Pembinaan Nelayan Dalam Kawasan Pengembangan Perikanan Di Kecamatan Sape Kabupaten Bima

Renni Sartika, Megasuciati Wardani

Abstract


Adapun tujuan dari program pengabdian pada masarakat ini yaitu pembinaan nelayan dalam bentuk penguatan kelembagaan kelompok dalam kawasan pengembangan perikanan di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Untuk merealisasikan tujuan program di atas, maka tim pengabdian melakukan langkah-langkah seperti kegiatan survei yang dilakukan untuk penentuan hari pelaksanaan presentasi dan teknis pelaksanaannya. Kemudian melakukan Sosialisasi dengan pemaparan awal rencana pengabdian kepada nelayan, dengan menginformasikan seluruh  agenda kegiatan. Selanjutnya melakukan Penetapan peserta pelatihan, dimana penetapan peserta pelatihan ini dilakukan pada awal penerapan kegiatan dengan tujuan agar dalam pelatihan diikuti oleh nelayan berdomisili diwilayah kecamatan Sape. Kemudian melakukan kegiatan Pelatihan, dimana materi pelatihan akan disampaikan oleh pelaksana program pada saat kegiatan berlangsung. Kegiatan ini di ikuti oleh 40 orang nelayan. Pembinaan nelayan dalam bentuk penguatan kelembagaan kelompok dalam kawasan pengembangan perikanan di Kecamatan Sape Kabupaten Bima berhsil dilaksanakan dengan baik dan dapat mermperoleh hasil yang lebih besar  dalam upaya untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat nelayan di Kecamatan Sape Kabupaten Bima. Program ini dilaksanakan untuk menginternalisasikan wawasan bagi kelompok nelayan di Kecamatan Sape Kabupaten Bima sehingga dapat meningkatkan pemahaman tentang organisasi, meningkatkan kesadaran untuk mengutamakan keselamatan, meningkatkan hasil produksi tangkapan ikan agar dapat didistribusi diberbagai daerah yang ada di Indonesia, dan memberikan ruang untuk berkreatif melalui institusi yang telah dibentuk. Kreativitas nelayan perlu didukung baik dalam bentuk kegiatan social maupun dalam bentuk edukasi.


Keywords


Pembinaan, Pengembangan, Nelayan

Full Text:

PDF

References


Arliman, Muhammad. 2013. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi TingkatPendapatan Usaha Nelayan di Kabupaten Bone. Jurnal Makassar: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Hasanuddin.

Ahmad Syakir, 2017. Kesejatraan sosial nelayan tadisional, Ragam Masalah Kesejatraan, dan Strategis Bertahan Hidup. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penlitian Suatu Pendekatan Praktik.Jakarta : Rineka Cipta.

Asri, 2000 Analisis fakto-faktor yang mempengaruhi produktivitas perikanan laut: study kapal motor di kota padang, Tesis Universitas Andalas.

Zitri, I., Rifaid, R., Darmansyah, D., Hadi, A., & Subandi, A. (2022). Pendampingan Penguatan Kapasitas Perangkat Desa Seteluk Tengah Dalam Peningkatan Kualitas Pelayanan Publik. Transformasi: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(2), 125-131.

Anom Dewa Gede. 2017. Penentu Kesejahteraan Pengusaha Pemindangan di Kabupaten Tabanan. Jurnal Ekonomi Kuantitatif Terapan

Budiastuti, N.1994. Pola Konsumsi Rumah Tangga Nelayan di Kabupaten Jepara.Tidak dipublikasikan. Surakarta: Fakultas Pertanian UNS

Bulletin W.Mina1981.Distribusi masyarakat nelayan dan pengololah ketahananpangan., Bandug: Rajawali Pers

Fatmasari. 2012. Analisis Sosial Ekonomi Dan Budaya Masyarakat Pesisir desa Waruduwur, Kecamatan Mundu, Kabupaten Cirebon.

Humaniora Utama Press. 2009. Keberdayaan Nelayan dan Dinamika Ekonomi Pesisir Pusat Penelitian wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil. Jember: lembaga penelitian universitas jember.

Dannerius Sinaga. (1988). Sosiologi dan Anropologi. Klaten. PT.Intan Pariwara.

Helmi, Dan Satria. 2010. Strategi adaptasi nelayan terhadap perubahan ekologis. Jurnal: IPB. Vol 16,No 1,Juli 2010.

Sujarno. 2008. Analisa Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pendapatan Nelayan Di Kabupaten Langkat,Thesis. Universitas Sumatera Utara.

Kusnadi. 2002. Konflik Sosial Nelayan Kemiskinan dan Perbutan SumberdayaPerikananLkiS : Yogyakarta.

Mankiw, N. Gregory. 2003. Teori Makro Ekonomi Terjemahkan. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i1.16980

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Renni Sartika, Megasuciati Wardani

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: