MOTIVASI MAHASISWA MEMILIH PROGRAM STUDI PGMI FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MATARAM TAHUN AKADEMIK 2021/2022

murniati sufyani, Mardiyah Hayati, aqodiah aqodiah

Abstract


Penelitian dengan judul “Motivasi Mahasiswa Memilih Program Studi PGMI FAI UMMAT Tahun 2021/2022” ini bertujuan untuk melihat tingkat motivasi mahasiswa dalam menentukan program studi PGMI dan apa kendala dalam perkuliahan di Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Mataram khususnya program studi PGMI. Pada penelitian ini, yang di gunakan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif eksploratif dengan model survei yang menjelaskan mengenai peristiwa atau suatu kejadian yang terjadi pada saat sekarang. Dengan kata lain, (penelitian deskriptif menentukan masalah atau memfokuskan sesuatu pada persoalan-persoalan yang nyata dan terjadi di saat penelitian dilakukan).
Motivasi mahasiswa memilih program studi PGMI adalah untuk menjadi guru bagi sebagian mahasiswa itu telah di cita-citakan sejak di bangku SD/MI. Namun Ada juga yang berkeinginan menjadi guru setelah mahasiswa lulus dari sekolah atas (SMA, MA, SMK, MAN) hal ini muncul karena beberapa alasan, yakni (1) Penyebaran brosur yang dapat menarik perhatian calon mahasiswa, semulanya mereka tidak mau memilih jurusan PGMI dan akhirnya program studi PGMI menjadi pilihannya (2) Calon mahasiswa sangat lihai dalam melihat kondisi sekarang yang sulit dan banyaknya persaingan dalam mencari kerja, sehingga membuat mahasiswa  memilih program studi PGMI, (3) Para calon mahasiswa juga mengetahui banyaknya sekolah atau Madrasah Ibtidaiyah yang kekurangan guru MI/SD khususnya di pedesaan. Oleh karena itu, motivasi menjadi guru sangat cocok jika mengambil program studi PGMI.
Kendala dalam perkuliahan di jurusan PGMI FAI Universitas Muhammadiyah Mataram adalah Kurang lengkapnya sarana dan prasarana seperti: (1) perpustakaan, (2) Kurangnya pendampingan Dosen dalam program kreativitas mahasiswa, penulisan jurnal. Dan (3) Kurangnya pendampingan mahasiswa terhadap kegiatan ilmiah seperti seminar.
Kata Kunci: Motivasi, Mahasiswa Program Studi PGMI
 

 


References


Fausett, L, Fundamentals of Neural Network, Prentice Hall, New York, 1994.

Herbert, Riza, L. S, and Mukmin, A., "Penerapan Jaringan Saraf Tiruan Backpropagation Untuk Peramalan Curah Hujan”, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Vol 1, No. 1, h. 1-5, Maret 2011.

Sektor Pertanian, Kajian Risiko dan Adaptasi Terhadap Perubahan Iklim Pulau Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat, Dinas Pertanian NTB, Mataram, 2011.

Syaharuddin, Vera, M., dan Dewi, P., Pengembangan Modul Pemrograman Komputer Berbasis Matlab. Prosiding Seminar Nasional IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, h. 12-14, Oktober 2017.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.