Pelatihan Yoga Sebagai Rekreasi Untuk Anak Yatim Piatu Di Panti Asuhan Al Jannah Desa Bekonang Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo

Sawitri Sawitri, Pujiyana Pujiyana

Abstract


Yoga termasuk baru Indonesia walaupun di dunia termasuk olahraga yang sudah sangat lampau. Yoga salah satu cara  rekreasi kegiatan yang membuat hati menjadi tenang, terhibur dan nyaman. Tujuan Pengabdian  mengambil yoga untuk panti asuhan dikarenakan anak panti tidak lagi memiliki bapak dan ibu. Tidak adanya orang tua sering membuat pikiran anak panti strees. Permasalahan anak panti yang demikian membuat para penghuni asrama perempuan terkadang memiliki tingkat rasa sedih, tidak nyaman yang tinggi. Pemilihan  penghuni panti asuhan yang perempuan diambil karena perempuan cenderung memiliki perasaan yang lebih sensitif. Hal ini yang membuat pengabdi ingin mengadakan pengabdian dengan yoga di panti asuhan Al Jannah , Bekonang, Kecamatan Mojolaban, Kabupaten Sukoharjo. Metode yang digunakan diawali dengan observasi dan sosialisasi di tempat kegiatan pengabdian, pengabdi melakukan pre test , materi dilakukan dengan Tahap I  konsep beryoga, Tahap II jenis yoga dan macam serta bentuk yoga, Tahap III Mempratekkan gerakan yoga dengan pemanasan, inti yoga dan pendinginan yoga, Tahap IV pengevaluasian dengan post test. Hasil pengabdian yang didapat dari pelatihan yoga untuk  anak panti mendapatkan keterampilan dan dapat digunakan untuk sarana meditasi dan beryoga mendapatkan ketentraman jiwa,hilangnya tekanan batin dari tekanan hidup karena tidak memiliki orang tua, mengurangi rasa minder, menambah rasa percaya diri. Anak panti lebih optimis menatap masa depan, fokus dalam berfikir. Pelatihan yang dihasilkan dari tes awal hanya 15 % persen yang mengetahui manfaat dan gerakan yoga setelah diadakan pelatihan hampir 85 % sudah paham dan mampu gerakan yoga, dan diakhir pelatihan sekitar 15 % yang tidak mapu bergerak secara maksimal akan tetapi dapat dilatih dengan teman sejawat dan mandiri. Pelatihan yoga pada akhirnya dapat memberikan pikiran yang positif, energi yang positif setelah itu yoga dapat untuk rekreasi mental apalagi di masa pandemi.


Keywords


Pelatihan,rekreasi,ketenangan,anak asuh

Full Text:

PDF

References


Anand Krisna, 2017 .Yoga bagi Patanjali Bagi orang Moders, Filsafat yoga dan Headline. Female Headline Health

Pujiastuti , 2014.Panduan beryoga menuju hidup sehat. Qanita: Jakarta

Sandra Shanty, 2004. Yoga Amazing ( Sehat, Cantik, Awet Muda ). Bhafana

Sawitri, 2021. Philosophy of Yogaas Education in The Perspective of Javanese Community Life . Jurnal Ideas ( Pendidikan, Sosial, dan Budaya ). Volue 7. Nomor 02, Mei 2021 Hal 25.

Widya Murthi, 2017 . Belajar Praktek Senam Yoga .Tokopedia. Jakarta Timur

Andrey Lappa, 2018 . Universal Yoga. https://wwwtokopedia.co/hobidanclahra




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5464

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sawitri Sawitri, Pujiyana Pujiyana

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: