Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Media Video Pembelajaran pada Mata Pelajaran Fiqih di MI
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk melihat seberapa efektif penggunaan media pembelajaran berbasis video pada mata pelajaran Fiqh khususnya pada anak kelas 2 Madrasah Ibtidaiyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi literatur atau biasa disebut dengan studi literatur. Studi literatur ini dilakukan untuk melihat keterkaitan penggunaan media pembelajaran berbasis video dengan model Assure. Dari hasil penelitian yang telah dilakukan mengenai penggunaan video pembelajaran dalam proses PBM, hal ini menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran dapat meningkatkan minat belajar siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media video pembelajaran. Peningkatan ini terlihat pada prestasi belajar siswa dalam satu kelas. Dengan demikian, model pembelajaran ASSURE berbasis video learning sangat efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa madrasah ibtidaiyah.
Abstrak: This study aims to see how effective the use of video-based learning media is in Fiqh subjects, especially in grade 2 children at Madrasah Ibtidaiyah. This research uses a qualitative approach with a literature study research method or commonly referred to as a literature study. This literature study was conducted to see what is related to the use of video-based learning media with the Assure model. From the results of studies that have been carried out regarding the use of learning videos in the PBM process, this shows that the use of learning videos can increase students' interest in learning between before and after using instructional video media. This increase can be seen in the learning achievement of students in one class. Thus, the ASSURE learning model based on video learning is very effective in increasing the learning interest of madrasah ibtidaiyah students.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Darlis, N., & Adyna Movitaria, M. (2021). Penggunaan Model Assure untuk Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2363–2369. https://jbasic.org/index.php/basicedu
Darllis, N., F, F., & Miaz, Y. (2021). Pengembangan Desain Pembelajaran Model Assure Berbasis Problem Based Learning Menggunakan Komik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 334–342. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i1.689
Fajriyah, N. L. (2019). Pengembangan Intruksional Design Mata Pelajaran Fiqh Kelas VI Dengan Model ADDIE di MI Muhammadiyah 5 Surabaya. Jurnal Tarbawi, 16(2).
Fatha Pringgar, R., & Sujatmiko, B. (2020). Penelitian Kepustakaan (Library Research) Modul Pembelajaran Berbasis Augmented Reality pada Pembelajaran Siswa. Jurnal IT-EDU, 05(01), 317–329.
Iskandar, R., & F, F. (2020). Implementasi Model ASSURE untuk Mengembangkan Desain Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1052–1065. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.468
Munandar, A. (2020). Desain Pembelajaran Model Assure dalam Meningkatkan Pembelajaran yang Berkwalitas. Al-Hasanah : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 5(2).
Muzakki, A., Zainiyati, H. S., Rahayu, D. C., & Khotimah, H. (2021). Desain Pembelajaran Model ASSURE Berbasis Multimedia pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 10(01), 149. https://doi.org/10.30868/ei.v10i01.1169
Niswatin, K., Salamah Zainiyati, H., Hana, R. Al, & Hamid, A. (2021). Desain Pembelajaran Model Assure pada Materi Al Quran Hadits Berbasis Video untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. Jurnal Penelitian, 15(2), 229–248. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21043/jp.v15i2.9590
Purwanti, B. (2015). Pengembangan Media Video Pembelajaran Matematika dengan Model Assure. Jurnal Kebijakan Dan Pengembangan Pendidikan, 3(1), 42–47.
Sari, Y. N., Handayani, S., & Marjono. (2018). The Development of Adobe Flash CC (Creative Cloud) Based Interactive Multimedia Module in History Subjects in Grade XI of Senior High School with ASSURE Model. Jurnal Historica, 2(2), 191–207. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JHIS/article/view/8892
Syahril. (2018). Pengembangan Desain Model ASSURE pada Pembelajaran IPS SD/MI. Jurnal Tarbiyah Al-Awlad, VIII(1), 65–75.
Wisada, P. D., Sudarma, I. K., & Yuda S, A. I. W. I. (2019). Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–146. https://doi.org/10.23887/jet.v3i3.21735
DOI: https://doi.org/10.31764/pendekar.v6i1.9562
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 Irma Zunita, Asmendri
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact Admin:
Email: [email protected]
WhatsApp: +62 853-3397-5477
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Pendekar : Jurnal Pendidikan Berkarakter already indexed: