Kemampuan Guru dalam Melakukan Variasi Belajar Pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar

Qois Hasna Hanifah, Anggun Rizqi Wijayanti, Siti Shofiyatun, Rani Setiawaty

Abstract


Abstract: Variations in learning thematic learning is influenced by the ability of the teacher. This study aims to study the ability of teachers in conducting variations in learning in elementary school thematic learning. The research method chosen in this study is the method of SLR (Systematic Literature Review). Data collection is done by documenting all articles that have similar research on this research report. Articles used in this study as many as 24 accredited National Journal articles on sinta 1 to sinta 4 obtained from google scholar. Based on this research, it can be concluded that the ability of teachers in conducting thematic learning variations in primary schools can improve the learning outcomes of students.

Abstrak:Variasi belajar pada pembelajaran tematik di pengaruhi oleh kemampuan guru. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan kajian kemampuan guru dalam mengadakan variasi belajar pada pembelajaran tematik sekolah dasar. Metode penelitian yang dipilih dalam penelitian ini ialah metode SLR (Systematic Literature Review). Pengumpulan data dilakukan dengan mendokumentasi semua artikel yang memiliki penelitian serupa pada laporan penelitian ini. Artikel yang digunakan pada penelitian ini sebanyak 24 artikel jurnal nasional terakreditasi pada sinta 1 hingga sinta 4 yang diperoleh dari google scholar. Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan guru dalam mengadakan variasi belajar pembelajaran tematik di sekolah dasar dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.


Keywords


Varietylearning, Thematic learning, Teacher's ability,

Full Text:

PDF

References


Agustina, Fitria. (2019). Hubungan Keterampilan Mengadakan Variasi dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar.Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 7(7), 1-12.http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/18653/13342

Al-Idrus, T. S. F.,et al. (2017). Penerapan Keterampilan Mengadakan Variasi Stimulus Pada Proses Mengajar Di Kelas 4 Dan 5 Sekolah Dasar Negeri Lampageu Aceh Besar. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis, 2(1), 228-235. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/2551

Ananda, R., et al. (2018). Analisis Kemampuan Guru Sekolah Dasar Dalam Implementasi Pembelajaran Tematik Di Sd. Jurnal Basicedu, 2(2), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v2i2.42

Ananda, R., et al. (2021). Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1689–1694. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.1190

Arianti. (2018). Pengembangan Variasi Mengajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar.ADAARA: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. 7(1), 696-714. https://doi.org/10.35673/ajmpi.v7i1.313

Arifin, Z. (2020). Peningkatan Kemampuan Guru Dalam Membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (Rpp) Tematik 1 Halaman Melalui Workshop Daring Dengan Variasi Model Jigsaw Di Unit Pelaksana Teknis Daerah (Uptd) Sekolah Dasar (Sd) Negeri Genteng 2 Bangkalan. re-JIEM Research Journal of Islamic Education Management, 3(2), 201-215.https://doi.org/10.19105/re-jiem.v3i2.4722

Diputra, Komang S., et al. (2018). Analisis Kemampuan Guru Melaksanakan Pembelajaran Tematik Terintegrasi Pendidikan Karakter. International Journal of Elementary Education, 2 (2), 138-143.https://doi.org/10.23887/ijee.v2i2.14416

Faisal, A. G. (2018). Penguatan Kompetensi Guru Dalam Pembelajaran Tematik Sebagai Upaya Optimalisasi Kurikulum 2013 di Sd Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 24(1), 544-550.http://jurnal.unimed.ac.id/2012/index.php/jpkm/article/view/8

Gandasari, M. F. (2019). Pengembangan model pembelajaran tematik pendidikan jasmani olahraga kesehatan untuk kelas 2 sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Jasmani Indonesia, 15(1), 22–27. https://doi.org/10.21831/jpji.v15i1.25489

Gunawan, Dharman I. G., et al. (2020). Peningkatan Mutu Kompetensi Guru Sekolah DasarDalam Menyongsong Era Society 5.0. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya 2020, 1, 15-30.https://doi.org/10.33363/sn.v0i0.34

Halimatussakdiah, et al. (2022). Implikasi Kompetensi Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(3), 283-289.https://doi.org/10.31004/jpdk.v4i3.4306

Indragani, K. D. P., Astika, I. M., & Tantri, A. A. S. (2021). Variasi Mengajar Guru dalam Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia Undiksha, 11(4), 482. https://doi.org/10.23887/jjpbs.v11i4.39865

Khofiatun, et al. (2016). Peran Kompetensi Pedagogik Guru dalam Pembelajaran Tematik Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(5), 984-988.http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6336

Kurniawati, Dian, et al. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Sikap GotongRoyong dalam Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 640-648.https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/387

Nissa, S. F., et al. (2021).Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://edukatif.org/index.php/edukatif/article/view/880

Pancerindani, Mutiara S., et al.(2022). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Siswa Kelas 2 Di Sd Islam Terpadu Daarul Muttaqien Surabaya Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Pendidikan Guru Sekolah Dasar,10(2), 383-395.https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-penelitian-pgsd/article/view/45766

Rahayu, Muharisma, et al. (2017). Peranan Guru Dalam Menerapkan Keterampilan Bertanya Di SD Negeri 56 Banda Aceh. Jurnal Dinamika Akuntansi dan Bisnis,2(3), http://www.jim.unsyiah.ac.id/pgsd/article/view/7034

Rahmiati, Devi, et al. (2015).Analisis Variasi Gaya Mengajar Guru Terhadap Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar.Proceeding Universitas Muhammadiyah Surabaya, 85-98. http://journal.um-surabaya.ac.id/index.php/Pro/article/view/7864/3749

Sari, N. A., et al.(2018). Penerapan pembelajaran tematik terpadu di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(12), 1572–1582. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/11796

Supriyanto, Slamet, et al. (2021). Pengembangan Media Permainan Tradisional Dakon Berbasis Teori Bruner.Joyful Learning Journal.10(2), 61-65.https://doi.org/10.15294/jlj.v10i2.51266

Susanti, Anik. (2020). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pembelajaran Tematik Kelas 1 SDN 1 Gondang Kabupaten Tulungagung. Jurnal DIDIKA:Wahana Ilmiah Pendidikan Dasar. 6(1), 51-62.https://doi.org/10.29408/didika.v6i1.1516

Setiyaningsih, Suti, et al. (2020). Analisis Keterampilan Guru Mengadakan Variasi Untuk Menumbuhkan Minat Belajar Matematika. Joyful Learning Journal, 9(3), 144-149.https://doi.org/10.15294/jlj.v9i3.39940

Syaifuddin, M. (2017). Implementasi Pembelajaran Tematik di Kelas 2 SD Negeri Demangan Yogyakarta. Tadris: Jurnal Keguruan Dan Ilmu Tarbiyah, 2(2), 139. https://doi.org/10.24042/tadris.v2i2.2142

Thin Ratulangi, et al.(2016). Analisis Kemampuan Guru Mengelola Pembelajaran Tematik Menurut Kurikulum 2013 Di Sd Negeri 1 Sopai Kabupaten Toraja Utara. Daya Matematis: Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika, 4(1), 13-20.https://doi.org/10.26858/jds.v4i1.2442

Triandini, Evi, et al. (2019). Metode Systematic Literature Reviewuntuk Identifikasi Platform dan Metode Pengembangan Sistem Informasi di Indonesia. Indonesian Journal of Information Systems (IJIS), 1(2), 63-77. https://doi.org/10.24002/ijis.v1i2.1916

Tyas, M. (2016). Analisis Keterampilan Guru Dalam Mengadakan Variasi Pada Pembelajaran Kelas. Didaktika Dwija Indria, 9(2), 1–192. https://lib.unnes.ac.id/24451/1/1401412368.pdf


Refbacks

  • There are currently no refbacks.