Islam dalam Perspektif Muhammadiyah

Najamudin Najamudin

Abstract


Abstrak

Islam merupakan agama yang mulia bagi seluruh semesta alam, tetapi umat Islam memiliki pandangan yang beragam mengenai Islam. Artikel ini bertujuan untuk mengeksplorasi pandangan keislaman di Muhammadiyah, baik pandangan yang bersifat resmi maupun pandangan individu dari para tokoh Muhammadiyah itu sendiri. Metode kajian yang digunakan dalam artikel ini adalah kajian pustaka (library research), dimana hasil putusan Muhammadiyah dijadikan sebagai sumber primer dan tulisan-tulisan yang memuat pandangan para tokoh atau ulama tentang Islam menjadi sumber sekundernya. Dari hasil kajian literature menunjukkan bahwa Muhammadiyah memahami Islam dalam dua sudut pandang, ada yang bersufat khusus dan umum. Pandangan yang bersifat khusus menjelaskan bahwa Islam adalah agama yang dibawa oleh Nabi Muhammad SAW yang bersumber dari Al-Quran dan As-Sunnah yang terdiri dari perintah-perintah, larangan-larangan dan petunjuk-petunjuk unutk kemashlahatan umat manusia di dunia maupun di akhirat. Sedangkan yang bersifat umum menjelaskan bahwa Islam itu adalah agama yang disyrai’atkan oleh Allah SWT melalui para nabi yang terdiri dari perintah-perintah, larangan-larangan dan petunjuk-petunjuk untuk kemashlahatan manusia di dunia dan di akhirat. Di dalam artikel ini disimpulkan bahwa Muhammadiyah memiliki sudut pandang yang komprehensif tentang agama Islam. Islam tidak hanya difahami sebatas ajaran di Nabi Muhammad, tapi juga ajaran dari para nabi terdahulu.

Kata kunci : Islam, rahmatan lil ‘alamin, Muhammadiyah, putusan.

Abstract

Islam is a great religion for all human beings in the universe; however, there are diverse perspectives on Islam among Muslims. This article aims to explore Islamic notion in Muhammadiyah movement, either official appointments or individual perspectives among Muhammadiyah’s scholars. This study applied library research approach where official appointments issued by Muhammadiyah come as primier sources and literatures written by Muhammadiyah’s scholars were used as secondary ones. The literature analysis shows that Muhammadiyah views Islam in two ways. The first one is Islam defined as a religion which is brought by Muhammad within Quran and Sunnah comprising instructions, warnings and directions for human wellness in the world and hereafter. Meanwhile, the second one clarifies that Islam defined as a religion which is ruled by God through his messengers consisting of orders, warnings and directions for human wellness in the world and hereafter. In conclusion, Muhammadiyah has comprehensive insight on Islam which is not only in Muhammad prophecy era, but delivered by all prophets. 

Keywords: Islam; rahmatan lil ‘alamin; Muhammadiyah; appointments


Full Text:

PDF

References


’Abdillah, M. bin N. bin A.-H. A.-M. ِa. (1406). Ta’dzim Qadri al-Shalah. Maktabah Ad-Dar.

Abdillah, A. M. bi A. A.-A. (n.d.). Riyadhul Jannah bi Takhriji Ushuli as-Sunnah. Maktabah Al-Ghuraba Al-Atsariyah.

Abdurrahman, A. (2012). Manhaj Tarjih Muhammadiyah: Metodologi dan Aplikasi (A. Pusrwadi, S. Azhari, I. Syaukani, & I. Hasanah (eds.); VI). Pustaka Pelajar.

Al-Isybily, A. M. ’Abdul H. (2001). Al-Ahkam Asy-Syar’iyyah Al-Kubra. Maktabah Ar-Rusyd.

Anwar, S. (2018). Manhaj Tarjih Muhammadiyah. In MTT PP Muhamadiayh (p. 38).

Fahruddin, M. M. (2009). PUSAT PERADABAN ISLAM ABAD PERTENGAHAN: Kasus Bayt al Hikmah. El-HARAKAH (TERAKREDITASI), 11(50), 181–198. https://doi.org/10.18860/el.v0i0.433

Haekal, M. H. (1992). Sejarah Hidup Muhammad (xv). PT. Pustaka Litera AntarNusa.

Ilyas, Y. (1999). Kuliah akhlaq. Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam, Universitas Muhammadiyah Yogjakarta~….

Ilyas, Y. (2011). Kuliah Aqidah Islam. In Yogyakarta: LPPI (Lembaga Pengkajian dan Pengamalan Islam.

Ismi, M. (2012). Islam, karakteristik, dan ajaran-ajaran pokoknya. Academia, 1–16.

Jamaluddin, S. (2010). Kuliah Fiqh Ibadah. Yogyakarta: LPPI UMY.

Muhammadiyah. (1967). Himpunan Putusan Tarjih (p. 372).

Munawwir, A. W. (1997). Kamus Arab-Indonesia Al-Munawwir (p. 1701). Pustaka Progresif.

Nunzairina, N. (2020). Dinasti Abbasiyah: Kemajuan Peradaban Islam, Pendidikan, dan Kebangkitan Kaum Intelektual. JUSPI (Jurnal Sejarah Peradaban Islam), 3(2), 93. https://doi.org/10.30829/juspi.v3i2.4382

RI, D. A. (2010). al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Lentera Abadi.

Sodikin, R. A. (2003). Konsep Agama Dan Islam. Alqalam, 20(97), 1. https://doi.org/10.32678/alqalam.v20i97.643

Sya’ban, M. T. (2021). Ta’riful Islam. Al-Alukah. https://www.alukah.net/sharia/0/107745/

WIJAYANTI, T. (2011). KONSEP PUASA DALAM AGAMA ISLAM DAN PROTESTAN (Studi Perbandingan). eprints.ums.ac.id. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/14574


Refbacks

  • There are currently no refbacks.