Penggunaan Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Video untuk meningkatan Hasil Belajar Siswa Kelas V SD

Dini Rozali, Dwi Afriyani

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar tematik pada tema 4 subtema 2 “gangguan kesehatan pada organ peredaran darah” pada pembelajaran 1 dan 2  melalui model problem based learning  (PBL) berbantuan media Video pada siswa kelas 5 di MIS AZRINA MEDAN semester 1 tahun ajaran 2022/2023. Rancangan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dengan tes dan non tes. Instrumen tes berupa butir soal dalam bentuk pilihan ganda, dan instrumen nontes berupa lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah  teknik statistik kuantitatif komparatif yaitu teknik statistik yang membandingkan hasil belajar tematik siklus 1 dan siklus 2. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat peningkatan hasil belajar siswa kelas 5 di MIS AZRINA MEDAN yang diupayakan melalui model Problem Based Learning (PBL) berbantuan Media Video. Hal ini ditunjukkan oleh peningkatan hasil belajar berdasarkan ketuntasan yakni banyaknya siswa yang tuntas pada siklus 1, jumlah siswa yang tuntas belajar sebanyak 21 siswa yang tuntas dan 6 siswa yang tidak tuntas dari jumlah seluruhnya 27 siswa. Dan pada siklus 2 jumlah siswa yang tuntas menjadi 27 siswa (100 % dari seluruh siswa). Dan persentase rata-rata nilai siswa pada siklus 1 sebesar 72% menjadi 77% dan mencapai kategori tuntas.

Keywords


Hasil Belajar; Media Video; Model Problem Based Learning

Full Text:

PDF

References


Faisal, & Stelly, martha lova. (2018). Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. CV. Harapan Cerdas.

Hamalik, O. (2014). Kurikulum dan Pembelajaran. PT. Bumi Aksara.

JIhad, A., & Haris, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Presindo.

Muklis, M. (2012). Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena, 4(1).

Riadi, M. (2020). Pembelajaran Tematik (pengertian, karakteristik, ciri, jenis dan langkah-langkah). Artikel Kajian Pustaka.

Saputra, H. (2020). “Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning).” https://doi.org/10.17605/OSF.IO/GD8EA

Shoimin, A. (2017). Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Ar-Ruzz Media.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Pembelajaran yang mempengaruhi. Rineka.

Sudijono, A. (2013). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Raja Grafindo Persada.

Suprijono, A. (2013). cooperative learning teori dan aplikasi PAIKEM. Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.