PENGEMBANGAN ALAT PERAGA COBERTIF (CORONG BERHITUNG AKTIF) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA DALAM PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN
Abstract
Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui prosedur pengembangan alat peraga cobertif (corong berhitung aktif) dan untuk mengetahui kelayakan alat peraga cobertif (corong berhitung aktif) di MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang. Metode penelitian yang dipakai peneliti ialah Research and Development (R&D) model 4D (Four-D). Menurut Thiagarajan model 4D tersebut terdapat 4 tahap, yaitu tahap define (pendefinisian), tahap design tahap (perancangan), tahap develop (pengembangan), dan tahap disseminate (penyebaran). Dari data yang diperoleh dari pengembangan alat peraga cobertif ini mendapatkan jumlah skor keseluruhan dari beberapa ahli validasi sebesar 88,9% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil respon siswa sebesar 85% dengan kategori “Sangat Baik”.
Abstract: The purpose of this study was to determine the procedure for developing cobertive teaching aids (active counting funnels) and to determine the feasibility of cobertive teaching aids (active counting funnels) at MI Nurul Huda Pakuhaji Tangerang. The type of research used by the researcher is Research and Development (R&D) 4D (Four-D) model according to Thiagarajan's theory, namely define (definition), design (design), develop (development), and disseminate (dissemination). The type and model of this method was chosen because this development model is more effective for developing learning tools. From the data obtained by this cobertif teaching aid, the total score from several validation experts is 88.9% so that it gets the Very Eligible category.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alfianika, N. (2018). Buku ajar metode penelitian pengajaran bahasa Indonesia. Deepublish.
Anas, M. (2014). Alat peraga dan media pembelajaran. Muhammad Anas.
Annisah, S. (2017). Alat peraga pembelajaran matematika. Tarbawiyah: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 11(01), 1–15.
Batari, U. D., Darwis, M., & Niswaty, R. (2018). Pengaruh Kompetensi Profesional Guru Terhadap Kualitas Proses Pembelajaran Pada Paket Keahlian Administrasi Perkantoran Di SMK Negeri 1 Gowa. UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR.
Fatimah, S. (2009). Matematika asyik dengan metode pemodelan. DAR! Mizan.
Febrita, Y., & Ulfah, M. (2019). Peranan Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Diskusi Panel Nasional Pendidikan Matematika, 5(1).
Handarini, Y., & Hasan, Y. (2019). Efektivitas Media Pembelajaran Corong Berhitung Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Penjumlahan Sederhana Pada Anak Kesulitan Belajar. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 7(1), 258–263.
Kamarudin, K. (2020). MENINGKATKAN KEMAMPUAN GURU DALAM MENGELOLA PEMBELAJARAN MELALUI SUPERVISI KLINIS DI SD NEGERI 41 AMPENAN. Realita: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 5(2).
LAILY, A. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN CORONG BERHITUNG TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS II SD/MI. UIN Raden Intan Lampung.
Nur’Azizah, H., Jayadinata, A. K., & Gusrayani, D. (2016). Pengaruh model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada materi energi bunyi. Jurnal Pena Ilmiah, 1(1), 51–60.
Rachmiati, W., Helnanelis, H., & Juhji, J. (2020). Utilization of Literature Based Math in Developing Didactic Designs for Students’ Mathematical Understanding in the Decimal Concept. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 7(2), 148–165.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta.
Sulastri, S., Fitria, H., & Martha, A. (2020). Kompetensi Profesional Guru dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan. Journal of Education Research, 1(3), 258–264.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v4i2.7742
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: