Pengembangan Diri Sebagai Sarana Mempersiapkan Masa Depan Siswa SMTK Pniel Noemuke

Melly Putriyani Dethan, Lodia Amelia Banik, Soleman Baun

Abstract


Sekolah Menengah Teologi Kristen Pniel Noemuke (SMTK) merupakan salah satu lembaga pendidikan tingkat SMTK yang berada di Noemuke, Nusa Tenggara Timur, Kecamatan Amanuban Selatan, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS). Jarak antara sekolah dengan tempat tinggal siswa cukup jauh dan kondisi jalan yang buruk sehingga biaya transportasi cukup tinggi. Hal ini sendiri menjadi tantangan bagi guru dan siswa, kecuali siswa SMTK Pniel Noemuke Kelas XI yang sedang bersiap memasuki kelas. Tentu saja ini bukan situasi yang mudah. Siswa mempersiapkan studinya sambil berjuang menemukan jati dirinya di tengah gejolak masa remaja. Sejalan dengan hal tersebut, Kurikulum Kepemimpinan Kristen IAKN Kupang menyelenggarakan kegiatan berupa workshop pengembangan diri untuk mempersiapkan mahasiswa menghadapi masa depan. Penjangkauan masyarakat melalui lokakarya dan diskusi kelompok terfokus (FGD) ini bertujuan untuk memberikan wawasan pemahaman diri yang sehat dan mengajarkan siswa untuk mengembangkan keterampilan untuk merencanakan masa depan yang lebih cerah. Hasil dari layanan yang diberikan menunjukkan bahwa para mahasiswa merasa puas dan merasakan manfaat dari kegiatan PKM yang bertujuan untuk pengembangan diri guna mempersiapkan masa depan.

 

Pniel Noemuke Christian Theological High School (SMTK) is one of the SMTK level educational institutions located in Noemuke, East Nusa Tenggara, South Amanuban District, South Central Timor Regency (TTS). The distance between the school and where students live is quite far and the road conditions are poor so transportation costs are quite high. This in itself is a challenge for teachers and students, except for SMTK Pniel Noemuke Class 11 students who are preparing to enter class. Of course this is not an easy situation. Students prepare for their studies while struggling to find their identity amidst the turmoil of adolescence. In line with this, the IAKN Kupang Christian Leadership Curriculum organizes activities in the form of self-development workshops to prepare students to face the future. This community outreach through workshops and focus group discussions (FGD) aims to provide insight into healthy self-understanding and teach students to develop skills to plan a brighter future. The results of the services provided show that students feel satisfied and feel the benefits of PKM activities which aim at self-development to prepare for the future.


 

 


Keywords


Pengembangan Diri, Masa Depan, Siswa/Self Development, Future, Students

Full Text:

PDF

References


Amaliyah, A., & Rahmat, A. (2021). Pengembangan Potensi Diri Peserta Didik Melalui Proses Pendidikan. Journal of Elementary Education, 5(1), 28–45.

Aminnurrohim, A. W., Saraswati, S., Kurniawan, K., & Artikel, I. (2014). Survei Faktor-Faktor Penghambat Perencanaan Karir Siswa. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(2), 57–63.

Aminullah, M., & Ali, M. (2020). PERKEMBANGAN TEKNOLOGI KOMUNIKASI ERA 4 . 0. KOMUNIKE, XII(1 Juni), 1–23.

Aryanto, S., Markum, Pratiwi, V., & Husadha, C. (2019). Ecobrick sebagai Sarana Pengembangan Diri Berbasis Ecopreneurship di Sekolah Dasar. DWIJA CENDEKIA Jurnal Riset Pedagogik, 3(1), 93–101.

Atmaja, T. T. (2014). Upaya Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Melalui Bimbingan Karir dengan Penggunaan Media Modul. PSIKOPEDADOGIA, 3(2), 58–68.

Budiman, S., Yelicia, & Siswanto, K. (2021). Model Kepemimpinan Yesus Dalam Injil Yohanes Sebagai Teladan Bagi Kepemimpinan Kristen di Gereja Lokal. Kinaa, 2(1), 28–42.

Damayanti, D., Widyowati, A., Psikologi, F., & Ahmad, U. (2018). PENINGKATAN CAREER DECISON MAKING SELF EFFICACY ( CDMSE ) MELALUI PELATIHAN PERENCANAAN. Humanitas, 15(1), 35–45.

Darman, R. A. (2017). MEMPERSIAPKAN GENERASI EMAS INDONESIA TAHUN 2045 MELALUI PENDIDIKAN BERKUALITAS. Jurnal Edik Informatika, 2.

Fikriyani, D. N., & Herdi. (2021). PERENCANAAN PROGRAM BIMBINGAN KARIR DALAM Negeri Jakarta , Indonesia. JURNAL EDUKASI Jurnal Bimbingan Konseling, 1–14.

Hasibuan, M. (2018). PENGEMBANGAN DIRI MENJADI AGEN PEMBELAJAR SEJATI ( Urgensi Dalam Pengembangan Diri Menjadi Agen Pembelajar Sejati ). Analytica Islamica, Vol. 3 No.

Lina, L. F., Putri, A. D., & Anggarini, D. R. (2021). Maksimalisasi Media Sosial untuk Meningkatkan Pendapatan dan Pengembangan Diri Generasi Z di MAN 1 Pesawaran. Journal of Technologyand Social for Community Service(JTSCS), 2(2), 37–42.

Listiyandini, R. A., & Kumalasari, D. (2021). Pengembangan Pengenalan Diri dan Karakter bagi Remaja melalui Program SADARI ( Sadar dan Kenali Diri ). E-DIMAS, 12(4), 634–639.

Mahaardhika, I. M., Agus, P., & Semara, G. (2022). PENGEMBANGAN POTENSI DIRI DAN PERENCANAAN KARIR SISWA SMK PGRI 3 DENPASAR MELALUI BIMBINGAN KARIR. Jurnal PKM Widya Mahadi, 3(Desember), 187–194. https://doi.org/10.5281/zenodo.7447620

Meria, A. (2018). Ekstrakurikuler dalam mengembangkan diri peserta didik di lembaga pendidikan. Turast: Jurnal Penelitian & Pengabdian, Vol 6 No 2.

Nurwati, R. N., & Listari, Z. P. (2021). KONDISI STATUS SOSIAL EKONOMI KELUARGA TERHADAP PEMENUHAN KEBUTUHAN PENDIDIKAN ANAK. Share Social Work Journal, 0042, 74–80. https://doi.org/10.24198/share.v11i1.33642

Tingkat, I. N. (2020). OPTIMALISASI PENGEMBANGAN DIRI UNTUK MENDONGKRAK PRESTASI ( VOKASIONAL ) SEKOLAH. Indonesian Journal of Educational Development, 1, 1–12. https://doi.org/10.5281/zenodo.3760422




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i1.21973

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Melly Putriyani Dethan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: