Penguatan Organisasi Kepemudaan Dan Peningkatan Peran Pemuda Dalam Tata Kelola Pemerintahan Desa Di Desa Tantan Kabupaten Muaro Jambi

Alva Beriansyah, Haryadi Haryadi, Sutri Destemi Elsiartati

Abstract


Desa Tantan merupakan salah satu desa yang berada dalam wilayah Kecamatan Sekarnan Kabupaten Muaro Jambi. Desa Tantan terletak di lokasi yang berdampingan langsung dengan kawasan perkotaan dan juga pusat pendidikan di Provinsi Jambi. Hal tersebut membuat pemuda dan pemudi yang berasal dari Desa Tantan tidak perlu meninggalkan desa untuk bekerja di kota maupun untuk menempuh pendidikan tinggi. Fakta tersebut membuat jumlah pemuda dan pemudi yang tinggal didesa tantan sangat banyak. Banyaknya jumlah pemuda dan pemudi memunculkan berbagai macam organisasi kepemudaan sebagai wadah berekspresi. Karang taruna sebagai organisasi yang berapliasi terhadap Pemerintah desa justru mengalami kepakuman. Salah satu upaya untuk mengaktifkan kembali karang taruna di Desa Tantan adalah dengan memberikan pemahaman tata kelola manajemen oraganisasi karang taruna. Selain itu dilengkapi dengan pendampingan organisasi mengenai penysusunan program kerja organisasi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini terdapat beberapa tahapan, Preliminary Survey,Focused Group Discussion, hingga konsultasi dan Evaluasi. Melalui kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat memberikan dampak sesuai dengan yang diharapkan. Hal ini tercermin dari adanya peningkatan pengetahuan pemuda dan pemudi tentang manajemen tata kelola organisasi karang taruna. Selain itu kegiatan ini juga dapat meningkatkan kesadaran pemuda dan pemudi untuk aktif berorganisasi. Dengan hadirnya pengabdian ini diharapkan karang taruna Desa Tantan dapat kembali aktif menjadi wadah berekspresi bagi pemuda dan pemudi dan memiliki program-program yang dapat membantu mensejahterakan masyarakat.


Keywords


Karang Taruna, Pemerintah Desa

Full Text:

PDF

References


Adi, Isbandi Rukminto. 2001. Pemberdayaan, Pengambangan Masyarakat dan Intervensi Komunitas (Pengantar Pada Pemikiran Dan Pendekatan Praktis). Jakarta : Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Daljoeni, N. 1974. Pemuda dan Perubahan Sosial. Jakarta: LP3ES.

Fuad, Noeh. 2009. Pemuda Indonesia Menggugat. Jakarta: Zikrul Hakim.

Hidayatullah, Furqon. 2010. Pendidikan Karakter: Membangun Peradaban Bangsa. Surakarta. Yuma Pustaka.

Hilda, Ismay. 2011. Tesis. Peran Karang Taruna dalam Pembinaan Generasi Muda di Desa Bulusari Kecamatan Bulakamba Kabupaten Brebes. (tidak diterbitkan)

Janah. 2009. Teori Peran. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Marham, Idrus. 2005. Pemuda dan Dinamika Kebangsaan. Jakarta: DPP KNPI dan World Assembly of Youth (WAY).

Menteri Pemuda dan Olahraga. 2009. Undang-undang No. 40 Tahun 2009 tentang Kepemudaan. Jakarta: Menpora

Moerdiyanto. 2011. Pembangunan Kepemimpinan Pemuda Berwawasan Kebangsaan Dan Cinta Tanah Air. (tidak diterbitkan)

Noeh. 2009. Kepemudaan. Bandung: Bumi Aksara

Suryono, Inung. 2011. Penanaman Nilai-nilai Persatuan Dikalangan Suporter Sepak Bola (Studi Kasus Suporter Pasoepati Di Gonilan, Kartasura). Surakarta. Universitas Muhammadiyah Surakarta




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v2i2.10688

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Alva Beriansyah

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: