Peranan Orang Tua dalam Pembentukan Karakter pada Anak Usia Sekolah Dasar

Yunika Ciptaning Tyas, Maulina Roehatul Jannah, Marlina Pratiwi, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: Parents are the first place for a child to get socialization about character education. Children spend more time at home with their parents, so parents have the biggest contribution to character education in children. By giving character education to children from an early age, it can be useful for children's lives in the future. This study aims to examine a phenomenon of the role of parents in the formation of character in children by using a systematic literature review method or often referred to as the SLR method. Data collection is done by reviewing and reviewing one by one the articles that have been collected on the same topic and have a maximum year of publication in the last 10 years since this article was written. The reference articles used in this study were 20 national journal articles obtained from Google Scholar. From the results of this study, it was found that the role of parents was at the top in the education of children's character. Because the family environment is the closest environment to the child. Parents must continue to pay attention and provide guidance to children so that children can understand and practice character values well in their daily lives.

Abstrak: Orang tua merupakan tempat pertama bagi seorang anak mendapatkan sosialisasi mengenai pendidikan karakter. Anak lebih banyak menghabiskan waktunya dirumah bersama orang tua, sehingga orang tua memiliki peran penyumbang terbesar pendidikan karakter pada anak. Dengan memberi pendidikan karakter pada anak sedari dini, maka dapat berguna bagi kehidupan anak kedepannya. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengkaji suatu fenomena peran orang tua dalam pembentukan karakter pada anak dengan menggunakan metode systematic literature review atau sering disebut dengan metode SLR. Pengumpulan data dilakukan dengan mengkaji dan menelaah satu persatu artikel-artikel yang sudah dikumpulkan dengan topik yang sama dan memiliki tahun terbit maksimal 10 tahun terakhir dari dibuatnya artikel ini. Artikel referensi yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 20 artikel jurnal nasional yang didapatkan dari google scholar. Dari hasil penelitian ini didapatkan bahwa peran orang tua menduduki peringkat paling atas dalam pendididkan karakter anak. Dikarenakan lingkungan keluarga merupakan lingkungan yang paling dekat dengan anak. Orang tua harus terus memperhatikan dan memberi bimbingan pada anak agar anak dapat memahami dan mengamalkan nilai karakter dengan baik dalam kehidupan sehari-harinya.


Keywords


The role of parents, Child character.

Full Text:

PDF

References


Amaruddin, H., Atmaja, H. T., & Khafid, M. (2020). Peran Keluarga Dan Media Sosial Dalam Pembentukan Karakter Santun Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1), 33–48. https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.30588

Farhatilwardah, F., Hastuti, D., & Krisnatuti, D. (2019). Karakter Sopan Santun Remaja : Manners Character of Adolescence : Influence of Parental Socialization Method and Self Control. Jur. Ilm. Kel. & Kons., 12(2), 114–125.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2.8785

Novita, D., Amirullah, & Ruslan. (2016). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Perkembangan Anak Usia Dini di Desa Air Pinang Kecamatan Simeulue Timur. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kawarganegaraan Unsyiah, 1(1), 22–30.

Rindawan, I. K., Purana, I. M., & Kamilia Siham, F. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Pada Anak Dalam Lingkungan Keluarga. Jurnal Pacta Sunt Servanda, 1(2), 53–63. https://doi.org/10.23887/jpss.v1i2.361

Wahyuni, I. W., & Putra, A. A. (2020). Kontribusi Peran Orangtua dan Guru dalam Pembentukan Karakter Islami Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 5(1), 30–37. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2020.vol5(1).4854

Yoga Purandina, I. P., & Astra Winaya, I. M. (2020). Pendidikan Karakter di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh pada Masa Pandemi COVID-19. Cetta: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 270–290. https://doi.org/10.37329/cetta.v3i2.454

Prabowo,H.S., Fakhruddin, Agus., Rohman, Miftahur. (2020). Peran Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak di Masa Pandemi Covid-19 Perspektif Pendidikan Islam. Jurnal Pendidikan Islam AL-JPI, 11(2), (191-207).

Syahroini, Sarwandi. (2017). Peranan Orang Tua dan Sekolah dalam Pengembangan Karakter Anak Didik. Intelektualita, 6(1), (13-28). https://jurnal.radenfatah.ac.id/index.php/intelektualita

Sari, L.S., Devianti, Rika., Safitri, Nur'aini. (2018). Kelekatan Orang Tua Untuk Pembentukan Karakter Anak. Eucational Guidance and Counseling Development Jounal, 1(1), (17-31).

Wahib, Abdul. (2016). Konsep Orang Tua Dalam Membangun Kepribadian Anak. JURNAL PARADIGMA, 2(1), (1-10).

Rofiq, Ainur., & Nihayah, Ismatu. (2018). Analisis Peran Keluarga Dalam Membentuk Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), (31-56).

Rosikum. (2018). Peran Keluarga dalam Implementasi Pendidikan Karakter Religius Anak. Jurnal Kependidikan, 6(2), (293-308). https://doi.org/10.24090/jk.v6i2.1910

Pratiwi,S.K.N. (2018). Pentingnya Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Anak Usia Sekolah Dasar. ADI WIDYA: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(1), (83-91). https://ejournal.ihdn. ac.id/index.php/AW

Annisa, N.M., Wiliah, Ade., Rahmawati, Nia. (2020). Pentingnya Pendidikan Karakter Pada Anak Sekolah Dasar Di Zaman Serba Digital. Bintang : Jurnal Pendidikan dan Sains, 2(1), (35-48). https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/bintang

A’yun, Q., Prihartanti, N., & Chusniatun. (2015). Peran Orangtua dalam Pendidikan Anak Usia Dini (Studi Kasus pada Keluarga Muslim Pelaksana Homeschooling). Jurnal Indigenous, 13(2), 33–40. http://journals.ums.ac.id/index.php/indigenous/article/view/2601

Wati, Lisna, dan Dadang Sundawa. “Character Education Model in Family to Create Good

Citizen.” Education and Humanities Research Vol. 251 (2018)

Aumi, Muhammad. Pendidikan Karakter: Landasan, Pilar, dan Implementasi. Jakarta: Prenadamedia, 2016

MS Viktor Purhanudin. (2016). Jurnal Waspada FKIP UNDARIS. Jurnal Waspada, 2(3), 12–23. Darosy Endah Hyosy Endah Hyoscyamina. “Peran Keluarga dalam Membangun Karakter Anak,” Psikologi Undip, no.2 (Oktober 2011)

Jannah,Nur .”Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga,” Institut Agama Islam Al Falah,(2020)

Simanjutak,Madonna.”Perngaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Pembentukan Karakter Anak,”Universitas Negri Medan vol.1 no.1 2017


Refbacks

  • There are currently no refbacks.