Analisis Wacana Berita Tito Karnavian Tegur Keras Bupati Meranti Sebut Kemenkue Berisi Setan Ala Van Djik Pada Media Online CNN indonesia

Azyu Zuhri Azra

Abstract


Model analisis wacana kritis yang digunakan dalam penelitian ini adalah model analisis yang dikemukakan oleh Teun A. Van Dijk. Van Dijk melihat suatu wacana atas beberapa struktur atau tingkatan yang saling berhubungan satu-sama lain. Keseluruhan makna dalam suatu wacana (tema) didukung oleh kerangka teks, yang akhirnya tertuju pada pilihan kata dan kalimat yang dipakai oleh penulis atau jurnalis. Van Dijk membuat kerangka analisis wacana ke dalam tiga jenis struktur utama, yakni struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro, Van Dijk (dalam Eriyanto, 2001, hlm. 227-229; Sobur, 2001, hlm. 73-84). Pemilihan wacana redaksi sebagai materi penelitian menjadi penting karena wacana merupakan pilihan kata dan kalimat yang dipakai oleh penulis. Dengan menganalisa wacana yang digunakan tersebut, saya harap dapat menjelaskan posisi CNN Indonesia dalam pemberitaan tentang Tito Karnavian Tegur Keras Bupati Meranti

Kata kunci : Teun A. Van Dijk. Van Dijk, struktur makro, superstruktur, dan struktur mikro


References


Humaira, Hera Wahdah. (2018). “Analisis Wacana Kritis (AWK) model Teun A. Van Dijk pada pemberitaan surat kabar Republika.” Literasi, 2(April).

Kawamoto, K. (2003). Digital journalism: Emerging media and the changing horizons of journalism. USA: Rowman & Littlefield Publishers, Inc.

Payuyasa, I. Nyoman. (2017). “Analisis Wacana Kritis model van Dijk dalam program acara Mata Najwa di Metro TV.” Segara Widya, 5(November):14–24.

Baca artikel CNN Indonesia "Tito Karnavian Tegur Keras Bupati Meranti Sebut Kemenkeu Berisi Setan" selengkapnya di sini: https://www.cnnindonesia.com/nasional/20221213084514-20-886628/tito-karnavian-tegur-keras-bupati-meranti-sebut-kemenkeu-berisi-setan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.