Upaya Meningkatkan Partisipasi Umat Dalam Perayaan Ekaristi Di Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa Melalui Pendekatan Pastoral Konseling

Maximus Manu, Yohanes De Brito Nanto, Emanuel Natalio Un Mau

Abstract


Perayaan Ekaristi merupakan inti hidup setiap umat beriman. Sakramen Ekaristi dimaknai sebagai sumber dan puncak seluruh hidup Kristiani. Ekaristi dikatakan sumber dan puncak seluruh hidup Kristiani karena kurban Yesus adalah puncak sejarah keselamatan. Ekaristi menjadi sebuah kewajiban bagi umat Katolik. Menurut Konsili Vatikan II, umat Katolik mempunyai kewajiban untuk merayakan Ekaristi pada hari Minggu. Untuk itu, Perayaan Ekaristi pada hari Minggu wajib dirayakan di setiap Paroki dan Stasi yang ada dalam suatu wilayah tersebut. Akan tetapi, ada sejumlah umat yang kurang aktif berpartisipasi dalam perayaan Ekaristi. Untuk mengetahui alasan rendahnya partisipasi umat, dosen dan mahasiswa IFTK Ledalero mengadakan PKM di Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa, Palue. Pertanyaan utama dalam penelitian ini adalah; bagaimana partisipasi umat Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa dalam perayaan Ekaristi? Bagaimana peran pastoral konseling dalam meningkatkan partisipasi umat? Untuk menjawab pertanyaan ini, dosen dan mahasiswa membuat penelitian dengan menggunakan metode wawancara mendalam dengan masyarakat. Tujuan PKM ini adalah mengetahuai tingkat partisipasi umat dalam perayaan Ekaristi dan memberikan edukasi tentang pentingnya Perayaan Ekaristi bagi umat. Hasil PKM menunjukkan perubahan pandangan umat tentang perayaan Ekaristi. Melalui pendekatan pastoral konseling, umat mulai sadar akan pentingnya ekaristi dalam kehidupan sebagai orang kristiani.


Keywords


Partisipasi, Gereja, pastoral konseling, perayaan Ekaristi.

Full Text:

PDF

References


Banawiratma, JB. 1986. Gereja Dan Masyarakat. Jakarta: Kanisius.

Barus, Rinaldo. 2022. ‘Peran Umat Dalam Perayaan Sabda Di Stasi Santo Yohanes XXIII Sukadame Paroki St. Perawan Maria Kabanjahe’. Jurnal Pendidikan Agama dan Teologi 2 (12): 394–97.

Benner, David G. 1992. Strategic Pastoral Counseling: A Short-Term Model. Grand Rapids: Baker Book House.

Hardawirayana, R. 2009. Dokumen Konsili Vatikan II. Jakarta: Obor.

Heuken, A. 1991. ‘Ensiklopedia Gereja I’. Gereja.

J.D.Crichton. 1987. Perayaan Ekaristi. Yogyakarta: Kanisius.

Kewa, Margaretha Maria. 2022. ‘Dampak Perayaan Ekaristi Terhadap Keterlibatan Umat Paroki Pohon Bao Dalam Panca Tugas Gereja’. JAPB: Jurnal Agama, Pendidikan dan Budaya, 3 (1) 2022.

Kirchberger, George. 2007. Allah Menggugat. Maumere: Ledalero.

Luna, Aleksius. 2023. Profil Paroki Ave Maria Bintang Laut Uwa. Palue.

Manu, Maximus. 2023. Mendekap Yang Terhempas (Masalah-Masalah Sosial Dan Strategi Pastoral Konseling). Maumere: Ledalero.

Martasudjita, Emanuel. 2000. Mencintai Ekaristi. Yogyakarta: Ledalero.

———. 2012. Ekaristi. Maumere: Ledalero.

Monteiro, Yohanes Hans. 2023. Teologi Dan Liturgi Sakramen. Maumere.

Prasetya, L. 2011. Ekaristi Sumber Dan Puncak Hidup Kristiani. Malang: Dioma.

Supriyadi, Wakit Mustaka & Agustinus. 2021. ‘Dampak Perayaan Ekaristi Kampus Bagi Perkembangan Iman Mahasiswa STKIP Widya Yuwana’. Jurnal Pendidikan Agama Katolik 21 (1) Apr.

Usboko, A., & Krismiyanto, A. 2020. ‘Meningkatkan Partisipasi Umat Dalam Mengikuti Perayaan Ekaristi Pada Hari Minggu Dalam Suasana Pandemi Covid-19’. Media; Jurnal Filsafat dan Teologi 1 (1) 2020.

Wijayatsih, Henry. 2011. ‘Pendampingan Dan Konseling Pastoral’. Gema Teologi: Jurnal Teologi Kontekstual 35 (1) 201.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i1.22078

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Maximus

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: