PENGARUH STORE ATMOSPHERE TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN (Studi Kasusu di Kedai Giyong Kekalik Mataram)

Sopian Rejeki, Sulhan Hadi

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui signifikansi pengaruh Store Atmosphere yang terdiri dari Instore dan Outstore baik secara parsial maupun simultan terhadap minat beli konsumen Kedai Giyong Kekalik Mataram. Untuk mengetahui variabel yang lebih dominan yang berpengaruh terhadap minat beli konsumen pada Kedai Giyong Kekalik Mataram. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survei. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode sampel. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh orang yang pernah berbelanja pada Kedai Giyong Kekalik Mataram, yang berjumlah 138 orang. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif. Skala pengukuran menggunakan skala pengukuran skala likert. Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda yang dianalisis dengan menggunakan SPSS 20 For Windows.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan secara parsial dari variableinstoredan tidak berpengaruh secara signifikan dari variableoutstoreterhadap minat beli konsumen. Terdapat pengaruh yang signifikan secara simultan dari variable instore dan outstorepada Kedai Giyong Kekalik mataram. Variabel yang mempunyai pengaruh dominan adalah variable instore terhadap minat beli konsumen.

Keywords


Instore; Outstore; Minat beli konsumen.

Full Text:

PDF

References


Aji prasetyo restu. 2015 . ‘’Pengaruh store atmosphere, Keragaman produk, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian konsumen Mirota Batik

Yogyakarta’’, Yogyakarta

Agus Sujanto. 2001 . Psikologi kepribadian. Bumi Aksara: Jakarta

Astuti. 2010 . Bahan Dasar Untuk pelayanan Konseling Pada Satuan Pendidikan Menengah. Jilid I. Jakarta: Pt Grasindo. Carpenito.

Arikunto, S. 2002 . Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Asdi. Mahasatya.

Azwar. 2007 . Teknik uji validitas.

Berman dan Evan. 2007 . ‘’Retail Management’’. Alfabeta.

Ghozali. 2007 . ‘’Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS’’. Badan penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, Imam. 2011 . ‘’Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS’’. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Husain dan Ali. 2015 . Effect of Store Atmosphere On Consumer Purchase Intention. International Journal of Marketing Studies, Vol. 7, No.2.

Hartono. 2004 . Teknik pengambilan Sampel.

Kotler dan Keller. 2009 . Manajemen Pemasaran. Ilid I. Edisi ke 13 jakarta: Erlangg. Alma, Buchar.

Maholtra. 2004 . Teknik pengambilan Sampel.

Meldarianda dan Lisan. 2010 . Pengaruh Store Atmosphere terhadap Niat beli Pada Resort Cace Atmosphere Bandung. Jurnal Bisnis dan

Ekonomi (JBE), Vol.17, No.2.

Meliyani rizka. 2017 . ‘’Pengaruh Dimensi Suasana Toko (Store Atmosphere) Terhadap Minat Beli Ulang Konsumen Pada Kfc Coffee Kedaton Bandar Lampung’’.

Prof. Dr. Sugiyono.2013 . Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D; Alfabeta. Bandung.

Sugiyono. 2017 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2014 . Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sugiyono. 2015 . Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Sugiyono. 2013 . Metode Peneltian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Sutisna dan Pawitra. 2001 . Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran, Bandung: Penerbit PT. Remaja Rosdakarya.

Sutisna. 2001 . Perilaku konsumen dan komunikasi pemasaran: Bandung.

Syafik. 2011 .’’Pengaruh Store Atmosphere Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen di Eva Bakery Gresik’’. Manajemen. Fakultas Ekonomi.

Utami. 2006 . ‘’Manajemen Ritel’’ Penerbit Andi. Bandung.

https://Kuliner-modern.Kampung-media.com/

https://m.kontan.Co.id/2019//menteri-perindustrian/

www.mataramkota.go.id




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v1i1.2278

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: