Penerapan Metode Role Playing Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di Kelas IV SDN Sumbawa Tahun Ajaran 2021/2022

Ratnasari Ratnasari

Abstract


Penelitian ini menerapkan pembelajaran dengan menggunakan Metode Role Playing pada pembelajaran IPS materi pokok bahasan masalah sosial yang dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Secara umum masalah yang berhasil diidentifikasi dalam pembelajaran IPS di SDN Pangkemiri II Sidoarjo yakni guru hanya menggunakan metode ceramah dan penugasan sehingga kesempatan untuk siswa terlibat aktif dalam pembelajaran kurang. Penelitian ini ditujukan pada siswa kelas IV SDN Pangkemiri II Sidoarjo yang terdiri dari 16 siswa. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian tindakan kelas. Pembelajaran dilakukan oleh peneliti sendiri. Penelitian dilakukan dengan wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis dengan menggunakan teknik analisis kualitatif. Dengan Metode Role Playing, guru mengajak siswa bermain peran dengan menghadirkan situasi dunia nyata kedalam kelas, sehingga siswa dapat merasakan secara langsung situasi dan keadaan di lingkungan sekitarnya untuk dapat menyelesaikan masalah sosial yang terjadi. Jadi, Metode Role Playing dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa.

References


Depdiknas. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. (Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika). Jakarta: Depdiknas.

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Ifa Ifna Fianti. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Upaya Memperbaiki Kualitas Pembelajaran IPS Pada Siswa Kelas IV SDN Banjartanggul Mojokerto. JPGSD, Volume 02 Nomor 03: 1-10.

Iyan Sofyan. 2015. Analisis Kurikulum 2013 Sebagai Inovasi Pembelajaran Penerapan Pendidikan Karakter Untuk Indonesia Berkemajuan Antara Implementasi Dan Idealita. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan.

Melia Erba Robani, Dkk. 2021. Metode Learning By Doing Dalam Mengoptilalisasi Kualitas Belajar Siswa SMP. Jurnal Ilmiah Edukasia (JIE), Vol. 1, No. 1. http://journal.upgris.ac.id/index.php/JIE


Refbacks

  • There are currently no refbacks.