Peningkatan Kualitas Juru Parkir Berkeselamatan Kabupaten Grobogan

Yogi Oktopianto, Rukman Rukman

Abstract


Pesatnya pertumbuhan jumlah kendaraan setiap tahun dibutuhkan juru parkir yang handal untuk dapat mengatur keluar masuk kendaraan pada tempat parkir agar tidak mengganggu lalu lintas. Selain dibutuhkan ruang parkir yang cukup juga diperlukan juru parkir yang handal agar dapat mengatur parkir dengan baik. Kurangnya pengetahuan mengenai pengaturan parkir dan penyelenggaraan parkir berkeselamatan menjadi permasalahan utama dalam pengabdian masyarakat ini. Pengabdian Masyarakat ini diselenggarakan bekerjasama dengan Dinas Perhubungan Kabupaten Grobogan. Metode yang digunakan dalam kegiatan ini dengan menggunakan ceramah, tanya jawab, pemberian contoh-contoh kasus dan praktik pengaturan parkir. Berdasarkan hasil kegiatan penyuluhan terjadi peningkatan nilai pengetahuan juru parkir tentang parkir berkeselamatan sebesar 65%. Hal ini menunjukan bahwa materi yang diberikan selama pelaksanaan dapat diterima dan diterapkan dengan baik oleh peserta.


Keywords


Parkir, Berkeselamatan, Penyuluhan,Juru Parkir, Kualitas

Full Text:

PDF

References


Atikah, L. (2018). Tinjauan Yuridis Pengelolaan Parkir Oleh Perusahaan Daerah Parkir Makassar Raya Dihubungkan Dengan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2006 Tentang Pengelolaan Parkir Di Tepi Jalan Umum Dalam Kota Makassar. In Institutional repositories & scientific journals Universitas Pasundan.

Erwin. (2021). Niat Repetronase Konsumen Terkait Adanya Juru Parkir Liar di Kota Makassar. Jurnal Manajemen Perbankan Keuangan Nitro, 3(1). https://doi.org/10.56858/jmpkn.v3i1.34

Gustika, G. S. (2018). Pengaruh Retribusi Parkir Terhadap Pendapatan Asli Daerah Di Kabupaten Indragiri Hulu. Jurnal Manajemen Dan Bisnis, 7(4). https://doi.org/10.34006/jmb.v7i4.27

Hawati, T. M., Oktaviani, R., & Falatehan, A. F. (2018). Strategi Optimalisasi Penerimaan Retribusi Pelayanan Parkir Tepi Jalan Umum Kota Tangerang Selatan. Jurnal Penelitian Transportasi Darat, 19(1). https://doi.org/10.25104/jptd.v19i1.605

Kiswanto, E., & Setianingrum, T. (2018). Kualitas Perparkiran Kota Yogyakarta dari Multiperspektif. Populasi, 26(1). https://doi.org/10.22146/jp.38689

Oktopianto, Y., Nabil, M. J., & Arief, Y. M. (2021). Sosialisasi Keselamatan Transportasi Jalan Pengemudi Gojek Di Kota Tegal. Kumawula : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 242 – 248.

Pitriani, R., & Prabawati, I. (2018). Implementasi Kebijakan Parkir Zona Di Kawasan Taman Bungkul Kota Surabaya. Publika, 6(5).

Sandra, C. F. K. (2021). Kebijakan Strategi Parkir (Studi Kasus : Ibu Kota Metropolitan Jakarta). Prosiding Seminar Intelektual Muda, 2(1). https://doi.org/10.25105/psia.v2i1.8960

Silviana, I., Isharijadi, & Styaningrum, F. (2020). Analisis Optimalisasi Retribusi Pelayanan Parkir Di Tepi Jalan Umum Pada Pendapatan Asli Daerah (Pad) Kabupaten Ponorogo. Jurnal Riset Dan Perbankan, 14(2).

Vipriyanti, S., & Meirinawati, M. (2021). Kualitas Pelayanan Parkir Berlangganan Untuk Meningkatkan Pendapatan Retribusi Parkir Di Dinas Perhubungan Kabupaten Tuban. Publika. https://doi.org/10.26740/publika.v9n2.p227-240

Zulkifli Anwar, Zaili Rusli, & Febri Yuliani. (2022). Pelayanan Retribusi Parkir Tepi Jalan Umum Kota Dumai. Jurnal Niara, 15(3). https://doi.org/10.31849/niara.v15i3.12183


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Yogi Oktopianto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: