PENGARUH REGULASI PERHOTELAN TERHADAP PELAKU BISNIS LOKAL DALAM PENGEMBANGAN INDUSTRI PARIWISATA YOGYAKARTA STUDI KASUS: GRUP ASTON INTERNASIONAL

Alfian Eikman, Muhammad Muharam Lubis, Baiq Reinelda Tri Yunarni

Abstract


Penelitian ini berusaha untuk menjelaskan pengaruh kebijakan yang dilakukan secara selektif yang diterapkan oleh pemerintah daerah untuk melindung pelaku bisnis lokal dari persaingan atau kompetisi global dalam bisnis industri perhotelan dan pariwisata, dengan secara bersamaan berusaha mendapatkan manfaat dari Penanaman Modal Asing (PMA) dalam rantai industri perhotelan untuk meningkatkan kapabilitas komunitas bisnis lokal. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kualitatif yang berusaha menggambarkan bagaimana regulasi pemerintah pusat Indonesia dan pemerintah daerah setempat mempengaruhi rantai hotel Aston Internasional yang beroperasi di Yogyakarta. Data penelitian ini dikumpulkan melalui proses interview dan studi pustaka yang menemukan bahwa regulasi selektif berhasil menyediakan proteksi kepada pelaku bisnis lokal dan secara bersamaan menarik minat investasi atau PMA yang dapat membawa efek domino yang positif terhadap industri perhotelan dan pariwisata lokal. Namun, peneliti juga menemukan beberapa kontradiksi kebijakan antara pemerintah pusat dengan daerah yang disebabkan oleh kurangnya koordinasi di dalam birokrasi. Pemerintah harus memandang serius permasalahan ini, mengingat industri perhotelan dan pariwisata di Indonesia khususnya Yogyakarta merupakan faktor yang sangat penting atau potensial dalam meningkatkan keberhasilan pembangunan ekonomi lokal.

Keywords


regulasi, pelaku usaha/bisnis, rantai industri hotel, industri pariwisata.

Full Text:

PDF

References


Anonim. Hotel Aston, From Hawaii to Manado. Juli 23, 2008. http://www.hariankomentar.com/arsip/arsip_2008/jul_23/hl005.html (diakses 12 Desember, 2012).

Fadmawati, Kadek Dewi. Reformulasi Strategi Pemasaran Untuk Meningkatkan Occupancy Room Rate di Hotel Four Seasons Resort Jimbaran Bali. Denpasar: Tesis, Universitas Udayana, 2011.

Julian, I Nengah. Telaah Kontrak Manajemen Hotel Jaringan Internasional Antara Pihak Pemilik dan Pihak Pengelola Hotel Menurut Peraturan Kepariwisataan di Bali. Yogyakarta: Tesis Universitas Gadjah Mada, 2003.

Ksp, Robert Adhi. Charles Brookfield: Aston Bangun Hotel di Setiap Kota. November 29, 2010. http://properti.kompas.com/read/2010/11/29/09265483/Charles.Brookfield.Aston.Bangun.Hotel.di.Setiap.Kota (diakses 20 Oktober, 2012).

Nursyifani, Bunga Citra Arum. Jaringan Aston: Indonesia Bakal Punya 20 Hotel Neo. Oktober 5, 2012. http://www.bisnis.com/articles/jaringan-aston-indonesia-bakal-punya-20-hotel-neo (diakses 20 Oktober, 2012).

Marchetti, Juan, and Petros Mavroidis. "The Genesis of the GATS." European Journal of International Law, June 2011: 689-721.

Putri, Prisca Prajatan. Strategi Promosi Divisi Public Relations Dalam Meningkatkan Ketertarikan Konsumen Atas Pelayanan Aston Rasuna Jakarta. Jakarta: Universitas Bina Nusantara, 2011.

Suyoto, Rahmat Slamet. Perkembangan Usaha Perhotelan Dalam Industri Pariwisata di Daerah Istimewa Yogyakarta. Yogyakarta: Tesis, Universitas Gadjah Mada, 2003.

Satoto, Agus. Pola Hubungan Penanaman Modal oleh Orang Asing Dalam Pembangunan Hotel di Bali. Yogyakarta: Tesis, Universitas Gadjah Mada, 2003.




DOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5539

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



This publication is indexed by: