Pembuatan Pembalut Kain Dari Bahan Bekas Sebagai Peluang UKM Desa Jatisela Lombok Barat

Nur’aini Nur’aini, Baiq Reinelda Tri Yunarni, Nurul Hidayati Indra Ningsih, Salmin Salmin

Abstract


Pada awal abad ke-4 di Yunani Kuno, pembalut pra-modern telah digunakan. Saat itu, perempuan menggunakan kain untuk menjaga penyerapannya. seiring berkembangnya zaman, bentuk dan bahan dasar pembalut mengalami banyak perubahan, dan yang banyak terdapat di pasaran terbuat dari kapas dengan gel di bagian tengahnya supaya memiliki daya serap yang tinggi dan praktis.  pembalut sekali pakai disebut-sebut sebagai salah satu penyebab kerusakan alam dan lingkungan di muka bumi ini.tujuan pengabdian ini Memberikan edukasi dengan cara sosialisasi serta Pelatihan kepada masyarakat setempat yang ingin menambah ilmu dan wawasan dalam kesehatan diri dan lingkungan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini melalui sosialisasi, dan pelatihan setelah itu mengevaluasi hasil yang telah di laksanakan,hasil yang di capai  Meningkatkan pengetahuan atau mengedukasi ibu ibu produktif, remaja yang sudah mendapatkan tamu bulanan (haid) dan dapat membantu yang tidak memiliki penghasilan sehingga bisa membantu ekonomi keluarga. Dan sebagai ajang silaturohmi di Desa Jatisela Kecamatan Gunungsari dan setiap warga yang ikut dalam pelatihan pembuatan pembalut dari kain ini bisa menjadi nilai tambah dengan berwirausaha memiliki ilmu di bidang kesehatan dan perawatan diri agar lebih percaya diri.


Keywords


peluang usaha,UMKM, pembalut kain

Full Text:

PDF

References


Ardiyati, & Pramitasari, R. (2019). Ecoliteracy Penggunaan Pembalut Wanita Ramah. Seminar Hasil Pengabdian Masyarakat 2019, November, 73–78.

Diniyati, P. K. (2019). Reproduksi Perempuan. November, 18–29. https://jurnal.poltekkes-kemenkes-bengkulu.ac.id/index.php/jmk/article/download/488/267

Zamani, I. S., Husna, L. A., & Yulianingtyas, A. (2012). Pembalut Wanita Ramah Lingkungan Dan Beretika. Prosiding Elektronik (e-Proceedings) PIMNAS, 1–5.

Artikel jurnal To mega jurnal pengabdian masyarkat oktober 2021,vol 4,no 3, hal. 316-330, issn(P) 2622- 6332, ISSn-(E)-2622-6340. Htpp://www.ojs.unada.ac.id/index.php/tomaega.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Penemuan yang Mengubah Dunia: Pembalut, Semula Diciptakan untuk Para Pria", Klik untuk.

Andreas. (2011). Manajemen Keuangan UKM. Yogyakarta: Graha Ilmu

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:

Android: https://bit.ly/3g85pkA.iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-3314996/ini-alasan-saat-haid-wanita-dianjurkan-ganti-pembalut-tiap-3-4-jam

https://sains.kompas.com/read/2019/03/08/173500223/penemuan-yang-mengubah-dunia--pembalut-semula-diciptakan-untuk-para-pria.Penulis:Resa Eka Ayu Sartika Editor : Resa Eka Ayu Sartika

http://www.youtabe.com/watch Berbagi Pembalut Kain lewat Surat untuk Najwa - YouTube

PhilipKotler (1997), Manajemen Pemasaran (Jakarta: Erlangga, )




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v2i3.12203

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 indra ningsih

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: