Inovasi Bisnis: “Upaya Adaptasi UMKM Dapu Kopi”

Satriadi Satriadi, Bintang Setyawibawa, Liza Liza, Lady Fitri Ayu Sihombing, Maulana Mega Putri Dwi Sukmawati

Abstract


Abstract: The development of MSMEs in Indonesia is currently increasingly rapidly having a major impact on the Indonesian economy. MSMEs must adapt to the conditions of the times by following the development of existing technology. One of them is MSME DAPU KOPI in Tanjungpinang City. With current technological developments, MSME DAPU KOPI has several problems, one of which is that the payment method is still manual, then DAPU KOPI has not utilized online food ordering applications (Online Food System) such as GoFood, grab food, shopee food, and DAPU KOPI also do not market their products. through social media. The innovation that has been made by DAPU KOPI in its products is to provide a menu of Bangladeshi Noodles, Aceh Mie and Aceh Coffee which does not exist anywhere else in the city of Tanjungpinang. This research was conducted to determine product innovation and innovations carried out in the adaptation effort of DAPU KOPI SMEs. The method used is qualitative to provide comprehensive information to the researcher, the analytical technique used in this research is descriptive. The results of this study indicate that business innovations in the field of products and adaptation of science and technology carried out by DAPU KOPI have Acehnese characteristics, such as the raw materials used for coffee come from Aceh directly and also Bangladeshi noodles.

Abstrak: Perkembangan UMKM di Indonesia saat ini yang semakin pesat memiliki dampak yang besar terhadap perekonomian Indonesia. UMKM harus beradaptasi dengan kondisi perkembangan zaman dengan cara mengikuti perkembangan teknologi yang ada. Salah satunya UMKM DAPU KOPI yang ada di Kota Tanjungpinang. Dengan perkembangan teknologi saat ini, UMKM DAPU KOPI memiliki beberapa permasalahan, salah satunya metode pembayaran masih manual, kemudian DAPU KOPI belum memanfaatkan aplikasi pesan makanan online (Sistem Online Food) seperti GoFood, grab food, shopee food, dan DAPU KOPI juga tidak memasarkan produknya melalui social media. Inovasi yang telah dilakukan oleh DAPU KOPI dalam produknya ialah menyediakan menu Mie Bangladesh, Mie Aceh dan Kopi Aceh yang tidak ada di tempat lain di kota Tanjungpinang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui inovasi produk dan Inovasi yang dilakukan dalam upaya adaptasi UMKM DAPU KOPI. Metode yang digunakan kualitatif untuk memberikan informasi yang komprehensif kepada peneliti, teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa inovasi bisnis di bidang produk dan adaptasi IPTEK yang dilakukan DAPU KOPI memiliki ciri khas Aceh yaitu seperti bahan baku kopi yang digunakan berasal dari Aceh langsung dan juga Mie Bangladesh.


Keywords


Inovation, Business, MSMEs

Full Text:

PDF

References


Bismala, L. &Handayani, S. (2014). Model Manajemen UMKM Berbasis Analisis SWOT. In Prosiding Seminar Nasional PB31 ITM.

Bisnis, I., Adaptasi, U., Teh, U., Di, S., Covid-19, P., Satriadi, ", Hidayat, L., Anggraeni, N. D., Firmansyah, M., Zuntika, S., Studi, P., Manajemen, S.-1, Tinggi, S., Ekonomi, I., & Tajungpinang, P. (2022). Prosiding Seminar Nasional Hybrid IKIP PGRI BOJONEGORO “Kolaborasi Pendidikan dan Dunia Industri sebagai Implementasi Merdeka Belajar-Kampus Merdeka.”

Jenderal, D., Riset, P., Pengembangan, D., Ritomieaariescy, R., Mawardi, A. I., Sholihatin, E., Aprilisanda, I. D., Pembangunan, U., Veteran, N. ", & Timur, J. (2021). Inovasi Pemasaran Produk Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Manajemen TERAKREDITASI SINTA, 4(1), 418–432.

Lao, H. A. E. (2020). Manajemen Inovasi Dan Penciptaan Nilai Organisasi. Jurnal Humaniora, 4(1), 237.

Siswati, E., & Alfiansyah, R. (2020). Keunggulan Bersaing Umkm Kuliner Berbasis Inovasi (Studi Pada Umkm Keripik Samiler Kasper Di Sidoarjo). IDEI: Jurnal Ekonomi & Bisnis, 1(2), 84–90. https://doi.org/10.38076/ideijeb.v1i2.18

Soelton, M., & Ramli, Y. (2017). Implementasi Manajemen Inovasi Terhadap Sumber Daya Untuk Meningkatkan Kinerja Bisnis Industri Garmen Di DKI Jakarta. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 3(3), 298–310.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. ALFABETA, CV.

Utaminingsih, A. (2016). Pengaruh orientasi pasar, inovasi, dan kreativitas strategi pemasaran terhadap kinerja pemasaran pada UKM kerajinan rotan di Desa Teluk Wetan, Welahan, Jepara. Media Ekonomi Dan Manajemen, 31(2), 77–87.

Wijaya, R. A., Qurratu’aini, N. I., & Paramastri, B. (2019). Pentingnya Pengelolaan Inovasi Dalam Era Persaingan. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Indonesia, 5(2), 217–227.

Winata, E. (2017). Inovasi Bisnis di Bengkel dan Modifikasi Icon Autoworks. Agora - Online Graduate Humanities Journal, 5(3), 7.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.