PENGEMBANGAN E-KOMIK INTERAKTIF UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP PADA PEMBELAJARAN IPA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini didasarkan karena adanya permasalahan dalam pembelajaran IPA, yaitu rendahnya nilai literasi sains siswa. Salah satu cara untuk kembali meningkatkan literasi sains siswa adalah dengan menggunakan media pembelajaran interaktif. Maka dari itu, penelitian ini dilakukan dengan mengembangkan sebuah produk berupa E-komik interaktif yang mampu meningkatkan literasi sains siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjabarkan kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan produk e-komik interaktif untuk meningkatkan literasi sains pada pembelajaran IPA. Jenis dari penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan dengan menerapkan model pengembangan ADDIE yang tahapannya meliputi analyze, design, development, implementation, dan evaluation. Hasil skor validasi e-komik interaktif memiliki rerata sebesar 93% termasuk dalam kategori yang sangat valid. Kepraktisan e-komik interaktif memiliki rerata sebesar 92,5% termasuk dalam kategori sangat praktis. Keefektifan e-komik interaktif memiliki skor N-gain yang cukup besar, yaitu 0,60 dan termasuk dalam kategori sedang. Berdasarkan dari hasil penelitian yang didapat, disimpulkan bahwa e-komik interaktif diartikan sangat valid, sangat praktis, dan cukup efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa dalam pembelajaran IPA.
Abstract: This research is based on the existence of problems, namely the low level of scientific literacy in science learning. One way to upgrade students' scientific literacy is to use interactive learning media. Therefore, this research was conducted to develop a product specifically interactive e-comic that can boost students' scientific literacy. This study describes the validity, practicality, and effectiveness of interactive e-comic products to improve scientific literacy in science learning. This research is educational design research using the ADDIE development model. The interactive e-comic validation score results have an average of 93%, belonging to the very valid category. The practicality of interactive e-comic has an average of 92.5% belongs to the convenient category. The effectiveness of interactive e-comic with an N-gain score of 0.60 belongs to the medium category. Based on the results of the research obtained, it can be concluded that the interactive e-comic is stated to be very valid, very practical, and quite effective for improving students' scientific literacy in science learning.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Akbar, S. 2013. Instrumen Perangkat Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Andikalan, T. H., Supeno, S., dan Wicaksono, I. 2022. Kemampuan Inkuiri Siswa SMP Dalam Pembelajaran IPA Memanfaatkan Media E-LKPD. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(1), 39–45. doi: 10.24036/pedagogi.v22i1.1271
Annisa, N., Saragih, A. H., dan Mursid, R. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris. Jurnal Teknologi Informasi & Komunikasi Dalam Pendidikan 5(2):210–221. doi: 10.24114/jtikp.v5i2.12599.
Bolton Gary, C. 2012. Connecting Through Comics: Expanding Opportunities for Teaching and Learning. US-China Education Review, 4, 389–395.
Fuadah, H., Rusilowati, A., dan Hartono. 2017. Pengembangan Alat Evaluasi Literasi Sains Untuk Mengukur Kemampuan Literasi Sains Siswa Bertema Perpindahan Kalor Dalam Kehidupan. Lembaran Ilmu Kependidikan, 46(2), 51–59.
Hidayati, F. dan Julianto. 2018. Penerapan Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA Di Sekolah Dasar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kritis Siswa Dalam Memecahkan Masalah. Seminar Nasional Pendidikan, 180–184.
Indayani, R., Supeno, dan Wicaksono, I. 2021. Pengaruh Videoscribe Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Pembelajaran IPA. Jurnal Pendidikan Sains Dan Matematika, 9(2), 107–115.
Lestari, S. P. C., Supeno, S., dan Wicaksono, I. 2021. Pengaruh Penggunaan Comic Life Terhadap Kemampuan Scientific Explanation Dan Hasil Belajar IPA. Musamus Journal of Science Education, 3(2), 50–60.
Mardhiyyah, L., Supeno, S., dan Ridlo, Z. R. 2022. Development of E-Modules to Improve Scientific Explanation Skills in Science Learning for Junior High School Students. Jurnal Pendidikan MIPA, 23(1), 34–44.
Nofiana, M. dan Julianto. 2017. Profil Kemampuan Literasi Sains Siswa SMP Di Kota Purwokerto Ditinjau Dari Aspek Konten, Proses, Dan Konteks Sains. Jurnal Sains Sosial Dan Humaniora, 1(2), 77-84. doi: 10.30595/jssh.v1i2.1682.
Nursholihat, K., Sujana, A., dan Karlina, D. A. 2017. Peranan Media Komik Terhadap Literasi Sains Siswa Sd Kelas V Pada Materi Daur Air (Penelitian Pre-Experimental Terhadap Siswa Kelas V SD Kecamatan Paseh Kabupaten Sumedang). Jurnal Pena Ilmiah, 2(1), 711–720.
Octaviana, F., Wahyuni, D., dan Supeno, S. 2022. Pengembangan E-LKPD Untuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Siswa SMP Pada Pembelajaran IPA. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 4(2), 2345–2353.
OECD. 2019. PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. Paris: OECD Publishing.
Pertiwi, U. D., Atanti, R. D., dan Ismawati, R. 2018. Pentingnya Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA SMP Abad 21. Indonesian Journal of Natural Science Education, 1(1), 24–29. doi: 10.31002/nse.v1i1.173.
Putri, D. A. Y. 2021. Pengembangan Media E-Comic Pada Materi Gaya Dan Gerak Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 1425–1439.
Sandi, M. I., Setiawan, A., dan Rusnayati, H. 2013. Analisis Buku Ajar Fisika SMA Kelas X Di Kota Bandung Berdasarkan Komponen Literasi Sains. Prosidings Seminar Nasional Fisika 2013, 94–102.
Sani, R. A. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi Aksra.
Supeno, S., Bektiarso, S., dan Munawaroh, A. 2018. Pengembangan Pocketbook Berbasis Android Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA. in Prosiding Seminar Nasional Fisika (SNF). Vol. 2, 76–83.
Turiman, P., Omar, J., Daud, A. M., dan Osman, K. 2012. Fostering the 21st Century Skills through Scientific Literacy and Science Process Skills. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 59, 110–116. doi: 10.1016/j.sbspro.2012.09.253.
Yuliati, Y. 2017. Literasi Sains Dalam Pembelajaran IPA. Jurnal Cakrawala Pendas, 3(2), 21–28.
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v5i2.9003
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Pendekar: Jurnal Pendidikan Berkarakter
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: