Pendampingan Mengelola Data Media Sosial Untuk Meningkatkan Customer Engagement UMKM Jakarta Pusat

Intan Tri Annisa, Lily Deviastri, Muslikh Muslikh

Abstract


Artikel ini merupakan hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat dengan memberikan materi mengenai pemasaran kepada UMKM binaan dari Dinas PPAPP Suku Dinas Jakarta Pusat. Adapun dari hasil analisis situasi didapatkan bahwa mitra ingin mengembangkan pemasaran melalui salah satu media sosial, Tik Tok. Mitra memiliki keterbatasan untuk membuat konten menarik yang bisa mendapatkan banyak respon yang positif dari masyarakat. Selain itu, pentingnya menganalisis customer engagement di media sosial juga perlu disosialisasikan. Metode pelaksanaan dilakukan dengan cara memberikan pendampingan kepada mitra. Sebelumnya, ada pre-test yang diberikan terkait dengan pengetahuan mengenai customer engagement. Pada bagian akhir, tim memberikan post-test dan memilih hasil gelar karya TikTok yang terbaik. Hasil dari pengisian pre dan post-test menunjukkan bahwa adanya peningkatan pemahaman peserta mengenai materi yang telah diberikan.


Keywords


customer engagement, data, TikTok.

Full Text:

PDF

References


Cabiddu, F., Carlo, M. De, & Piccoli, G. (2014). Social media affordances: Enabling customer engagement. Annals of Tourism Research, 48, 175–192. https://doi.org/10.1016/j.annals.2014.06.003

Cheng, C. C. J., & Shiu, E. C. (2019). How to enhance SMEs customer involvement using social media: The role of Social CRM. International Small Business Journal: Researching Entrepreneurship, 37(1), 22–42. https://doi.org/10.1177/0266242618774831

Corral de Zubielqui, G., & Jones, J. (2020). How and when social media affects innovation in start-ups. A moderated mediation model. Industrial Marketing Management, 85(September), 209–220. https://doi.org/10.1016/j.indmarman.2019.11.006

Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132

Dwivedi, Y. K., Ismagilova, E., Hughes, D. L., Carlson, J., Filieri, R., Jacobson, J., Jain, V., Karjaluoto, H., Kefi, H., Krishen, A. S., Kumar, V., Rahman, M. M., Raman, R., Rauschnabel, P. A., Rowley, J., Salo, J., Tran, G. A., & Wang, Y. (2021). Setting the future of digital and social media marketing research: Perspectives and research propositions. International Journal of Information Management, 59(July 2020), 102168. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102168

Kavota, J. K., Kamdjoug, J. R. K., & Wamba, S. F. (2020). Social media and disaster management: Case of the north and south Kivu regions in the Democratic Republic of the Congo. International Journal of Information Management, 52(January), 102068. https://doi.org/10.1016/j.ijinfomgt.2020.102068

Kristia, S. E., & Harti. (2021). Pengembangan Media Promosi Berbasis Aplikasi Tiktok Untuk Meningkatkan Minat Beli Produk Ukm Dm-Seafood. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 9(3), 1428–1438.

Kumar, V., & Pansari, A. (2015). Competitive Advantage through Engagement. Journal of Marketing Research, 0–51.

Omar, B., & Dequan, W. (2020). Watch, share or create: The influence of personality traits and user motivation on TikTok mobile video usage. International Journal of Interactive Mobile Technologies, 14(4), 121–137. https://doi.org/10.3991/IJIM.V14I04.12429

Zayyan, S., & Saino. (2021). The Effect of Using the Tik Tok Application as a Promotional Medium and The Glow Up Trend on Interest in Buying Beauty Products. Jurnal Manajemen, 13(2), 282–291.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i2.16191

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Intan Tri Annisa

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: