FAKTOR-FAKTOR HARGA, LOKASI DAN KUALITAS BANGUNAN YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN KONSUMEN DALAM MEMBELI RUMAH PADA PT. ANUGRAH ALAM PROPERTI (Studi Kasus Perumahan Muhajirin Asri)

Haerulina Haerulina, Baiq Reinelda Triyunarni

Abstract


Dalam penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan adalah masyarakat yang membeli rumah di Perumahan Muhajirin Asri sebanyak 128 orang sedanglan sampel sebanyak 57 orang dengan metode sampel random sampling. Pengumpulan data yang digunakan dengan kuisioner disebarkan langsung ke konsumen Perumahan Muhajirin Asri sebanyak 57 orang, dilakukan dengan wawancara
dengan pihak perusahaan dan observasi secara langsung ke objek peneitian. metode statistik menggunkan analisis regresi linear berganda dengan program spss veri  20, dengan pengujian hipotesis uji F DAN Uji T.  
Berdasarkan analisis yang telah digunakan, dapat ditarik beberapa kesimpulan pada saat dilakukan pengolahan regresi linear berganda. Penelitian ini memenuhi syarat validitas, reliabilitas, serta bebas dari heteroskedastisitas, multikolinearitas dan telah lolos uji normalitas. Pengujian hipotesis dengan menggunakan uji F menunjukkan signifikan < 0,05. Hal ini berarti variable harga, lokasi dan kualitas bangunan secara bersama-sama berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian sedangkan ujiT menunjukkan bahwa variabel harga, lokasi, dan kualitas
bangunan yang diteliti secara signifikan mempengaruhi keputusan pembelian. Sedangkan koefisien determinasi diperoleh dari nilai Adjusted R2 33,9%. Artinya, variabel keputusan pembelian dapat dijelaskan
oleh adanya variabel harga, lokasi dan kualitas bangunan.

Keywords


Harga; Lokasi; Kualitas Bangunan; Keputusan Pembelian

Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsimi. 2006. Metode Penelitian Managemen dan Bisnis. Penerbit Ghalia Indonesia.

Amirin, T. 2011. Populasi Dan Sampel Penelitian 4: Ukuran Sampel Rumus Slovin. Jakarta: Erlangga

Augusty Ferdinand. 2006. Metode Penelitian Manajemen: Pedoman Penelitian untuk Penilisan Skripsi, Tesis, dan Desertasi Ilmu Manajemen. Edisi kedua. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Efendi. 1996. Analisa Lima Faktor Terhadap Pembelian Rumah Sederhana dan Sangat Sederhana. Benefit Volume 8 No.2 Hal. 151159.

Swasta, Basu DH dan Irawan. 2005. Manajemen Pemasaran Moderen. Edisi Kedua. Cetakan kesebelas, Yokyakarta: Liberty.

Cahyo, Prabowo. 2009. Pengertian Prilaku Konsumen Pemasaran Dasar. Jurnal Administrasi Bisnis Edisi 16. Volume 48. No.1 Juli 2017

Echdar, Saban. 2017. Penelitian Manajemen dan Bisnis. Penerbit Ghalia Indonesia.

Ghozali, Imam. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. EdisiKetujuh, Semarang: Universitas Diponegoro

Josep, P. Cannon. 2008. Pengertian Pemasaran dan Konsep Pemasaran. Diunduh melalui https://www.google.com/jurnal/Managemen. (09/02/2018 )

Kamus Besar Bahasa Indonesia . 2011. Edisi Kedua Belas. Balai Pustaka. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional

Keputusan Menteri Permukiman dan Prasarana Wilayah RepubliK Indonesia Nomor 403/KPTS/M/2002 Tentang Pedoman Teknis

Pembangunan Rumah Sehat.

Ketentuan Umum Undang-Undang RI Nomor 4 Tahun 1982 tentang Ketentuan-ketentuan Pokok Pengelolaan Lingkungan Hidup.

Kotler, Philip dan Gary Amstrong. 2012. PrinsipPrinsip Pemasaran. Jilid 1, Edisi Ketiga Belas. Jakarta : Erlangga.

Kotler, Philip. 2003. Pengertian Keputusan Pembelian. Diunduh melalui https//blogspot.co.id/Skripsi/Manajemen. Html ( 09/03/2018 ).

Soeharto, Iman. 1996. Manajemen Proyek. Jakarta: Erlangga

Machfoedz. 2005. Pengertian Harga dan Tujuan. Diunduh melalui https://www.informasi pendidikan.com html. (01/12/2015).

Margono, 2004. Metode Penelitian Manajemen dan Bisnis. Penerbit Ghalia Indonesia.

Sugiyono, 2007. Metode Penelitian Bisnis. Cetakan kesembilan, Bandung: CV Alpha Betha.

Schiffman dan Kanuk. 2004. Pengertian Keputusan Pembelian. Diunduh melalui https://blogspot.co.id/skripsi/manajemen/2 01212.html.

Simamora, Bilson. 2011. Pengertian Penetapan Harga Kebijakan. Diunduh melalaui https://www.landasan teori.com.html

(09/02/2018 ).

Tunu TW, 2017, Pengertian Penetapan Harga Tujuan dan Metode Penetapannya. Jurnal Ekonomi Bisnis: hal 31-38.

Dick Arya Tresnanda, dkk, 2014. yang melakukan kegiatan penelitan“ Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian

Rumah ( Survei Pada Konsumen Perumahan Blukid Residence Sidoarjo )”. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB) Volume 8 No.1

Feb 2014 (Administrasi bisnis.Student journal.Ub.Ac.Id) diakses pada 24 Juli 2019.

Heni Wijayanti, Cristina Menuk Sri Handayani. 2015. Pengaruh Lokasi, Harga, Kualitas Produk dan Promosi Terhadap Keputusan

Pembelian Rumah Surodinawan Grandsite Pada PT. Dwi Mulya Jaya Mojokerto. Majalah Ekonomi, Volume XX, No.1. Juli 2015 No ISSN 1411-9501.

Primananda, Agustinus. 2010. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Konsumen Dalam Membeli Rumah (Studi Kasus Di Perumahan Bukit Semarang Baru,Semarang). Skripsi.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v1i1.2279

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: