Analisis wacana kritis pelantikan HMI cabang kota Bogor

Ateten Teten Irawan

Abstract


Abstract. Leadership with regard to someone influencing other people’s behavior for a purpose With power, a leader can influence the behavior of others for a purpose. Power can be divided into five, namely: (1) power expertise (expert power); (2) legitimate power (legitimate power); (3) reference power (referent power); (4) reward power; (5) coercive power. Basically, it becomes an absolute that humans were created by Allah SWT on the surface of the earth to devote themselves solely to their presence as stated in the Koran that humans were created as “khalifa fil ard” (leaders on earth). In the course of human history in the field of leadership, many phenomena have occurred in the dynamics of this journey. Where than the existence of ideal leadership is very coveted in every society. It becomes a logical consequence of how the ideal leadership and a good and responsible leader can be realized. So it is very much needed the candradimuka creater (appropriately galvanizing) a leader who is critical and can answer the challenges of changing times by him the Islamic Student Association (HMI) is here to then become an answer as a complete cadre organization from formal and informal cadre levels.Keywords: HMI, Organization, Cadre, Good Governance Leader Abstrak. Kepemimpinan (leadership) berkenaan dengan seseorang memengaruhi perilaku orang lain untuk suatu tujuan. Dengan kekuasaan, pemimpin dapat memengaruhi perilaku orang lain untuk suatu tujuan. Kekuasaan dapat dibagi menjadi lima, yaitu: (1) kekuasaan keahlian (expert power); (2) kekuasaan legitimasi (legitimate power); (3) kekuasaan referensi (referent power); (4) kekuasaan penghargaan (reward power); (5) kekuasaan paksaan (coercive power). Pada dasarnya, menjadi suatu kemutlakan bahwa manusia diciptakan Allah SWT di permukaan bumi untuk mengabdikan diri semata mata kehadiratnya seperti yang termaktub di dalam Al-Quran bahwa manusia diciptakan sebagai “khalifa fil ard” (pemimpin dimuka bumi). Dalam rentetan perjalanan sejarah manusia dibidang kepemimpinan, banyak fenomena yang terjadi di dalam dinamika perjalanan tersebut. Dimana kemudian keberadaan kepemimpinan yang ideal sangat didamba-dambakan disetiap kalangan masyarakat.Kata Kunci: HMI, Organisasi, Pelantikan, Pemimpin Good Governance 

References


Ambri, H. (2016). kepimpinan yang efektif, 3(1), 77 - 82. doi:23554118

daswati. (2012, februari). implementasi peran kepimpinan dengan gaya kepimpinan menuju kesuksesan organisasi, 4(1), 183 - 798. doi:14113341

hasdiansyah, a. (2017, agustus). peran kader himpunan mahasiswa islam dalam membangun tradisi ilmiah didalam kampus, 2(2), 116 - 113. doi:24491717

solikin, a., Fatchorahaman, H. M., & Supardi. (2017). pemimpin yang melayani dalam membangun bagsa yang mandiri, 90 - 103.

Syarufudin, E. (2004, desember). teori kepimpinan, 21(102), 459 - 477.

Purwokerto Pengguna Instagram . Purwokerto; Skripsi

Nur, A. (2020). Paradigma Masyarakat dan Keredupan Masa Depan Pendidikan di Desa (Potret Pendidikan Masyarakat Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone, Sulawesi Selatan).

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Hanapi, S. R. R., & Nur, A. (2020). Budaya Konsumerisme dan Kehidupan Modern; Menelaah Gaya Hidup Kader Himpunan Mahasiswa Islam Cabang Gowa Raya. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 42-49.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Alwi, A. M. S. (2020). Strategi Komunikasi Pembelajaran Di Rumah Dalam Lingkungan Keluarga Masa Pandemi. KOMUNIDA: Media Komunikasi dan Dakwah, 10(02), 231-241.

Makmur, Z., Arsyam, M., & Delukman, D. (2021). The Final Destination's uncomfortable vision to the environmental ethics. Journal of Advanced English Studies, 4(2), 76- 82.

Nur, A. (2020). Interelasi Masyarakat Adat Kajang dan Pola Kehidupan Modern.

Nur, A. (2021). The Culture Reproduction In the Charles Dickens’ Novel “Great Expectations” (Pierre-Felix Bourdieu Theory). International Journal of Cultural and Art Studies, 5(1), 10-20. https://doi.org/10.32734/ijcas.v5i1.4866

yudiaatmaja, f. (2013, agustus). kepimpinan kosep teori dan karekternya, 12(2), 29 -38. doi:14128683

Arni, N., & Nur, A. (2021). Resistensi Perempuan terhadap Kuasa di Balik Kasus Perampasan Ruang Hidup: Studi Ekofeminisme. Najwa: Jurnal Muslimah dan Studi Gender, 1(1), 60-72.

Aziz, M. Imam (ed). 2001. Galaksi Simulacra: Esai-Esai Jean Baudrillard. Yogyakarta: LKiS. Baudrillard, Jean. 1988. The Ecstasy of Communication (Terjemahan Jimmy Firdaus).

Yogyakarta: Kreasi Wacana

Herima, H. B. (2018). Hiperrealitas Pengguna Instagram di Lingkungan Fisip Universitas Maritim Raja Ali Haji. Hiperrealitas Pengguna Instagram.

Holmes, D. 2012. Teori Komunikasi. Jakarta: Pustaka Pelajar.

Maryani dan Ahmadi. 2010. Komunikasi Virtual: Teori dan Praktek. Bandung: Ihsan Press. Nurhadi, Zikri Fachrul. 2017. Teori Komunikasi Kontemporer. Jakarta: Prenada Media

Group. Yogyakarta: Lembaga Kajian Islam dan Sosial.

Piliang, Yasraf Amir. 1999. Hiper-realitas Kebudayaan.

Qashmal, Zaim. 2015. Hubungan Penggunaan Media Sosial Instagram Terhadap Pembentukan Citra Diri. Bandung: Perpustakaan Universitas Islam Bandung

Baudrillard, Jean. 1983. Simulations. Translated by Paul Foss, Paul Paton, and Philip Beitchman. Printed in tech United States of America

Castells, M. 2004. The Network Society A Cross cultural Perspective. Cheltenham, Uk Northampton, MA, USA : Edward Elgar Publishing, Inc.

Nur, A. (2021). Fundamentalisme, Radikalisme dan Gerakan Islam di Indonesia: Kajian Kritis Pemikiran Islam. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 2(1), 28-36.

Nur, A. (2020). Sastra Populer dan Kekalahan Diskursus Kemasyarakatan.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Peristiwati, Maria. Hiperealitas Online Shop Dan Tindakan Konsumtif Melalui Jejaring Sosial Online (Studi Aktivitas Belanja Online Mahasiswi Melalui Facebook). Journal Piliang, Yasraf. 2003. Hipersemiotika Tafsir Cultural Studie Atas Matinya Makna.

Yogyakarta : Jalasutra

Przybylski, dkk. 2013. Motivational, emotional, and behavioral corelates offear offmising out. Computers in human behavior, 1841-1848

Trisilowaty, Dessy. Eksistensi Dan Identitas Di Media Baru. Jurnal Komunikasi Universitas Trunojoyo Madura DOI:http://dx.doi.org/10.21107/ilkom.v11i1.2837

Wahyudi, Hendro Setya dan Mita Puspita Sukmasari. 2018. Teknologi dan Kehidupan

masyarakat. Jurnal Analisa Sosiologi,

Yanti Dwi Astuti. Dari Simulasi Realitas Sosial Hingga Hiper-Realitas Visual:Tinjauan Komunikasi Virtual Melalui Sosial Media Di Cyberspace. Jurnal Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga

Yusuf, Ahmad. (2018). Hiperealitas Simulakra Media Sosial Studi Pada Mahasiswa KPI IAIN

Nur, A. (2021, December). GHAZWUL FIKR AND CAPITALISM SPECTRUM: ISLAMIC

STUDENTS ON OLIGARCHY SHADES. In Proceedings of the International Conference on Social and Islamic Studies (SIS) 2021.

Nur, A. (2020). Mistisisme tradisi mappadendang di Desa Allamungeng Patue, Kabupaten Bone. Jurnal Khitah: Kajian Islam, Budaya dan Humaniora, 1(1), 1-16.

Nur, A., & Makmur, Z. (2020). Implementasi Gagasan Keindonesiaan Himpunan Mahasiswa Islam; Mewujudkan Konsep Masyarakat Madani Indonesian Discourse Implementation of Islamic Student Association; Realizing Civil Society Concept. Jurnal Khitah, 1(1).

Syam, M. T., Makmur, Z., & Nur, A. (2020). Social Distance Into Factual Information Distance about COVID-19 in Indonesia Whatsapp Groups. Jurnal Ilmu Komunikasi, 18(3), 269-279


Refbacks

  • There are currently no refbacks.