PENGUATAN BUDAYA BACA UNTUK MENINGKATKAN KUALITIS DIRI DAN BANGSA

Sayni Nasrah, Ririn Rahayu, Dahrum Dahrum

Abstract


Rendahnya minat baca pada generasi muda merupan salah satu fenomena yang harus di ubah dengan cara membentuk kebiasaan membaca mulai sejak dini. Mulai dari PAUD, TK, SMP, SMA dan Mahasiswa. Agar memiliki wawasan yang luas. Seperti ungkapan yang sering didengar yaitu membaca merupakan jendela dunia. Seiring dengan perkembangan teknologi dimana orang lebih suka menonton dari pada membaca. Oleh karena itu harus dipadukan dengan cara yang menarik dan asik.  Mitra dalam pengabdian pemberdayaan masyarakat ini adalah Desa Hagu Barat Laut. Permasalahan yang dihadapi mitra saat ini adalah: 1) Masih rendahnya minat baca; 2) Masih rendahnya manajemen pengaturan rumah baca untuk membentuk budaya baca; dan 3) Masih rendahnya tingkat pengetahuan, dukungan orang tua untuk memotivasi anak-anak dalam membentuk budaya baca. Kegiatan ini bertujuan untuk membentuk rumah baca dan tercipta buadaya baca/ cinta literasi. Untuk mengatasi permasalahan mitra tersebut, solusi yang ditawarkan adalah: 1) ) adanya rumah baca Unimal Hebat 2) Memberikan pelatiahan manajemen literasi kepada pengurus rumah baca. 3) adanya program membaca cerdas untuk anak-anak sekolah. 4) adanya program ibu cerdas cinta literasi 5) adanya pemilihan pembaca terbaik. Adapun hasilnya adalah: ) terbentunya rumah baca Unimal Hebat 2) terlaksanya pelatiahan manajemen literasi kepada pengurus rumah baca. 3) terlaksananya program membaca cerdas untuk anak-anak sekolah. 4) Terlaksananya program ibu cerdas cinta literasi. 5) terlaksananya pemilihan pembaca terbaik.


Keywords


Rumah Literasi Unimal Hebat, Hagu Barat Laut.

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2016. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Boutot, E Amanda dan Tincani Matt. 2006. Autism Encyclopedia. Texas: PRO-ED.

Nasrah, Sayni dan Cut Mala sari. 2021. Manajemen Literasi. Banten: CV.AA Rizky

Nasrah, Sayni dan Siraj. 2021. Pelatihan dan Pendampingan Pengembangan Modul Sains Berbentuk Pop-Up Book Berbasis Potensi Lokal bagi Guru SD Negeri 3 Percontohan Peusangan. Jurnal Vokasi. 5 (1):69-73.

Milfayetty, Sri., et. al. 2017. Model Creative Art dalam Bermain Clay untuk Meningkatkan Perkembangan Motorik Halus dan Kemandirian Anak. Proceedings International Psychology, Education Counseling & Social Work Conference. Medan, Indonesia.

Sunardi dan Sunaryo. 2007. Intervensi Anak Berkebutuhan Khusus. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono, 2016, Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Syarkani dan Siraj. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Budaya pada Mahasiswa FKIP Fisika Universitas Al Muslim. Variasi. 10 (5): 15-20




DOI: https://doi.org/10.31764/transformasi.v1i3.6539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Sayni Nasrah, Ririn Rahayu, Dahrum Dahrum

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

This publication is indexed by: