Pendekatan Pastoral Konseling Sebagai Sarana Peningkatan Kesehatan Mental Di SMTK Sabu Raijua

Riada Marleny R, Banik Lodia A, Dethan Melly P

Abstract


SMTK Sabu Raijua adalah salah satu satuan pendidikan dengan jenjang SMTK yang berlokasi di Dusun  Ledemanu, Desa Raenyale, Kecamatan Sabu Barat, Kabupaten Sabu Raijua, Nusa Tenggara Timur. Kebijakan yang diterapkan oleh Pemerintah di masa Pandemi Covid-19 yang ada memunculkan persoalan-persoalan yang muncul di bidang pendidikan, salah satunya di SMTK Sabu Raijua. Jumlah tenaga kependidikan yang terbatas membuat para guru di sekolah ini harus mengerjakan dua tugas sekaligus sehingga menyebabkan beban kerja semakin bertambah dan menumpuk yang tidak jarang menyebabkan stres. Bagi para siswa, kebijakan untuk belajar dari rumah juga menimbulkan stres akibat keterbatasan dan kualitas jaringan internet yang buruk sehingga tidak memungkinkan dilaksanakannya pembelajaran secara online dan berakibatnya pada kesulitan untuk menerima dan memahami materi yang ada. Menyikapi situasi ini, IAKN Kupang melaui program studi Pastoral Konseling menyelenggarakan Kegiatan pengabdian kepada masyarakat (PKM). PKM  ini bertujuan dalam rangka meningkatkan kesehatan mental di SMTK Sabu Raijua dengan metode Participatory Action Research (PAR) dalam bentuk seminar, Focus Group Discussions (FGD), dan pelatihan terapi relaksasi otot progresif (proggresive muscle relaxation). Dari hasil evaluasi  menunjukkan bahwa para peserta memiliki pemahaman yang baik tentang kesehatan mental dan kegiatan PKM ini sesuai dengan harapan mereka

Keywords


manajemen stres; kesehatan mental; pendampingan pastora

Full Text:

PDF

References


Giacalone, A., Rocco, G. and Ruberti, E. (2020) ‘Physical Health and Psychosocial Considerations During the Coronovirus Disease 2019 outbreak’, Psychosomatics, 61(6), pp. 851–852. doi: 10.1016/j.psym.2020.07.005.

Masyah, B. (2020) ‘Pandemi COVID 19 Terhadap Kesehatan Mental dan Psikososial’, Mahakam Nursing Journal 2, 2(8), pp. 353–362.

Rozali, Y. A. et al. (2020) ‘MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL DI MASA PANDEMIC’, Abdimas, 7, pp. 109–113.

Saburaijuakab.go.id (no date) Sejarah-kabupaten Sabu Raijua. Available at: https://saburaijuakab.go.id/halaman/sejarah.

Setyaningrum, W. and Yanuarita, H. A. (2020) ‘Pengaruh Covid-19 Terhadap Kesehatan Mental Masyarakat Di Kota Malang’, Ilmu Sosial dan Pendidikan, 4(4).

Siahaan, M. (2020) ‘Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan’, 1(1), pp. 1–3.

Ulya, Z. I. and Faidah, N. (2017) ‘PENGARUH TERAPI RELAKSASI OTOT PROGRESIF TERHADAP PENURUNAN TEKANAN DARAH PADA PENDERITA HIPERTENSI DI DESA KORIPANDRIYO KECAMATAN GABUS KABUPATEN PATI’, CENDEKIA UTAMA Jurnal Keperawatan dan Kewsehatan Masyarakat, 6, pp. 1–9.

Vibriyanti, D. (2020) ‘KESEHATAN MENTAL MASYARAKAT : MENGELOLA KECEMASAN DI TENGAH PANDEMI COVID-19 ( SOCIETY MENTAL HEALTH : MANAGING ANXIETY DURING PANDEMIC COVID-19 )’, Jurnal Kependudukan Indonesia, 2902, pp. 69–74.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v2i3.11437

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Marleny Rambu Riada

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: