Pembelajaran Pendidikan Islam dalam Meningkatkan Keterampilan Ibadah Praktis
Abstract
Abstrak
Pembelajaran pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Muhammadiyah merupakan mata kuliah wajib kurikulum, demikian juga di Universitas Muhammadiyah Mataram diwajibkan kepada semua program studi. Salah satu materi yang diajarkan adalah praktik ibadah praktis yang tergabung dalam mata kuliah Pendidikan Islam II (Kuliah Ibadah), yang membahas teori dan praktik ibadah praktis seperti taharah, berwudu, mandi junub, tayamum, teori dan praktik salat, tayamum dan ibadah praktis lainnya. Penelitian ini hanya mencakup ibadah praktis yang berhubungan dengan salat saja. Praktik ibadah salat masih menjadi persoalan bagi mahasiswa, ternyata mahasiswa belum semuanya bisa melaksanakan ibadah salat sebagaimana yang dicontohkan dalam sumber-sumber kitab yang masyhur, namun dalam penilaian praktik ibadah salat ini di jadikan panduan dalam Buku kuliah Ibadah yang diterbitkan oleh LP3IK Universitas Muhammadiyah Mataram Cetakan kelima tahun 2023. Tujuannya adalah untuk mengidentifikasi kemampuan mahasiswa yang selanjutnya akan dilakukan asesmen selama masa perkuliahan semester 2 program studi pendidikan kewarganegaraan FKIP UMMAT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase nilai pre tes dan pos tes menunjukkan bahwa “katagori Sangat baik mengalami kenaikan dari 16% menjadi 24%, katagori Cukup baik dari 32% meningkat menjadi 40%, katagori Baik dari 20% menjadi 28%, sedangkan katagori kurang bisa di tekan dari 32% menjadi hanya 8%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan persentase keterampilan ibadah praktis yang menunjukkan kemampuan afektif atau keterampilan mahasiswa setelah mengalami proses pembelajaran pendidikan Islam (Ibadah Praktis) pada semester 2 program studi Pendidikan Kewarganegaraan FKIP Universitas Muhammadiyah Mataram tahun akademik 2023-2024.
Kata kunci : Pendidikan Islam, Ibadah Praktis
Full Text:
PDFReferences
Affandi, M. R., Widyawati, M., & Bhakti, Y. B. (2020). Analisis Efektivitas Media Pembelajaran E-Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sma Pada Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 8(2), 150. https://doi.org/10.24127/ jpf.v8i2.2910
Annisa Husul Khotimah (2022). Pendidikan Agama Islam Dalam Sistem Pendidikan Nasional. doi: 10.56672/attadris.v2i2.69
Bambang Samsul Arifin. (2023). Menciptakan lingkungan pembelajaran pai yang efektif. Al-Mubin, doi: 10.51192/almubin.v6i01.432
Difa Zalsabella P (2023) Pentingnya Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Nilai Karakter dan Moral Anak di Masa Pandemi. JIE : Journal of Islamic Education, Vol. 9 Nomor 1, Januari-Juli 2023. P-ISSN 2086-5902| e-ISSN 2548-2998, DOI : 10.18860
Harun, I. (2015). Efektifitas Penggunaan Teknologi Informasi Dan Komunikasi Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. POTENSIA: Jurnal Kependidikan Islam, 1(2), 175–190
Junaidi., Suryanto. (2022). Urgensi Dan Signifikansi Pendekatan Multikultural Dalam Pendidikan Agama Islam. doi: 10.38073/aljadwa.v2i1.828
Mappasiara (2018) Pendidikan Islam (Pengertian, Ruang Lingkup dan Epistemologinya), Jurnal Inspiratif Pendidikan, VOL. 7 NO. 1 (2018): Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Alauddin Makassar, DOI: https://doi.org/10.24252/ip.v7i1.4940
Musthofa, dkk. (2023). Metode Pembelajaran dalam Pendidikan Islam. TARQIYATUNA Jurnal Pendidikan Agama Islam dan Madrasah Ibtidaiyah, doi: 10.36769/tarqiyatuna.v2i1.310
Ni Rury Heranda Meduri, dkk (2022). Efektifitas Aplikasi Website Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Peserta Didik. P-ISSN: 2089-4341 | E-ISSN: 2655-9633 https://uia.e-journal.id/akademika/article/2272 DOI : https://doi.org/10.34005/akademika. v11i02.2272
Nuriansyah, F. (2020). Efektifitas Penggunaan Media Online Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Saat Awal Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Ekonomi Indonesia Vol. 1 No. 2, May 2020, https://ejournal.upi.edu/index.php/JPEI e.ISSN: 2721-1401
Palahuddin, Dr., dan Nazamudin, M.Pd.I (2023) Kuliah Fikih Ibadah, LP3IK – Universitas Muhammadiyah Mataram, ISBN. 978-602-70088.0-9
Palahuddin, Dr., dkk (2023) Kuliah Kemuhammadiyahan, LP3IK- Universitas Muhammadiyah Mataram, ISBN. 978-602-70088.3-0
Pedoman Pedoman Akademik, Universitas Muhammadiyah Mataram 2022-2023, pasal 16 ayat 3-4
Pusat Data dan Informasi Pendidikan, Balitbang – Depdiknas (2014) Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
Riskey O, Riantina F. A. 2020. Efektivitas Pembelajaran Daring Terintegrasi Di Era Pendidikan 4.0. Didaktis: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Vol.20 No.2 Tahun 2020
Sugiyono (2013) Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D, Alfabeta, Bandung
Sukarta, M.Pd.I dkk (2023) Kuliah Aqidah, cet. Kelima, LP3IK – Universitas Muhammadiyah Mataram, ISBN. 978-602-70088.1-6
Unik Hanifah, dkk (2023). Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap Pendidikan Islam. Journal on Education, doi: 10.31004/joe.v5i2.995
Wahab (2018). Implementasi Pendidikan Agama Islam Pada Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Pusaka Jurnal Khazanah Keagamaan, VOL 6 NO 1 (2018): DOI: https://doi.org/ 10.31969/ pusaka.v6i1.39
Wibawanto, W. 2017. Desain dan Program Multimedia Pembelajaran Interaktif. Jember: Cerdas Ulet Kreatif
Zaenudin, Dr (2023) Kuliah Akhlak, cet. Kelima, LP3IK – Universitas Muhammadiyah Mataram, ISBN. 978-602-70088.2-3
Refbacks
- There are currently no refbacks.