Pengenalan Pencatatan Akuntansi Kepada Pedagang Kecil Sebagai Pengetahuan Dalam Mengembangkan Usaha
Abstract
Pedagang kecil merupakan salah satu sektor informal yang lahir dari usaha individu di masyarakat dengan tujuan menciptakan pekerjaan untuk diri sendiri sekaligus untuk menambah pendapatan atau penghasilan keluarga dengan berjualan sayur, ikan, kerupuk, buah-buahan, makanan dan minuman di pasar, dipinggir jalan dan di area perumahan, yang memiliki permasalahan selalu kekurangan modal serta hutang yang selalu bertambah penghasilan minim, atas dasar tersebut kegiatan PKM ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberi pengetahuan tentang akuntansi dan pencatatan akuntansi pada pedagang kecil agar mampu mengembangkan usahanya. Metode pelaksanaan di laksanakan dengan empat tahapan yaitu, tahap 1. Observasi dan analisis situasi, 2. Diskusi dengan staf kelurahan kepala lingkungan dan perwakilan pedagang kecil tentang permasalahan mendesak yang akan dijadikan tema PKM, 3. Penentuan jadwal pelaksanaan dan pembagian tugas tim PKM, 4. Tahap pelaksanaan yang di laksanakan dengan 4 sesi yaitu, 1. Metode ceramah dan presentasi materi, 2. Sesi tanya jawab, 3. Sesi pendampingan pembuatan pencatatan akuntansi, 4. Bincang santai untuk membangun kekeluargaan dengan peserta. Hasil dari kegiatan PKM ini memberikan pegetahuan baru tentang akuntansi dan pencatatan pada peserta dimana peserta antusias mengikuti kegiatan dan mau melakukan pencatatan akuntansi dalam kegiatan usahanya yang selama ini tidak pernah di lakukan, bukan karena tidak mau tetapi memang tidak paham tentang akuntansi dan tidak mengetahui bahwa pencatatan akuntansi penting dalam mengembangkan usaha mereka.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Harahap, S. S. (2005). Teori Akuntansi, PT. Raja Grafindo Persada, Jakarta.
Haristiana, H. (2005). "Pengaruh kredit bagi hasil BTM Surya Mentari terhadap peningkatan pendapatan pedagang kecil di Desa Karanganyar Kabupaten Pekalongan". Universitas Negeri Semarang.
Ismail. (2010). Akuntansi Bank. Kencana Prenadamedia Group. Jakarta.
Komara, B. D., & Prasetya, A. (2019). Konstruksi Sosial pada Pedagang Tradisional dalam Menghadapi Era Kompetisi Perdagangan Bebas. Jurnal Riset Entrepreneurship, 2(1), 1–8.
Kusuma, P. O., & Darma, G. S. (2020). Mobile payment transaction on MSMEs. International Research Journal of Management, IT and Social Sciences, 7(3), 104–109.
Medium. (2020). Pentingnya Pencatatan Keuangan UMKM. https://butuhakuntan.com/pentingnya-pencatatan-keuangan-umkm/ (diakses tanggal 1 Juni 2021)
Priharto, Sugi. (2019). Pengertian Akuntansi Secara Lengkap dan Mendalam. https://cpssoft.com/blog/akuntansi/pengertian-akuntansi-lengkap/ (diakses tanggal 1 Juni 2021)
Sumarsan, T. (2017). Perpajakan Indonesia Pedoman lengkap Berdasarkan Undang-undang Terbaru. Edisi 5. Jakarta: Permata Media Puri.
DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i3.6088
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Halpiah Halpiah, Hery Astika Putra, Baiq Rizka Milania Ulfah, Laili Hurriati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
This publication is indexed by: