Dampak Citra Merek dan Kualitas Produk dalam Meningkatkan Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen pada Pengguna Produk PT. Unilever Indonesia

Febri Damayanti, Murry Harmawan Saputra, Fitri Rahmawati

Abstract


Persaingan di industri Fast Moving Consumer Goods (FMCG) semakin ketat dan kompetitif. Hal ini menyebabkan perusahaan harus dapat bersaing dengan perusahaan lainnya agar perusahaan tersebut dapat bertahan dan terus eksis. Produsen dituntut tidak hanya menciptakan produk tetapi harus memahami keinginan dan kebutuhan konsumen. Oleh karena itu, perusahaan harus memperhatikan perilaku konsumen. Citra merek dan kualitas produk merupakan hal yang harus diperhatikan agar dapat meningkatkan kepercayaan konsumen sehingga berdampak pada keputusan pembelian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh citra merek dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian melalui kepercayaan konsumen. Sampel pada penelitian ini adalah 150 pengguna produk PT. Unilever Indonesia. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan hierarchical regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan konsumen. Kemudian kepercayaan konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian. Selain itu, citra merek dan kualitas produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian yang dimediasi oleh kepercayaan konsumen, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).

Kata kunci: Citra Merek, Kualitas Produk, Keputusan Pembelian, Kepercayaan Konsumen


Full Text:

PDF

References


Amilia, S. dan Nst, M. O. A. 2017. Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen dan Keuangan, 6(1), 660-669.

Angeline., Belina, A., Tango, J., Veronica, M., dan Septriana. 2021. Proposal Mengenai Kebijakan PT. Unilever Indonesia Tbk. Dalam Meningkatkan Produktivitas, Efisiensi dan Pendapatannya. Jurnal Penelitian dan Pengabdian Masyarakat, 1(1), 42-46.

Anjani, K. P. D. dan Wimba, I. G. A. 2021. Pengaruh Kepercayaan Konsumen dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian pada PT. Warisan Eurindo di Dalung, Kerobokan, Kedongan. Jurnal Manajemen, Kewirausahaan dan Pariwisata, 1(1) 115-125.

Baron, R. M., and Kenny, D.A. 1986. The moderator–mediator variable distinction in social psychological research: Conceptual, strategic, and statistical considerations. Journal of Personality and Social Psychology. 51(6), 1173-1182.

Buchari, Alma. 2018. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa Edisi Revisi. Bandung: Alfabeta

Fatmawati, D., Triastity, R., dan Sunarso. 2017. Pengaruh Kualitas Produk dan Citra Merek terhadap Keputusan Pembelian dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Survei pada Konsumen Lumbung Batik Surakarta). Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 12(2). 317-329.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 25. Edisi 9. Semarang: Universitas Diponegoro

Hapsoro, B. B. dan Hafidh, W. A. 2018. The Influence of Product Quality, Brand Image on Purchasing Decisions through Brand Trust as Mediating Variable. Management Analysis Journal, 7(4), 528-539.

Ilham, A. I., Hartono, S., dan Handiman, U. T. 2020. The Influence of Product Quality, Price and Brand Image On Customer Satisfaction Through Purchasing Decisions (Case: Hansaplast Koyo in Tangerang). International Journal of Business Marketing and Management (IJBMM). 5(2) 23-32.

Indah, D. R., Afalia, I., dan Maulida, Z. 2020. Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Harga terhadap Keputusan Pembelian Produk Hand and Body Lotion Vaseline (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Samudra). Jurnal Samudra Ekonomi dan Bisnis, 11(1), 83-94.

Keller, Kevin L. (2013). Strategic Brand Management: Building, Measuring and Managing Brand Equity. Pearson Education Limited.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2008. Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi 13 Jilid 1. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. 2009. Manajemen Pemasaran Edisi 12 Jilid 1. Jakarta: Indeks.

Lau, G. T. and Lee, S. H. (1999). Consumers’ Trust in a Brand and the Link to Brand Loyalty. Journal of Market Focused Management, 4. 341-370.

Majid, C. N. F., Sudarmiatin., dan Hermawan, A. 2022. The Influence of Viral Marketing and Brand Image on Purcahse Decisions through E-Trust (Study on avoskin Skincare Customers). International Journal of Economics, Management, Business and Social Science (IJEMBIS), 2(2) 315-321.

Morgan, R. M. dan Hunt, S. D. 1994. The Commitment-Trust Theory of Relationship Marketing. Journal of Marketing, 58. 20-38.

Mowen, John C. dan Minor, Michael. 2012. Perilaku Konsumen dialih bahasakan oleh Dwi Sartika Yahya. Jakarta: Erlangga.

Nugroho, Novianto Eko. 2021. Pengaruh Citra Merek, Persepsi Kualitas, Fitur Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Kepercayaan Konsumen Pada Smartphone Samsung Galaxy A10S. Jurnal Ekbis: Analisis, Prediksi, dan Informasi, 22(2), 223-249.

Rosanti, A. D., Arief, M. Y., dan Pramesthi, R. A. 2022. Pengaruh Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian melalui Kepercayaan Konsumen Sebagai Variabel Intervening pada Toko Nina Cemilan Bondowoso. Jurnal Mahasiswa Entrepreneur (JME), 1(6) 1150-1160.

Sangadji, Etta M. dan Sopiah. 2021. Perilaku Konsumen Pendekatan Praktis disertai Himpunan Jurnal Penelitian.

Saputra, M. H., Ardyan, Eliya., Tanesia, C. Y., dan Ariningsih, E. 2021. Building Brand Resonance: Optimizing Symbolic Brand Reputation and Customers’ Emotional Value. ASEAN Marketing Journal, 13(2) 170-191.

Simamora, Bilson. 2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Simarmata, M. Y., Taufik, E. R., dan Damarwulan, L. M. 2021. Mediasi Kepercayaan Konsumen pada Hubungan Kualitas Produk dan Persepsi Risiko terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace (Survey pada Mahasiswa Universitas Sultan Agung Tirtayasa). Jurnal Riset Bisnis dan Manajemen Tirtayasa (JRBMT). 5(1) 33-47.

Simbolon, F. P., Handayani, E. R., dan Nugraedy. M. 2020. The Influence of Product Quality, Price Fairness, Brand Image, and Customer Value on Purchase Decision of Toyota Agya Consumers: A Study of Low Cost Green Car. Binus Business Review. 11(3) 187-196.

Sobandi, A. dan Somantri, B. 2020. Pengaruh Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian Secara Online. Winter Journal, 1(1), 41-52.

Solihin, Dede. 2020. Pengaruh Kepercayaan Pelanggan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen pada Online Shop Mikaylaku dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, dan Teknologi. 4(1) 38-51.

Sugiyono. 2019. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Warasto, H. N. 2018. Analisa Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian (Studi Kasus pada Pasta Gigi Pepsodent di Wilayah Jakarta Timur). Jurnal Semarak, 1(1), 1-12.

Wydyanto W. and Ilhamalimy, R. R. 2021. Determination of Trust and Purchase Decisions: Analysis of Brand Image and Price (Marketing Management Literature Review). DIJMS: Dinasti International Journal of Management Science. 2(3). 506-516.

https://antaranews.com (Diakes pada 2 Agustus 2022)

https://www.jurnalasia.com (Diakses pada 10 April 2022)




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v4i1.14033

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: