Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Guru SMP Negeri 1 Sarudik Kabupaten Tapanuli Tengah

Rosmita Ambarita, Rifka Hadia Lubis, Heriyawan Hutagalung, Kaharuddin Kaharuddin

Abstract


Tujuan pengabdian ini adalah mendeskripsikan kemampuan guru memulis karya tulis ilmiah dengan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dan cara menulis artikel ilmiah sebagai luaran dari PTK itu sendiri. Pendekatan yang dilakukan pada kegiatan pengabdian ini berupa workshop penulisan Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan di SMP Negeri 1 Sarudik. Pengabdian ini tentunya bertujuan untuk membangun hubungan antara SMP N 1 Sarudik dengan STIE Al-washliyah Sibolga Tapanuli Tengah sebagai mitra pengabdian masyarakat. Program ini diharapkan dapat berjalan dengan baik untuk menmbah wawasan guru dalam penulisan karya tulis ilmiah. Hasil dari kegiatan pelatihan ini adalah publikasi karya ilmiah pada prosiding dan jurnal nasional dan jurnal terakreditasi nasional. Metode pelaksanaan penulisan PTK ini menggunakan metode blended learning, yaitu memadukan dua metode secara tatap muka dan online melalui group whatssapp. Hasil dari kegiatan pelatihan ini menunjukkan bahwa kemampuan guru-guru SMP Negeri 1 Sarudik meningkat secara kualitatif dan kuantitatif dibuktikan dengan karya tulis ilmiah telah banyak terpublish di jurnal maupun prosiding.


Full Text:

PDF

References


Azizah, A. (2021). Pentingnya penelitian tindakan kelas bagi guru dalam pembelajaran.

Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(1),15-22. https://doi.org/10.36835/au.v3i1.475.

Hapsari, Yulia. Widya Caterine Perdhani, Didik Hartono. (2021). Pelatihan dan Pendampingan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru SMP. Jurnal Gramaswara,vol 1, no 2, pp 1-16. http://doi.10.21776/ub.gramaswara.2021.001.02.01.

Heriyawati, D. F. & Sulistyo, T. (2016). Pelatihan Pembuatan Media Pembelajaran Bahasa Pada Guru-guru SD dan TK Kecamatan Sukun Malang. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat (JPM), vol.1 no.1. November 2016.

Heriyawati, D., F. (2020). Pelatihan Penulisan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) pada Guru Sekolah Dasar di Kecamatan Sukun Kota Malang. Amalee: Indonesian Journal of Community Research and Engagement, Vol. 1 No. 2, pp 101-111.

Luji, D. S., Tari, E., Syahputra, A. W., & Taneo, J. (2022). Pendampingan Penulisan Artikel Penelitian Tindakan Kelas di Sabu Raijua. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(5), 1155-1159. https://doi.org/10.31849/dinamisia.v6i5.10403.

Nurgiansah, T. H., Pratama, F. F., & Nurchotimah, A. S. I. (2021). Penelitian tindakan kelas dalam pendidikan kewarganegaraan. Jurnal Pendidikan PKN (Pancasila dan Kewarganegaraan), 2(1), 10-23. https://doi.org/10.26418/jppkn.v2i1.41752.

Nuryanta, N. (2015). Lesson Study Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Dan Profesionalitas Pembelajaran. Millah: Jurnal Studi Agama, 14(1), 291-318.

Santoso, E., Kania, N., Nurhikmayati, I., Jatisunda, M. G., & Suciawati, V. (2021). Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas sebagai Bentuk Pengembangan Profesionalisme Guru. BERNAS: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(2), 504-509.

Sari, N., Haifaturrahmah, H., & Mariyati, Y. (2020). Pengembangan Profesionalisme Guru Melalui Kegiatan Workshop Penulisan Karya Tulis Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(6), 1273-1282.

Sulaiman Syah, M.N. (2016) Classroom Action Research as Professional Development of Teachers in Indonesia. Jurnal Tarbawi, vo.13 no.1 pp.1-16

Zetriuslita, Z., Sthephani, A., & Febliza, A. (2023). Workshop Penelitian Tindakan Kelas Untuk Meningkatkan Jenjang Karir Bagi Guru Smpn 5 Pelalawan. Community Development Journal: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(1), 58-61. https://doi.org/10.31004/cdj.v4i2.9584.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v4i1.22343

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 Rosmita

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: