PELATIHAN DAN PENDAMPINGAN RUMAH LITERASI UNIMAL HEBAT GAMPONG REULEUT TIMUR

Sayni Nasrah, Fajriana Fajriana, Siraj Siraj, Niswatul Khaira, Jumita Sari

Abstract


Minat baca yang rendah pada anak bangsa yang bergelar agent of change  adalah budaya yang harus di geser dengan cara membentuk kebiasaan membaca mulai sejak dini. Mulai dari PAUD, TK, SMP, SMA, Mahasiswa bahkan gererasi baby boomers sekalipun. Hal ini bertujuan untuk memiliki persepsi yang benar mengenai hidup dan bagaimana menyikapi dengan baik. Seiring dengan perkembangan teknologi, orang-orang lebih suka menonton dari pada membaca. Oleh karena itu, kegiatan membaca harus dikemas dengan cara yang asik.  Mitra dalam pengabdian pemberdayaan masyarakat ini adalah Desa Reuleut Timu, kecamatan Muara Batu, kabupaten Aceh Utara. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah: 1) Masih rendahnya minat baca; 2) Masih rendahnya manajemen pengaturan rumah baca untuk membentuk budaya baca; dan 3) Masih rendahnya tingkat pengetahuan dan dukungan orang tua untuk memotivasi anak-anak dalam membentuk budaya membaca. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rumah literasi dan tercipta buadaya membaca sehingga tumbuh cinta literasi di sepanjang hayat mereka. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan adalah: 1) ) adanya rumah baca Unimal Hebat; 2) Memberikan pelatiahan manajemen literasi kepada pengurus rumah baca; 3) Adanya program membaca cerdas untuk anak-anak sekolah; 4) Adanya program ibu cinta literasi. Adapun hasilnya adalah: 1) Terbentunya rumah baca Unimal Hebat; 2) Terlaksananya pelatihan manajemen literasi kepada pengurus rumah baca; 3) Terlaksananya program membaca cerdas untuk anak-anak sekolah; 4) Terlaksananya program ibu cinta literasi. 


Keywords


Rumah Literasi Unimal Hebat, Reuleut Timur

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badan Pusat Statistik. 2020. Bireuen dalam Angka. Bireuen: Badan Pusat Statistik Kabupaten Bireuen.

Boutot, E Amanda dan Tincani Matt. 2006. Autism Encyclopedia. Texas: PRO-ED.

Nasrah, Sayni dan Cut Mala sari. 2021. Manajemen Literasi. Banten: CV.AA Rizky

Nasrah, Sayni dan Siraj. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Sains Berbentuk Pop-Up Book Berbasis Potensi Lokal bagi Guru SD Negeri 3 Percontohan Peusangan. Jurnal Vokasi. 5 (1):69-73.

Milfayetty, Sri., et. al. 2017. Model Creative Art dalam Bermain Clay untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Kemandirian Anak. Proceedings International Psychology, Education Counseling & Social Work Conference. Medan, Indonesia.

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono, 2016, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Syarkani dan Siraj. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim. Variasi. 10 (5): 15-20.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v2i3.12229

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Sayni Nasrah, Fajriana Fajriana, Siraj Siraj, Niswatul Khaira, Jumita Sari

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: