Pembinaan Pelaporan Keuangan Sesuai Standar Akuntansi Keuangan

Zaki Baridwan

Abstract


Perkembangan bisnis kecil menengah tak terbendung khususnya di Jawa timur. namun demikian tata kelola keuangan dari bisnis ini kurang professional. Para pengelola bisnis ini tidak tahu bagaimana mencatat keuangan dari bisnis nya. Yang mereka tahu adalah berapa sisa uang saat ini yang ada. Fungsi pencatatan keuangan penting bagi pemilik bisnis. Dari pencatatan tat kelola keuangan bias diketahui kekakayaan sebenarnya, bisa diketahui kewajiban yang harus dibayar, bias diketahui laba yang dimiliki dalam bisnis. Fungsi lapaoran keuangan ini juga bisa dijadikan dasar untuk pertanggungjawaban kepada para stake holders. Karena itulah pengabdian pembinaan ini dilakukan bersama mitra praktisi. Pembinaan terkait dengan bagaimana penyusunan laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan yang berlaku. Dari pembinaan yang telah dilakukan, para pengelola bisnis ini baru memahami tahapan membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi keuangan relatif mudah dan sangat bermanfaat bagi pengambil keputusan.

Keywords


Laporan; Keuangan, UKM, Standar; Akuntansi

Full Text:

PDF

References


Astutie, Y.P. & Fanani, B. (2016). Small to Medium-Sized Enterprises and Their Financial Report Quality. IJEF: International Journal of Economics and Financial Issues, 6(4S). Diakses dari http://www.econjournals.com/index.php/ijefi/article/view/2713.

Gunawan, H., Sinaga, B. L., & WP, S. P. (2019). Assessment of the Readiness of Micro, Small and Medium Enterprises in Using E-Money Using the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT) Method. Procedia Computer Science, 161, 316–323.

Hall, James. A. (2011). Accounting Information Systems, 7th Edition, Cengage Learning South-Western Publishing Co, USA.

IAI. (2016). Standar Akuntansi Keuangan Entitas Mikro Kecil dan Menengah. Ikatan Akuntan Indonesia, Jakarta.

LPPI and Bank Indonesia. (2015). Profil Bisnis Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). [Title in English: Business Profile of MSMEs]” Jakarta.

Luckandi, Diardo. (2018). Analisis Transaksi Pembayaran Menggunakan Fintech pada UMKM di Indonesia: pendekatan adaptive Structuration Theory. Tesis. Program Magister Teknik Informatika, Pascasarjana Fakultas Teknologi Industri, Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Machmud, S., & Sidharta, I. (2013). Model Kajian Pendekatan Manajemen Strategik Dalam Peningkatan Sektor UMKM Di Kota Bandung (Model Study of Strategic Management Approach In SMEs Sector Improvement In Bandung). Jurnal Computech & Bisnis, 7(1), 56-66.

Rosita.(2013). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Penggunaan Sistem Informasi Akuntansi pada UKM (Studi Empiris pada UKM di Kabupaten Karanganyar). Graduasi Volume 29, ISSN 2088-6594.

Rudiantoro, R. & Siregar, S.V. (2012). Kualitas Laporan Keuangan UMKM Serta Prospek Implementasi SAK ETAP. JAKI: Jurnal Akuntansi dan Keuangan Indonesia. Diakses dari http://jaki.ui.ac.id/index.php/home/article/view/141.

Sudaryanto, R., & Wijayanti, R. (2014). Strategi Pemberdayaan UMKM Mengadapi Pasar Bebas ASEAN. kemenkeu.go.id/sites/ StrategiPemberdayaanUMKM

Whetyningtyas, A. (2016). Determinan Penggunaan Informasi Akuntansi pada Usaha Kecil Menengah (UKM). Media Ekonomi dan Manajemen, 31(2). Diakses dari https://media.neliti.com/media/publications/149955-ID-determinan-penggunaan-informasi-akuntans.pdf.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20244

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Zaki Baridwan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: