Pelatiahan Model Pembelajaran Berbasis TPACK Pada Guru PPKN SMP Se Kota Mataram

Edy Kurniawansyah, Ismail Ismail, Edy Harianto, Lalu Sumardi, Ahmad fauzan

Abstract


Kegiatan pengabdian pada masyarakat ini dilaksanakan berdasarkan kondisi perkembangan teknologi informasi yang semakin maju begitu pesatnya. Perubahan mendasar sedang terjadi dalam dunia pendidikan yang popular dengan istilah “fenomena disrupsi” dengan tanda-tanda sebagai berikut; (1) belajar tidak lagi terbatas pada paket-paket pengetahuan terstruktur namun belajar tanpa batas sesuai minat (continuum learning), (2) pola belajar menjadi lebih informal, (3) keterampilan belajar mandiri (self motivated learning) semakin berperan penting, dan (4) banyak cara untuk belajar dan banyak sumber yang bisa diakses seiring pertumbuhan MOOC secara besar-besaran. Dengan adanya perubahan yang terjadi dalam dunia pendidkan, banyak pilihan pendekatan pembelajaran yang ditawarkan untuk dapat menjawab tantangan tersebut, salah satunya adalah pendekatan pembelajaran berbasis TPACK. Pendekatan pembelajaran TPACK menjadi salah satu pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan peserta didik abad 21. Tujuan pengabdian ini adalah untuk meningkatkan kompetensi para guru di sekolah mitra tentang konsep pembelajaran berbasis TPACK, Selain itu, guru memiliki kompetensi merancang dan menerapkan pembelajaran berbasis TPACK sehingga dapat mencapai tujuan pembelajaran secaraa holistik hak siswa sesuai dengan karakteristik peserta didik abad 21 dapat terpenuhi sebagaimana mestinya. Solusi yang ditawarkan dalam pengabdian ini adalah melakukan serangkaian kegiatan pelatihan penerapan pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan pelatiahan ini akan diikuti oleh guru PPKn di SMP se Kota Mataram sebagai peserta. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa seluruh tahapan kegiatan berjalan dengan baik dan telah terjadi peningkatan pemahaman dan keterampilan peserta dalam penerapan pembelajaran berbasis TPACK. Kegiatan pelatihan ini diikuti oleh guru-guru PPKn di SMP se Kota Mataram. Hal ini dibuktikan dengan guru-guru PPKn Se kota Mataram sebagai peserta pelatihan sudah memiliki pengetahuan yang baik tentang pembelajaran berbasis TPACK. Perbandingan hasil pretest dengan posttest juga menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan. Kemudian guru-guru PPKn se kota Mataram sudah bisa membuat rancangan pembelajaran yang berbasis TPACK.


Keywords


Pelatihan, Pembelajaran berbasis TPACK, Guru PPKn

Full Text:

PDF

References


Awaludin, A. A. R. (2017). Akreditasi sekolah sebagai suatu upaya penjaminan mutu pendidikan di Indonesia. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1).

Mutaqin, I., & Zaki, M. (2018). Implementasi Manajemen Mutu Terpadu untuk Meningkatkan Kompetensi Lulusan Sekolah Menengah Atas. Dirasat: Jurnal Manajemen dan Pendidikan Islam, 4(2), 135-152.

Cara Mencari Akreditasi Perguruan Tinggi dan Akreditasi Program Studi. https://www.banpt.or.id/direktori/prodi/pencarian_prodi_php/, diakses 30 Juni 2020.

Dick, Walter, Lou Carey, dan James O Carey. (2005). The Sistematic Design of Instruction. Bostom: Pearson.

E. Fatmawati, “Penguatan Publikasi Ilmiah Dosen Melalui Kiprah Pustakawan Perguruan Tinggi,” Libr. J. Ilmu Perpust. Dan Inf., vol. 6, no. 2, pp. 63–78, 2017.

E. Mohammadi, M. Thelwall, and K. Kousha, “Can Mendeley bookmarks reflect readership? A survey of user motivations,” J. Assoc. Inf. Sci. Technol., vol. 8, no. 2, pp. 66–74, 2016, doi: 10.1002/asi.23477

Fadhli, M. (2020). Sistem Penjaminan Mutu Internal Dan Ekstenal Pada Lembaga Pendidikan Tinggi. AL-TANZIM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 4(2), 53- 65.

Iftakhar, S. (2016). Google Classroom: What Works And How? Journal of Education and Social Sciences, 3, 12-18.

Kristiawan, M., Yuniarsih, Y., Fitria, H., & Refika, N. (2019). Supervisi pendidikan. Bandung: Alfabeta.

N. R. Dewi, “KESULITAN MAHASISWA SEMESTER AKHIR DALAM MENYUSUN SKRIPSI,” J. Pendidik. dan Pembelajaran Khatulistiwa, vol. 12, no. 2, pp. 112–134, 2018.

Mina Syanti Lubis, Anni Rahimah, and Ilham Sahdi Lubis, “Kesalahan-Kesalahan yang Dilakukan oleh Mahasiswa Semester Akhir Program Studi Bahasa Indonesia di Institut Pendidikan Tapanuli Selatan dalam Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI),” Talent. Conf. Ser. Local Wisdom, Soc. Arts, vol. 2, no. 2, 2019, doi: 10.32734/lwsa.v2i2.717.

Peraturan Pemerintah No 13 Tahun 2015 tentang Perubahan Kedua Atas Peraturan

Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan (Lembaran Negara Tahun 2015 Nomor 45, Tambahan Lembaran Negara Republik Indonesia Nomor 5670).

Permendikbud Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) Nomor 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Peraturan Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi Nomor 1 Tahun 2020 tentang Mekanisme Akreditasi Perguruan Tinggi dan Program Studi.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v3i3.20559

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 Edy Kurniawansyah, Ismail Ismail, Edy Harianto, Lalu Sumardi, Ahmad fauzan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: