Pelaksanaan Program Kkn Internasional Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur-Malaysia Cabang Sanggar Belajar Sungai Penchala

M Farfan, Rahmad Hidayat, Ayatullah Hadi

Abstract


KKN sekarang sudah memiliki banyak jenis dan program yang bisa diikuti oleh mahasiswa, baik di tingkat lokal, nasional maupun internasional. Untuk mahasiswa di perguruan tinggi Muhammadiyah Aisyiah (PTMA) terdapat juga program KKN Mas dengan tingkat nasional dan juga KKN Internasional yang dikelola oleh Pimpinan Pusat Muhammadiyah bidang Majelis Diktilitbang. Kegiatan KKN Internasional tahun ini masih diselenggarakan di Malaysia melalui berbagai sanggar belajar (SB) dengan berbagai mitra yang sudah ditentukan. Kegiatan ini diawali dengan persiapan, analisis situasi dan pelaksanaan program. Hasil kegiatan ini yaitu pelaksanaan program kegiatan terdiri dari program akademik, keagamaan, kebudayaan dan kesehatan. Kegiatan ini memberikan manfaat untuk anak-anak Indonesia untuk menambah pengetahuan mereka tentang Indonesia seperti kebudayaan, suku-suku, kepulauan dan tentunya mengenal Muhammadiyah.


Keywords


KKN, Nasionalisme, Muhammadiyah.

Full Text:

PDF

References


Andita, L. R., Damayanti, C., & Suryo, H. (2016). Peran KJRI kota Kinabalu dalam meningkatkan akses pendidikan bagi anak-anak buruh migran Indonesia (TKI) di Sabah. Transformasi.

Awaluddin, M., & Hidayat, R. (2018). Kerusakan Lingkungan dalam Kegiatan Peningkatan Produktivitas Manusia Sebagai Tantangan Pemerintah Daerah. Public Inspiration: Jurnal Administrasi Publik.

Hidayat, R., & Suryono, A. (2014). IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENGGUNAAN DANA BOS DAN LAPORAN KEUANGAN BOS. REFORMASI.

Prasetyo, D. T., Tarma, & Putri, V. U. G. (2020). “AKU MASIH CINTA INDONESIA”: STUDI PENDIDIKAN KARAKTER NASIONALISME DALAM KELUARGA PADA ANAK-ANAK BURUH MIGRAN INDONESIA DI MALAYSIA. JKKP (Jurnal Kesejahteraan Keluarga Dan Pendidikan). https://doi.org/10.21009/jkkp.071.08

Saddam, S., Iskandar, I., Lestanata, Y., Sudarta, S., Hidayat, R., Rachman, M. T., Zitri, I., Ardyawin, I., Rifaid, R., Jafar, M. U. A., Iswanto, D., Sakban, A., Isnaini, I., Rahman, N., Setiawan, I., Ilham, I., Pratama, I. N., Hidayatullah, H., & Fariadin, A. (2022). Penguatan Nilai Al-Islam dan Kemuhammadiyahan Melalui Penerapan Baitul Arqam Bagi Pemuda Muhammadiyah. Abdimas Mandalika. https://doi.org/10.31764/am.v1i1.8033

Salmin, Palahuddin, Rahmad Hidayat, Amil, M. (2022). Penguatan Sistem Administrasi Skala Prioritas Pemerintah Desa. Jces.

Selva, S., Tri Yunarni, B. R., & Hidayat, R. (2016). PENGARUH DIMENSI-DIMENSI NILAI YANG DIPERSEPSIKAN, KEPUASAN, KETERLIBATAN, DAN KEPERCAYAAN MEREK PADA LOYALITAS MEREK. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v2i2.125

Suprapto, S. (2017). LAYANAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BAGI ANAK-ANAK BURUH MIGRAN INDONESIA DI KOTA KINABALU SABAH MALAYSIA. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan. https://doi.org/10.32729/edukasi.v15i3.306

Viviansari, D. B. (2019). Tanggung Jawab Negara terhadap Pemenuhan Hak atas Pendidikan Anak Buruh Migran Indonesia di Malaysia. Jurnal HAM. https://doi.org/10.30641/ham.2019.10.179-194




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20158

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Rahmad Hidayat

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: