55.

Mini, R. (2017). Peningkatan Mutu Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan Karakter dan Attitude. Nur El-Islam, 4(2), 79–96.

Mudana, I. G. A. M. G. (2019). Membangun karakter dalam perspektif filsafat pendidikan Ki Hadjar Dewantara. Jurnal Filsafat Indonesia, 2(2), 75–81.

Mukminatien, N. (2012). ACCOMMODATING WORLD ENGLISHES IN DEVELOPING EFL LEARNERS’ORAL COMMUNICATION. TEFLIN Journal, 23(2), 222–232.

Muradi, A. (2014). Pendekatan komunikatif dalam pembelajaran bahasa arab. Arabiyat: Jurnal Pendidikan Bahasa Arab Dan Kebahasaaraban, 1(1), 29–48.

Nasional, D. P. (2006). Permendiknas No. 22 Tahun 2006 tentang standar isi. Jakarta: Depdiknas.

No, U.-U. (20AD). Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional.

Nurhuda, Z. (2017). TRANSFORMASI IDEOLOGI DAN BAHASA (Representasi Sintaksis, Semantik dan Fonologi Sayyid Qutb).

Nurtiputra, I. (2016). Tipe Klausa pada Tajuk Rencana Kompas. DEIKSIS, 8(01), 86–101.

Pemerintah, R. I. (n.d.). UU-No.-24-tahun-2009-Tentang-Bendera,-Bahasa,-dan-Lambang-Negera,-serta-Lagu-Kebangsaan-Indonesia. pdf.

Peraturan Pemerintah, R. I. (n.d.). Nomor 57 Tahun 2014, tentang Pengembangan. Pembinaan, Dan Pelindungan Bahasa Dan Sastra, Serta Peningkatan Fungsi Bahasa Indonesia.

Refaie, E. E. L. (n.d.). Newspaper Cartoons.Pdf, 2(1), 75–95.

Saleh, S. E. (2013). Understanding communicative competence. University Bulletin, 3(15), 101–110.

Savignon, S. J. (2018). Communicative competence. The TESOL Encyclopedia of English Language Teaching, 1–7.

Sesfao, M. (2020). Perbandingan Pemikiran Pendidikan Paulo Freire Dengan Ajaran Tamansiswa Dalam Implementasi Merdeka Belajar. In Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 1).

Sugiri, A. (2019). Penguatan pendidikan karakter di Sekolah Dasar melalui pembiasaan akhlak mulia: Studi di Sekolah Dasar Islam Terpadu Adzkia 1 dan Sekolah Dasar Negeri Cisaat Kabupaten Sukabumi. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Wardhani, Z. C., & Sadtono, E. (2014). Designing the syllabus of English for tourism 1 subject. International Journal of English and Education, 3(4), 121–132.




DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.7081

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact Admin: 
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

View Pendekar Stats

 

Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: