Kodam: Kolaborasi Dosen dan Mahasiswa PPKn Melalui Komunikasi Digital dalam Menjadikan Teknologi Sebagai Teman-nya Pancasila Guna Meningkatkan Jati Diri Bangsa

Yulia Gesti Merkuri, Rahmatika Maulida, Ziadatu Zzulfa

Abstract


Setiap warga negara perlu memilliki jati diri bangsa sebagai identitas, karena akibat fondasi yang sama itu menjadi pemicu nilai kebersamaan, semangat dan kelangsungan hidup bangsa Indonesia. Kondisi pandemi dan globalisasi dapat menjadi ancaman bagi jati diri bangsa, dibuktikan dengan maraknya konsumsi budaya asing dari berbagai media seperti televisi, radio, majalah, film, musik, dan lain sebagainya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang didukung dengan sumber dan referensi terbaru. Hasil penelitian menunjukan pada era globalisasi seperti sekarang ini dapat dilakukan pemanfaatan komunikasi digital dimana siswa sering menggunakan media online. Maka dari itu sebagai dosen PPKn perlu meningkatkan kualitas ajar yang adaptif dengan perkembangan zaman agar ilmu yang dibagikan bisa bermakna dan bagi mahasiswa perlu memanfaatkan media digital untuk mendistribusikan konten-konten kreatif berkaitan dengan nilai-nilai pancasila yang sahih, Sehingga peningkatan jati diri bangsa dapat dilakukan dengan kolaborasi dosen dan mahasiswa PPKn.

Keywords


Jati Diri, Komunikasi Digital, Nilai Pancasila.

Full Text:

PDF

References


Website

Andi Dwi Riyanto(2021). Hootsuite (we are social) : Indononesia Digital Report 2021. Andi.link . diakses dari https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

M, Hidayat. (2021 Agustus 09). 10 Aplikasi Dengan Angka Unduhan Tertinggi Di Dunia. Liputan 6. Diakses dari https://www.liputan6.com/tekno/read/4627076/10-aplikasi-dengan-angka-unduhan-tertinggi-di-dunia-pada-juli-2021

Monavia, A (2021 Agustus 03). Inilah Negara Pengguna Instagram Terbanyak, Indonesia Urutan Berapa?. Databooks. Diakses dari https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/08/03/inilah-negara-pengguna-instagram-terbanyak-indonesia-urutan-berapa

Articles/Module

Fisipol. (2021, November 5). Komunikasi Digital, Manfaat, Serta Imbas Negatif. Universitas Medan Area, Diunduh 4 Maret 2022

Proceedings / Seminar Articles

Auliannisa, S., & Hatta, M. I. (2021). Hubungan social comparison dengan gejala depresi pada mahasiswa pengguna Instagram. Jurnal Riset Psikologi, 147-153.

Aziz, A. (2012). Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Bisnis Pos. Buletin Pos dan Telekomunikasi, 10(1), 35-50.

Budiman, H. (2017). Peran teknologi informasi dan komunikasi dalam pendidikan. Al Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 8(1), 31-43.

Damayanti, R. (2018). DIKSI DAN GAYA BAHASA DALAM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM., S. M. (2015). Pendidikan Karakter: Membangun Jatidiri Bangsa Menuju Generasi Emas 2045 Yang Religius. TADRIS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), 90-103.

Handayani, U. (2013). Membangun Jati Diri Bangsa Melalui Budaya, Pendidikan Karakter, Dan Sopan Santun Berbahasa.

Novriwanda, T. (2022). Pengaruh Instagram Stories “Quotes Islami” Sebagai Media Kampanye Kesehatan Mental Remaja Di Provinsi Riau (Doctoral dissertation, Universitas Islam Riau).

Putra, R. S., & Irwansyah, I. (2020). Media komunikasi digital, efektif namun tidak efisien, studi media richness theory dalam pembelajaran jarak jauh berbasis teknologi di masa pandemi. Global Komunika: Jurnal Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, 3(2), 1-13.

Syafruddin, S. (2017). Implementasi Metode Diskusi Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa. CIRCUIT: Jurnal Ilmiah Pendidikan Teknik Elektro, 1(1).

Syaharuddin, Vera, M., dan Dewi, P. (2017). Development of Matlab Based Computer Programming Modules. Proceedings of National Seminar of IKIP Mataram, Mataram, Indonesia, 12-14.

Taufik, A., Sudarsono, G., Sudaryana, I. K., & Muryono, T. T. (2022). Pengantar Teknologi Informasi. Drestanta Pelita Indonesia Press, 1-113.

Widisuseno, I. (2014). Azas Filosofis Pancasila Sebagai Ideologi Dan Dasar Negara. Humanika, 20(2), 62-66.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.