Dampak Social Media Marketing dan Online Customer Review dalam Meningkatkan Purchase Intention melalui Customer’s Trust pada Pengguna Produk Ms Glow

Annisa Oktaviana, Murry Harmawan Saputra, Fitri Rahmawati

Abstract


Pertumbuhan ekonomi yang seiring dengan perkembangan teknologi menjadikan internet sebagai salah satu media yang digemari masyarakat. Internet memudahkan proses komunikasi dan periklanan yang bertujuan untuk mengajak orang atau konsumen agar tertarik untuk membeli produk yang ditawarkan melalui jejaring media sosial. Salah satu strategi untuk meningkatkan minat beli adalah dengan social media marketing dan online customer review sehingga terciptanya customer’s trust dan akan berdampak pada purchase intention. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguji pengaruh social media marketing dan online customer review terhadap purchase intention melalui customer’s trust. Sampel pada penelitian ini adalah 125 konsumen MS Glow di Purworejo. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan analisis menggunakan hierarchical regression analysis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa social media marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, social media marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap trust. Kemudian customer’s trust berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention. Selain itu, social media marketing dan online customer review berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention yang dimediasi oleh customer’s trust, dalam hal ini berupa mediasi sebagian (partial mediation).

Keywords


Social Media Marketing, Online Customer Review, Purchase Intention, Consumer Trust

Full Text:

PDF


DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v4i1.14036

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: