Peningkatan Pemahaman Akuntansi Rumah Tangga

Nana Umdiana, Abdul Malik, Najibulloh Asror, Yuyun Fatmawati

Abstract


Setiap rumah tangga memiliki modal yang berbeda-berbeda dalam mencukupi kehidupan rumah tangganya.  Rumah tangga dilihat dari sudut sempit dapat diartikan sebagai kehidupan di rumah, dalam kehidupan berumah tangga juga memerlukan tata kelola akuntansi yang tepat dari setiap penganggaran, pencatatan, pengambilan keputusan dan perencanaan jangka panjang hingga tercapai kesejahteraan yang mutlak. Permasalahan keuangan keluarga biasanya bukan dari penghasilan yang kurang, namun penyebab utama adalah cara penerapan akuntansi keluarga yang kurang tepat. Dalam mengatur keuangan rumah tangga biasanya dikelola oleh ibu rumah tangga maka dari itu kami melakukan pengabdian unutk meningkatan literasi atau kesadaran terhadapa mereka tentang pentingnya pengelolaan keuangan atau akuntansi rumah tangga. Pengabdian ini dilakukan di Kampung Cibadak, desa Bojong, Cikupa Kabupaten Tangerang. Hasil  pengabdian dapat disimpulkan bahwa: 1) tingkat pendidikan berperan penting dalam akuntansi rumah tangga 2) tingkat pendapatan sangat berpeeran penting dalam akuntansi rumah tangga 3) Pentingnya akutansi rumah tangga dalam pekerjaan, pendidikan sangat berperan penting untuk mendapatkan pekerjaan yang layak dan sesuai jenjang pendidikan


Keywords


Akuntansi Rumah Tangga

Full Text:

PDF

References


Chotimah, Chusnul dan Suci. R. 2013. Pengaruh Pendidikan Keuangan di Keluarga, Sosial Ekonomi Orang tua, Pengetahuan Keuangan, Kecerdasan Spiritua, dan Teman sebaya Terhadap Manajemen Keuangan Pribadi Maha siswa S1 Pendididkan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negri Surabaya.

Chowa, G. A. N. 2006. Savings performance among rural households in Sub – SaharanAfrica: The effect of Gender. Joernal Social Development Issues, 28(2), 106 – 116.

Ihsan, Fuad. 2010. Dasar-dasar kependidikan. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Istrilista, Trifena Maria, 2016. Pengaruh Pendapatan dan Pengetahuan Keuangan Terhadap Perencanaan Keuangan Keluarga di Surabaya.

KBBI, 2017. Kamus Besar Bahasa Indonesia. melalui http://kbbi.web.id/pusat [21/06/2017].

Kemdikbud 2017, Buku ikhtisar data pendidikan tahun 2016/2017, Jakarta.

Luhung, Husny Rabista H. R. 2016. Pengaruh Pendapatan Orangtua terhadap Alokasi Penddikan anak pada Pengrajin Tikar dengan Orientasi Orangtua sebagai Variabel Intervening.

Manurung, Daniel T. H dan Jimmi Sinton. 2013. Urgensi Peran Akuntansi dalam Rumah Tangga.

Mulyani, Sri. 2015. Peran Gusjigang dan Penerapan Akuntansi Terhadap Literasi Keuangan Pra-Nikah.

Notoatmodjo, Soekidjo, 2010. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta.

Nurhayati & Noor Hasniza Haran, 2016. Akuntansi Rumah Tangga: Jalan Menuju Ketahanan Ekonomi.

Purwidianti, Wida dan Rima Mudjiyanti. 2016. Analisis Pengaruh Penglaman Keuangan dan Tingkat Pendapatan Terhadap Prlaku Keuangan Keluarga di Kecamatan Purwokerto Timur. Jurnal Menejemen dan Bisnis, Vol 1(2) 141148

Piorkowsky, M. B. 2000. Household Accounting in Germany, Some statisticalevidence and the development of new systems. Accounting, Auditing &Accountability Journal, Vol 13(4), 518 –534.

Rani, P.A.A. 2014. Kemampuan Asimetri Informasi, Ketidakpastian Lingkungan, Budget Emphasis, dan Kepastian Individu Sebagai Variabel Moderasi Terhadap Partisipasi Anggaran Pada Budgetary Slack (studikasus SKPD di Kabupaten Bandung, Bali).

Rumlugun,V. G. 2016. An Evaluation of Household Accounting in Mauritius, macrothik Institute.

Saat Ibu Rumah Tangga Berkarir.2015. from liveolive.com/post/view/169-saatibu-rumah-tangga-berkarir [21/06/2017].

Setiowati, Nur Eka.2016. Perempuan, Strategi Nafkah dan Akuntansi Rumah tangga.

Silalahi, Harini Triana . 2016. Studi Komparasi Tingkat literasi Keuangan Keluarga di desa Condongcatur Yogyakarta Ditinjau dari Status Sosial Ekonomi dan Gaya Hidup,.

Sugiyono. 2012. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syifa, L. L, 2011. Peran Perempuan dalam Manajemen Keuangan Keluarga Muda.

Wiyono. M. M., 2014. Perencanaa Keuangan Keluarga di Malang. Direktorat Penelitian dan Pengabdian Universitas Muhamadiyah Malang.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v2i3.11885

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Nana Umdiana, Abdul Malik, Najibulloh Asror, Yuyun Fatmawati

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: