Pemanfaatan Talimaa Sebagai Bahan Ajar Sastra Klasik Di Perguruan Tinggi

Annisa Fitri, Andayani Andayani, Nugraheni Eko Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemanfaatan talimaa sebagai bahan ajar sastra klasik di Perguruan Tinggi. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan pendekatan antropologi sastra. Data penelitian ini mengenai bahan ajar sastra klasik sebagai pembelajaran sastra di Perguruan Tinggi. Sumber data dalam penelitian ini adalah dokumen dan hasil wawancara bersama dosen mata kuliah sastra klasik. Teknik pengumpulan data penelitian ini melalui wawancara dan dokumen. Validitas data yang digunakan dalam penelitian ini berupa trianggulasi teori dan trianggulasi sumber. Teknik analisis data penelitian ini menggunakan teknik analisis interaktif. Hasil penelitian menunjukan bahwa talimaa dapat dikategorikan atau diidentifikasi sebagai bahan ajar sastra klasik serta berdasarkan wawancara dengan dosen Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, IKIP PGRI Pontianak bahwa talimaa bisa dijadikan sebagai bahan ajar karena mampu meningkatkan apresiasi mahasiswa terhadap kesusasteraan klasik yang ada melalui pengenalan berbagai karya sastra klasik berupa teks dan lisan, mengetahui konsep, dasar, kaidah, fungsi, hakikat, genre, karakteristik, aliran, dan interprestasi dasar sastra, mampu memberikan contoh teks/lisan sastra klasik, dan mampu membuat laporan tentang sastra klasik di daerah Kalimantan Barat.


Keywords


Pemanfaatan talimaa; Bahan Ajar; Sastra Klasik; Perguruan Tinggi.

Full Text:

PDF

References


Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Mahasiswa PGSD. Bandung: UPI Press.

Arenz, C., Haug, M., Seitz, S., & Venz, O. (2017). Dayak Societies In Transition-Balancing Continuity And Change. In Continuity Under Change In Dayak Societies. Wiesbaden: Spinger Nature.

Ariesandi, D. (2018). Analilis Pesan Moral dalam Novel Sang Pemimpin Karya Andrea Hirata. Jurnal Pendidikan Kebahasaan Dan Kesusastraan Indonesia, 1(1), 105–124.

https://unma.ac.id/jurnal/index.php/dl/article/view/523

Aryanto, S., Hartati, T., Maftuh, B., & Darmawan, D. (2022). Sastra Anak Berbasis Ecoprenuership Sebagai Muatan Pembelajaran Literasi Finansial Di Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 722–737. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2569

Bruns, V., C. (2011). The Value of Literary Reading and What It Means For Teaching. Syedney: Bloomsbruy Academic.

Demirkan, Ö. (2019). Pre-service Teachers’ Views about Digital Teaching Materials. Educational Policy Analysis and Strategic Research, 14(1), 40–60. doi: 10.29329/epasr.2019.186.3

Dwi Saputra, A., Nurul Fauziah, F., Suwandi, S., & Artikel, S. (2022). Pemanfaatan materi ajar bahasa Indonesia bermuatan kearifan lokal di SMA Negeri 1 Karanganyar (Utilization of Indonesian language teaching materials containing local wisdom at SMA Negeri 1 Karanganyar). 8(2), 335–348. https://doi.org/10.22219/kembara.v8i2.21726

Endraswara, S. (2021). Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Pustaka Widyatama.

Fatimah, R. P. S. N., Murtadho, F., & Zuriyati, Z. (2022). Fungsi Pantun Adat Perkawinan Melayu Riau (Pantun Function as Malay Marriage Tradition of Riau). Indonesian Language Education and Literature, 7(2), 439. DOI: 10.24235/ileal.v7i2.8791

Frisna Virginia, Aloysius Mering, D. I. . (2016). Analisis Musik Vokal Talimaa’ Suku Dayak Kayaan Mendalam Kapuas Hulu. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 5, 1–12.

http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v5i4.14869

Gillham, B. (2016). Research interview. New York: Bloomsbury Publishing.

Huda, M. (2022). Nilai Religius dalam Novel Dzikir Hati Sang Rocker Karya Afrizal Luthfi Lisdianta: Tinjauan Sosiologi Sastra dan Relevansinya sebagai Bahan Ajar Sastra di SMA. (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Iswidayati, S. (2007). ( The Function of Myth in Social Cultural Life of Its Supporting Community ). VIII(2), 180–184. https://dx.doi.org/10.15294/harmonia.v8i2.790

Jaja, J., Rahayu, S., & Pujiatna, T. (2021). Bahan Ajar Teks Prosedur Berorientasi Kebudayaan Lokal (Local Culture Oriented Procedure Text Teaching Materials). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 290. DOI: 10.24235/ileal.v6i2.7794

Kusmana, S., & Nurzaman, B. (2021). Bahan Ajar Cerita Rakyat sebagai Perancah Pendidikan Karakter (Folklore Teaching Materials as a Character Education Scaffold). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 351. DOI: 10.24235/ileal.v6i2.8778

Lazar, G. (2015). Literature And Language Teaching, Answer Guide Teachers And Trainers. London: Cambridge University Press.

Miles, M. B., & Huberman, M. (2014). The Qualitative Researcher’s Companion. London: Sage Publications.

Mulyaningsih, A. F. I. (2017). Journal Indonesian Language Education and Literature. Journal Indonesian Language Education and Literature, 1(2), 207–220.

DOI: 10.24235/ileal.v6i2.8778

Nanda, S., & Warms, R. L. (2019). Cultural Anthropology. London: Sage Publications.

Novitasari, L. (2021). Kritik Sosial dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Madasari (Social Criticism in the Novel Pasung Jiwa by Okky Madasari). Indonesian Language Education and Literature, 6(2), 321. DOI: 10.24235/ileal.v6i2.6560

Parapat, L. H., & Devinna Riskiana Aritonang, S. (2019). Buku Ajar Sastra & Budaya Lokal Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Uwais Inspirasi Indonesia.

Permasih, Dewi, L., & Hernawan, A. H. (2012). Pengembangan Bahan Ajar Tematik. Direktorat UPI Bandung, 3(April), 1489–1497. https://doi.org/10.17509/jpgsd.v7i1.53574

Rachman, I. F., . A., & . S. (2019). Cultural Issues in Indonesian Language Learning for Foreign Speakers. International Journal of Educational Research Review, 1993, 454–460.

https://doi.org/10.24331/ijere.573951

Rusman. (2015). Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Rosmyati, A., L. “Penutur Talimaa Suku Dayak Kayaan”. Hasil Wawancara Pribadi: 17 November 2022, Kota Pontianak.

Saddhono, K., Waluyo, H. J., & Raharjo, Y. M. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Nun Pada Sebuah Cermin Karya Afifah Afra Serta Relevansinya Dengan Materi Ajar Di Sma. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 6(1), 16–26.

https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v6i1.8627

Sayekti, S. (2009). Sastra Melayu Klasik dalam Pengajaran Sastra Indonesia di SMA. Widya Warta, XXXIII(20), 135–144.

http://portal.widyamandala.ac.id/jurnal/index.php/warta/article/view/267

Septiana Sulastri, A. A. A. (2017). Nilai Pendidikan Karakter Kerja Keras Dalam Novel 2 Karya Donny Dhirgantoro. Jurnal Pendidikan Bahasa, 6(2), 156–168.

https://doi.org/10.31571/bahasa.v6i2.619

Septiana, S. “Dosen Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia”. Hasil Wawancara Pribadi: 20 November 2022, Kota Pontianak.

Silalahi, T. (2020). Evaluasi Pembelajaran. Medan: Yayasan Kita Menulis.

Trainor, A. A. (2013). Interview research In Reviewing qualitative research in the social sciences. London: Routledge.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.