Pelatihan Aplikasi Digital Untuk Masyarakat Dalam Pemasaran Industri Masakan Khas Holat

Jusrin Efendi Pohan, Burhanuddin Burhanuddin

Abstract


Keunikan industri rumahan makanan “holat” di desa Purbasinomba ini telah menjadi ikon yang perlu dilestarikan dan dikembangkan pada marketplace dalam dunia industri. Akan tetapi, industri makanan khas ini hanya digunakan pada acara-acara masyarakat, misalnya kenduri, pesta perkawinan, dan acara lainnya. Hal inilah membuat pengusul mengembangkan pasar indutri kepada masyarakat diluar daerah Kec. Padang Bolak, Kab. Padang Lawas Utara. Metode yang dilakukan dalam pengabdian ini adalah metode pendekatan kepada masyarakat desa Purbasinomba sebagai mitra. Adapun pendekatan yang dilakukan, yaitu melakukan pelatihan dan penyuluhan mengenai produksi dan pemasaran industri rumahan berupa bahan-bahan untuk makanan tersebut. Mengoptimalkan kreativitas masyarakat dalam memasarkan produk makanan holat dengan model racikan yang sesuai cita rasa. Tujuan dari kegiatan yang dilakukan adalah untuk membantu masyarakat desa Purbasinomba untuk memasarkan produk makanan “holat” secara online dengan melakukan pemberdayaan kepada masyarakat. Selain melakukan pemberdayaan, pengusul juga mengajak Pemerintah daerah ikut berpartisipasi dalam upaya mempromosikan produk “holat” ini pada acara-acara resmi Pemerintah maupun acara keluarga. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa adanya keselarasan antara bisnis industri rumahan holat meningkat dan berkembang setelah dilterapkan aplikasi digital marketplace.


Keywords


Produk, Industri Rumahan, Aplikasi Digital

Full Text:

PDF

References


Anisah, Giati. (2021). Pelatihan Digital Marketing Menggunakan Platform Marketplace Shopee untuk Kelompok Pemuda Wirausaha Di Desa Mulyoagung-Bojonegoro. MAFAZA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol. 1, No. 1, https://doi.org/10.32665/mafaza.v1i1.256.

Chattopadhyay, P. (2020). The role of Affiliate Marketing in Digital Space: A Conceptual Approach. International Journal for Modern Trends in Science and Technology, 6(5), 53–59. https://doi.org/10.46501/ijmtst060509.

Fariborzi, E. (2012). E-mail Marketing: Advantages, Disadvantages andImproving Techniques. International Journal of E-Education, e- Business, e-Management and e-Learning, 2(3), 1–5. https://doi.org/10.7763/ijeeee.2012.v2.116.

Kasmir dan Jakfar. (2016). Studi Kelayakan Bisnis Edisi Revisi. Jakarta: Prenada Media Group.

Kotler, P. (2009). Manajemen Pemasaran (Alih Bahasa: Jaka Wasana). Jakarta: Airlangga.

Ridwan, Iwan, Abdurrahman Fauzi, Isah Aisyah, Susilawati, and Iwan Sofyan. (2019). Penerapan Digital Marketing Sebagai Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan (WAGE) Bandung. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 2, No. 1: 137–42.

Sasa, Saudah, Dodot Sapto Adi, Maulid Agung Triono, and Fajar Supanto. (2021). OptimalisasiUsaha Kecil Menengah Melalui Pelatihan Digital Marketing. Abdimas: Jurnal Pengabdian Masyarakat Universitas Merdeka Malang 6, No. 3: 358–71. https://doi.org/10.26905/abdimas.v6i3.5366.

Saudah, S., dan Adi, D. S. (2018). Keseimbangan Komunikasi Dalam Penguatan Identitas Komunitas Kreatif Telematika Kota Malang. Mediakom: Jurnal Ilmu Komunikasi 1, No. 2: 143-154. https://doi.org/10.32528/mdk.v1i2.1574.

Santrock, J. (2012). Life-Span Development: Perkembangan Masahidup Edisi Ketiga Belas jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Slameto. (2003). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Stokes, Rob. (2008). E-Marketing The Essential Guide to Digital Marketing. (www.quirk.biz).

Sulaksono, Juli. (2020). Peranan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Desa Tales Kabupaten Kediri. Generation Journal, vol 4, no. 1: 41–47. https://doi.org/10.29407/gj.v4i1.13906.

Supriyanto, Agus, and Kharis Fadlullah Hana. (2020). Strategi Pengembangan Desa Digital Untuk Meningkatkan Produktivitas UMKM. BISNIS : Jurnal Bisnis Dan Manajemen Islam 8, no. 2: 199. https://doi.org/10.21043/bisnis.v8i2.8640.

Suherman, E. (2008). Desain Pembelajaran Kewirausahaan. Bandung: Alfabeta.

Solomon, G., Duffy, S., & Tarabishy, A. (2002). The State of Enterpreneurship Education in The United States: A Nationwide Survey and Analysis. International Journal of Enterpreneurship Education 1 (1), 1-22. https://www.researchgate.net/publication/281196335_The_State_of_Entrepreneurship_Education_in_the_United_States_A_Nationwide_Survey_and_Analysis.

Walter, P. (2009). Local knowledge and adult learning in environmental adult education: Community‐based ecotourism in southern Thailand. International Journal of lifelong education, 28 (4), 513-532. http://www.tandf.co.uk/journals.

Zanuar Rifai, and Dwi Meiliana. (2020). Pendampingan dan Penerapan Strategi Digital Marketing Bagi Umkm Terdampak Pandemi Covid-19.” BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat 1, no. 4: 604–9. https://doi.org/10.31949/jb.v1i4.540.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.19788

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Jusrin Efendi Pohan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: