Tips Cepat Membaca Operasi Hitung Dan Berbagai Macam Angka Dalam Bahasa Inggris

Rini Afriani, Dwi Megista, Asma Alhusna

Abstract


Pembelajaran tentang angka perlu diberikan sejak awal kepada peserta didik. Ini adalah salah satu materi yang paling dekat dengan kehidupan sehari-hari. Materi tentang angka juga menjadi pelajaran yang menyenangkan sehingga dapat memotivasi peserta didik untuk terus meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrisnya. Melalui Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat ini dosen dapat memberikan manfaat kepada masyarakat sesuai bidang keilmuannya. Tujuan kegiatan ini adalah sebagai sarana sosialisasi dan edukasi bagi peserta didik Panti Asuhan Al Falah Padang agar mengetahui cara cepat membaca operasi hitung dan angka dalam Bahasa Inggris. Berkaitan dengan kegiatan ini, tim pengabdian kepada masyarakat yang bermitrakan peserta didik di panti asuhan Al Falah Padang sebagai sasaran kegiatan pengabdian, melaksanakan kegiatan dengan tema sosialisasi cara cepat memahami operasi hitung dan berbagai macam angka dalam bahasa Inggris. Setiap peserta didik mengikuti kegiatan sosialisasi sebagai salah satu program pengabdian kepada masyarakat. Kegiatan ini memberikan manfaat bagi peserta didik untuk mengetahui tips dan trik cepat membaca operasi hitung dan angka dalam bahasa Inggris. Hasil dari kegiatan ini, peserta didik mengenal jenis angka dalam bahasa Inggris, mengetahui perbedaan fungsi dan pengucapannya, dan mendapatkan pengalaman untuk mata pelajaran bahasa Inggris di jenjang selanjutnya. Hal ini tentu berkaitan dengan penyampaian materi yang dilaksanakan oleh Tim PKM. Dengan adanya kegiatan pembekalan tentang berbagai macam angka kepada peserta didik, diharapkan peserta didik dapat dengan mudah membaca dan mengenali jenis angka baik bentuk cardinal maupun ordinal dalam Bahasa Inggris.


Keywords


Operasi Hitung dan Angka, Bahasa Inggris, Peserta didik di Panti Asuhan.

Full Text:

PDF

References


Andhani, N., & L, E. N. (2019). Peningkatan Pemahaman Konsep Operasi Hitung Pengurangan Bilangan Bulat melalui Alat Peraga Papan Garis Bilangan. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 6(1), 1–8.

Ervin Oktavianingtyas. (2015). Media Untuk Mengefektifkan Pembelajaran Operasi Hitung Dasar Matematika Siswa Jenjang Pendidikan Dasar. Pancaran, 4(4), 207–218.

Fariha, M. (2019). Analisis Kesalahan Operasi Dasar Bilangan Bulat Peserta Diklat Teknis Substantif Guru Matematika Mi Di Bdk Aceh Tahun 2018. Al Khawarizmi: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika, 3(1), 21. https://doi.org/10.22373/jppm.v3i1.5140

Karlimah, K., Nur, L., & Oktaviyani, H. (2019). Pemahaman konsep operasi hitung penjumlahan bilangan cacah siswa sekolah dasar. Premiere Educandum : Jurnal Pendidikan Dasar Dan Pembelajaran, 9(2), 123. https://doi.org/10.25273/pe.v9i2.4887

Laiya, S. W. (2016). Meningkatkan kemampuan membilang angka melalui media jam pintar pada anak kelompok b tk negeri pembina kec. kota Selatan Kota Gorontalo. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 88–99.

Maili, S. N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Unsika, 6(1), 23–28.

Purwanti, R. (2020). Pembelajaran Bahasa Inggris Untuk Anak Usia Dini Melalui Metode Gerak dan Lagu. 5(2), 91–105.

Sule, S. La, Wondal, R., Mahmuud, N., & Khairun, U. (2018). Pemanfaatan media pohon angka untuk mengenal. Jurnal Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, 2407–1064.

Ulya, N., & Hasanah, N. I. (2020). Strategi pengenalan bahasa inggris pada anak usia dini di tk santa maria banjarmasin. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 05(02), 57–68. https://doi.org/10.24903/jw.v5i2.

Wahyuningsih, S. (2019). Kreasi Lagu Anak ( Nursery Rhymes ) Sebagai Media Untuk Mengenalkan Bahasa Inggris. Thufula, 7(2), 189–206.




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i2.5468

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Rini Afriani, Dwi Megista, Asma Alhusna

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: