Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Media Pembelajaran Inovatif DiKelas IV Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan

Desy Indriani

Abstract


Pada kurikulum merdeka belajar diperlukannya peningkatan pengetahuan dan keahlian guru dalam berinovasi mengembangkan teknologi dan media pembelajaran. Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan peningkatan minat belajar siswa dengan media pembelajaran inovatif pada pembelajaran matematika materi penjumlahan dan pengurangan pecahan. Penelitian ini menggunakan rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Binanga Dua tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 20 orang, yang terdiri dari 9 orang siswa laki-laki dan 11 orang siswa perempuan. Hasil penelitian, media pembelajaran yang digunakan untuk mempermudah siswa belajar materi pecahan diantaranya video animasi dan puzzle pecahan. Adapun rancangan pelajarannya dapat dijelaskan sebagai berikut: (1) Persiapan, (2) Memutarkan video beberapa lagu pecahan, (3) siswa diminta berkelompok, membagikan lirik lagu dan meminta siswa untuk menghafalkan lagu, (4) Meminta setiap kelompok siswa menyanyikan lagu pecahan didepan kelas secara bergilir, (5) Menyampaikan inti materi dengan menayangkan slide Powerpoint, (6) Membagikan puzzle pecahan dan meminta siswa untuk memikirkan dan menjawab tugas yang diberikan, (7) siswa diminta berpasangan untuk mendiskusikan tugas yang mereka peroleh dan mempresentasikannya, (8) nilai siswa dihitung dari jumlah jawaban yang benar.

Keywords


Media Inovatif; Minat Belajar

Full Text:

PDF

References


Anggreini, D., & Priyojadmiko, E. (2022). Penerapan Media Inovatif Dalam Meningkatkan. 3(2), 81–92.

Arumtika, T., Rahmawati, F. ., & Ratnawati, W. (2021). Kreasi Media Belajar Konkret dan Inovatif Matematika Kelas II Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Education Research, 3(4), 13–21.

AzZahra Nasiruudin, F., Pendidikan Gurus Sekolah Dasar, J., Fkip, F., Bosowa, U., Urip Sumiharjo Km, J., Makassar, K., & Selatan Indonesia, S. (2019). ANALISIS KESULITAN MENYELESAIKAN SOAL OPERASI HITUNG PECAHAN PADA SISWA SEKOLAH DASAR DI MAKASSAR (Studi Kasus Siswa Kelas V SDN Inpres Panaikang II/1 Makassar). Klasikal: Journal of Education, Language Teaching and Science, 1(2), 23–31.

Huda, M. (2011). Cooperative Learning, Metode, Teknik, Struktur dan Model Terapan. Pustaka Belajar.

I Made, S. (2018). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Operasi Hitung Pecahan Siswa Sekolah Dasar. International Journal of Elementary Education, 2(2), 144. https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14417

Listianingrum, T., Prasetiyawati, D., & Cahyadi, F. (2016). Penerapan Media Paucan ( Papan Pengubah Pecahan Biasa Ke Bentuk Desimal ) Dalam. PROSIDING SEMINAR NASIONAL PGSD 2016 Pengembangan Skill Entrepreneurship Melalui Pendidikan yang Bermakna Menuju Persaingan MEA, 60–65.

Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2020). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas Iv Di Mi Murni Sunan Drajat Lamongan. At-Thullab : Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 79. https://doi.org/10.30736/atl.v3i2.207

Nanda, Indra, H. sayfullah rahmadanni pohan devi suci. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru Inspiratif. In CV Adanu Abimata.

Rahayu, Y. (2018). Pengembangan Alat Peraga Papan Pelangi pada Operasi Hitung Pecahan di Sekolah Dasar. All Rights Reserved P-ISSN, 2(2), 2580–2586.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. PT Rajagrafindo Persada.

Sanjaya, H. W. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Cet.6). Kencana.

Sherly, Dharma, E., & Sihombing, B. H. (2020). Merdeka Belajar di Era Pendidikan 4.0. Merdeka Belajar: Kajian Literatur, 184–187.

Suciati, I., Wahyuni, D. S., & Sartika, N. (2021). Mathematics Learning Innovation During the Covid-19 Pandemic in Indonesia: a Systematic Literature Review. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 7(4), 886. https://doi.org/10.33394/jk.v7i4.3833

Sundayana, R. (2018). Media dan Alat Peraga dalam Pembelajaran Matematika. Alfabeta. http://perpus.trilogi.ac.id/slims/index.php?p=show_detail&id=12230

Susanto, A. (2016). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Kencana.

Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Lucerna: Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 14–19.

Thobroni, M., & Mustafa, A. (2013). Belajar dan Pembelajaran : Pengembangan Wacana dan Praktik Pembelajaran dalam Pembangunan Nasional. AR-Ruzz Media.

Yuliawati, F., Suprihatiningrum, J., Rokhimawan, M. A., & Arifin. (2012). Penelitian Tindakan Kelas Untuk Tenaga Pendidik Profesional (Arifin (ed.); I). Pedagogia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.