Pelatihan Dakwah Digital Bagi Santri Mahasiswa

Dzunuwanus Ghulam Manar, Hendra Try Ardianto, Teguh Yuwono, Wijayanto Wijayanto

Abstract


Dakwah adalah hal yang penting dan mulia dalam mengembangkan ajaran agama serta kebaikan-kebaikan bagi alam semesta. Namun dalam perkembangannya dakwah mengalami beberapa masalah berkaitan dengan distorsi informasi maupun pemahaman agama yang kurang tepat sehingga mengakibatkan konsekuensi tindakan yang merugikan dan kontraproduktif. Dakwah menggunakan platform digital merupakan sebuah keniscayaan pada era disrupsi teknologi informasi sehingga sangat tepat untuk menerapkannya pada santri mahasiswa. Melalui kegiatan ini diharapkan santri mahasiswa dapat memiliki pengetahuan dan ketrampilan dakwah berbasis digital dan dapat berkontribusi dalam menciptakan konten dakwah digital yang bermanfaat. Kegiatan pengabdian ini berhasil memberikan medium dakwah digital kepada mahasiswa melalui channel You Tube berkaitan dengan proses pembuatan dan pengelolaan dakwah digital. Dengan model belajar sambil melakukan dibimbing oleh dosen yang telah berpengalaman, konten dakwah digital dapat terwujud dan memeroleh tanggapan positif dari publik. Hasil pengabdian ini memberikan proses pembelajaran ketrampilan kepada santri mahasiswa untuk terlibat dan bertanggung jawab melakukan dakwah menggunakan platform digital.


Keywords


dakwah, digital, santri, mahasiswa

Full Text:

PDF

References


Astari, M.R, Saifullah, Richo, Rosmawati, Susan, Siregar, M.F. (2022). Workshop Pentingnya Wawasan Digital Santri Bagi Santri Pondok Pesantren Santi Aji. Jurnal Bakti Saintek : Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sains dan Teknologi. Volume 6 (1), 21-26

Budiantoro, W. (2017). Dakwah di Era Digital. KOMUNIKA: Jurnal Dakwah Dan Komunikasi, 11(2), 263-281.

Lestari, P. P. (2020). Dakwah Digital Untuk Generasi Milenial. Jurnal Dakwah: Media Komunikasi Dan Dakwah, 21(1), 41-58.

Muhaemin, Enjang (2017). Dakwah Digital Akademisi Dakwah. Ilmu Dakwah: Academic Journal for Homiletic Studies, Volume 11 Nomor 2, 341-356.

Mukhlisin, Isnaeni, Fil, Nurjaya, Mukhoyyaroh, Masyhuri, A.A. Urgensi Literasi Digital bagi Santri Milenial di Pondok Pesantren Rahmatutthoyibah Al Iflahah Gunung Kaler Tangerang, Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Aphelion, Vol. 1 No. 2, 208-214.

Poerana, AF, Hariyanto, Fajar, Oxygentri, Oky, Lubis, M.F. (2022). Peningkatan Kapasitas Pembelajaran Santri Melalui Pelatihan Pemanfaatan Media Sosial di Pondok Pesantren An-Nihayah Kabupaten Kawarang. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 18 (2), 287-297.

Rumata, F.A., Iqbal, M., & Asman, A. (2021). Dakwah digital sebagai sarana peningkatan pemahaman moderasi beragama dikalangan pemuda. Jurnal Ilmu Dakwah, 41(2), 172-183.

Ummah, A. H. (2020). Dakwah Digital dan Generasi Milenial (Menelisik Strategi Dakwah Komunitas Arus Informasi Santri Nusantara). Tasâmuh, 18(1), 54-78.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i2.16962

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Dzunuwanus Ghulam Manar, Hendra Try Ardianto, Teguh Yuwono, Wijayanto Wijayanto

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: