Dinamika Kemiskinan Di Kota Mataram: Analisis Perubahan Tingkat Kemiskinan Dalam Dekade Terakhir

Inka Nusamuda Pratama

Abstract


Penelitian ini mengkaji dinamika kemiskinan di Kota Mataram selama dekade terakhir dengan fokus pada analisis perubahan tingkat kemiskinan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui literatur review dari jurnal, media online, media cetak dan observasi langsung terkait dengan dinamika kemiskinan di Kota Mataram. Hasil penelitian menunjukkan fluktuasi yang signifikan dalam tingkat kemiskinan di kota ini selama periode tersebut. Pada awal dekade, terdapat penurunan yang mencolok dalam tingkat kemiskinan yang kemungkinan terkait dengan pertumbuhan ekonomi dan kebijakan sosial yang efektif. Namun, pada tahun-tahun terakhir, terjadi peningkatan kembali dalam tingkat kemiskinan, yang diduga dipengaruhi oleh faktor-faktor ekonomi, sosial, dan kebijakan yang kompleks. Untuk mengatasi masalah kemiskinan ini, penelitian ini menekankan perlunya kerjasama antara pemerintah, masyarakat, dan sektor swasta dalam mengembangkan kebijakan yang berfokus pada pengurangan kemiskinan, peningkatan pendidikan, dan penciptaan lapangan kerja. Selain itu, penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk mendalamkan pemahaman tentang dinamika kemiskinan di Kota Mataram guna merumuskan solusi yang lebih tepat sesuai dengan konteks lokal.

Keywords


Dinamika; Kemiskinan; Dekade

Full Text:

PDF

References


Lalu Suryadi. (2020). Kemiskinan dan Kerusakan Lingkungan. BAPPEDA PROVINSI NUSA TENGGARA BARAT. https://bappeda.ntbprov.go.id/kemiskinan-dan-kerusakan-lingkungan/

Nusamuda, I., & Subandi, A. (2022). POLICY STREAM DALAM TAX AMNESTY UNDANG-UNDANG NOMOR. Jurnal Ilmu Administrasi Publik, 10(2), 183–188.

Nusamuda Pratama, I., Hadi, A., Zitri, I., & Abstrak, I. A. (2021). Manajemen Bencana Non Alam Covid-19 Dilihat Dari Kepemimpinan Quadruple Helix di Kota Mataram. Jurnal Tata Sejuta STIA Mataram, 7(2).

Pratama, I. N. (2022). Pendidikan Politik Dalam Rangka Penguatan Partisipasi Politik Pada Pemilu Serentak Tahun 2024 di Desa Jurumapin. TRANSFORMASI: JURNAL PENGABDIAN PADA MASYARAKAT, 2(3), 5–12.

Pratama, I. N. (2023). Skema Pengentasan Kemiskinan Ditinjau Dari Perspektif Collaborative Governance Di Kota Mataram. Jurnal Komunikasi Dan Kebudayaan, 10(1), 61–77.

Pratama, I. N., Darmansyah, D., Hadi, A., Lestanata, Y., & Hidayatullah, H. (2022). Pengaruh Covid-19 Terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika. Jurnal Ranah Publik Indonesia Kontemporer (Rapik), 2(1). https://doi.org/10.47134/rapik.v2i1.18

Pratama, I. N., Ibrahim, A. H., & Akbar, P. (2023). Pentahelix Collaboration Concept as an Effort to Accelerate Poverty Reduction in the Covid-19 Situation in the City of Mataram. Jurnal Public Policy, 9(1). https://doi.org/10.35308/jpp.v9i1.6439

Pratama, I. N., & Mutiarin, D. (2019). FORMULASI KEBIJAKAN TAX AMNESTY UNDANG-UNDANG NOMOR 11 TAHUN 2016. Journal of Governance and Local Politics, 1(1). https://doi.org/10.47650/jglp.v1i1.15

Pratama, I. N., Zitri, I., Hadi, A., Lestanata, Y., & Umami, R. (2021). Inovasi Kebijakan Pemerintah Kota Mataram Dalam PenangananCovid-19 Di Kota Mataram. Journal of Government and Politics (JGOP), 3(2), 138–147.

Rahmad Hidayat, I. N. P. (2023). Kolaborasi Multi Stakeholder Dalam Menjaga Destinasi Wisata Pantai Loang Baloq. Jurdimas (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Royal, 6(3), 431–438.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.