URGENSI SERTIFIKASI HALAL BAGI BISNIS UMKM
Abstract
UMKM merupakan lembaga bisnis yang terbukti mampu menjadi motor penggerak perekonomian dan mampu bertahan menghadapi berbagai krisis, baik nasional maupun global. Sejak disahkannya UU JPH, UMKM menghadapi tantangan baru yaitu keharusan memiliki sertifikasi halal untuk setiap produk yang dipasarkan. Walau demikian, sertifikasi halal sejatinya merupakan kebutuhan bagi UMKM dalam upaya mengembangkan dan memajukan usahanya. Dikarenakan sertifikasi halal yang dimiliki UMKM mampu meningkatkan minat beli, keputusan pembelian dan penjualan. Namun tetap saja kesadaran untuk mengurus sertifikasi halal pada UMKM masih rendah. Penelitian ini dilakukan untuk memperoleh justifikasi dan meningkatkan keyakinan bahwa sertifikasi halal merupakan sesuatu yang sangat penting, tidak hanya bagi konsumen, tetapi bagi UMKM selaku pelaku usaha. Dengan menggunakan metode Systematic Literature Review, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sertifikasi halal pada produk UMKM terbukti mampu meningkatkan minat beli dan keputusan pembelian konsumen, serta mampu meningkatkan omset penjualan UMKM setelah memiliki sertifikasi halal.
Kata Kunci: Sertifikasi Halal; Keputusan Pembelian; Tingkat Penjualan; UMKM.
Keywords
Full Text:
PDFDOI: https://doi.org/10.31764/jabb.v2i2.5644
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This publication is indexed by: