Analisis Etika Bisnis Online Melalui Perspektif Penjual, Pembeli, Dan Penyedia Layanan Online Marketplace Di Indonesia

erwin asida, Mala Vinuzia, Muhammad Yusril

Abstract


Perkembangan teknologi yang kian pesat telah memberi perubahan yang signifikan dalam setiap aspek kehidupan. Perubahan tersebut turut berdampak pula dalam bisnis ritel. Pola industri ritel konvensional mulai bergerak ke arah industri ritel digital sebagai jawaban akan tuntutan perubahan pola pengalaman konsumen dalam berbelanja (Chen, 2016).

Adopsi konsep digital dalam industri ritel telah menjadi tren di Indonesia. McKinsey melalui Setyowati (2018) memproyeksikan nilai pasar e-commerce Indonesia akan mencapai US$ 65 miliar atau sekitar Rp 910 triliun pada tahun 2022. Angka itu naik delapan kali lipat dibanding tahun lalu yang nilainya US$ 8 miliar atau Rp 112 triliun. Berbagai macam industri ritel mulai dari perorangan sampai dengan korporasi besar sudah mulai banyak yang menjajaki konsep ini. Penerapan konsep digital berarti penurunan aktivitas tatap muka langsung antara ritel dengan konsumen. Sementara itu, setiap industri ritel dituntut untuk mengedepankan etika dalam berbisnis demi meningkatkan kepercayaan konsumen. Identifikasi dan kontrol etika bisnis mudah dilakukan oleh pelaku industri dan konsumen ketika tatap muka langsung terjadi. Oleh karena itu, perlu dicari tahu lebih lanjut mengenai isu-isu mengenai pelanggaran etika bisnis yang terjadi selama terjadinya praktik bisnis online di Indonesia.

Keywords


Pelanggaran etika bisnis, model dan market place.

Full Text:

PDF

References


Andreas D. 2018. Metode Fraud yang Digunakan dalam Kasus Flash Sale Tokopedia [Internet]. [Diacu 2018 November 12]. Tersedia dari https://tirto.id/metode-fraud-yang-digunakan-dalam-kasus-flash-sale-tokopedia-cVpY.

Bertens K. 2000. Pengantar Etika Bisnis (Edisi Keenam). Yogyakarta (ID): Kanisius.

Chen E. 2016. The future of e-commerce: The road ahead for online and offline retail [Internet]. [Diacu 2018 November 12]. Tersedia dari https://www.tagtoo.com.tw/post/39/The-future-of-e-commerce-The-road-ahead-for-online-and-offline-retail.

Jain, AS. 2018. Top 10 Benefits of Online Shopping (and 10 Disadvantages) [Internet]. [Diacu 2018 November 14]. Tersedia dari https://toughnickel.com/frugal-living/Online-shopping-sites-benefits.

Keraf AS. 1998. Etika Bisnis (Tuntunan dan Relevansinya). Yogyakarta (ID): Kanisius.

Layong M. 2018. Oknum Mahasiswa Asal Sidrap Terlibat Kasus Penipuan Bisnis Online [Internet]. [Diacu 2018 November 12]. Tersedia dari https://makassar.sindonews.com/read/13122/1/oknum-mahasiswa-asal-sidrap-terlibat-kasus-penipuan-bisnis-online-1535544534.

Maulidiya P. 2017. Modus Baru Penipuan, Anda yang Baru Memulai Bisnis Online Shop Wajib Membaca Ini! [Internet]. [Diacu 2018 November 12]. Tersedia dari http://surabaya.tribunnews.com/2017/11/07/modus-baru-13




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v3i2.11931

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: